zzsukasukazzAvatar border
TS
zzsukasukazz
Jeruk Bali, Jeruk Besar yang Tak Berasal dari Bali
elamat datang di Thread gue,selamat membacaemoticon-Ultah


Jeruk Bali sedang musim. Tersedia mulai dari pedagang pinggir jalan sampai supermarket. Dulu, kulitnya yang tebal bisa dirakit menjadi mobil-mobilan. Ternyata jeruk Bali juga bisa diolah menjadi berbagai hidangan unik.

Buah jeruk Bali (Citrus maxima atau Citrus grandis) adalah buah citrus terbesar dengan diameter 15-25 cm dan berat 1-2 kg. Kulit luarnya berwarna hijau kekuningan, sementara kulit dalamnya tebal dan berwarna putih.

Daging buahnya dilapisi kulit ari yang cukup tebal. Di dalamnya terdapat bulir-bulir berwarna putih kemerahan atau merah-oranye. Jeruk Bali yang berdaging putih cenderung terasa manis-pahit, sementara varietas berdaging merah terasa asam-manis.

Penamaan jeruk Bali (Citrus maxima atau Citrus grandis) sebenarnya kurang tepat karena jeruk besar ini tak berasal dari Bali. Oleh karena itu, Departemen Pertanian menyarankan sebutan 'pomelo' seperti panggilan internasionalnya.

Jeruk Bali adalah buah asli Asia Selatan dan Tenggara. Di Indonesia, buah ini banyak dihasilkan di daerah Pati dan Kudus, Jawa Tengah, serta Magetan dan Madiun, Jawa Timur.

Namun, seorang pedagang di daerah Kopo, Bandung, Jawa Barat, mengaku jeruk yang ia jual didatangkan dari Bengkulu. Ia menjual per buahnya dengan harga Rp 15.000. Jeruk Bali juga ada yang berasal dari Nusa Tenggara Barat.

Bingung bagaimana cara mengupasnya? Dengan pisau, potong ujung jeruk Bali yang agak menonjol. Kemudian, buat beberapa irisan membujur di seluruh sisi kulitnya yang tebal. Kulitnyapun jadi lebih mudah dibuka merekah dengan tangan. Kupas kulit arinya, lalu nikmati bulir-bulir di dalamnya.

Semoga bermanfaatemoticon-Traveller
0
11.7K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan