Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mr.kyu_kyuAvatar border
TS
mr.kyu_kyu
"[Share]Hal penting yang kedua orang tua lakukan ketika punya anak (muslim)"
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selamat pagi,siang dan malam-malam agan dan kaskuser semuanya. Kali ini saya akan share pengalaman ane dalam mencari ilmu syariah islam soal persiapan-persiapan dan kegiatan yang harus saya lakukan dalam menyambut kehadiran buah hati saya gan.

Alhamdulillah saya menikah bulan januari 2014 lalu gan..dan bulan tgl 14 Desember ini insyallah saya akan dianugerahkan seorang anak pereumpuan. Saya sebagai orang tua yang baik ingin melakukan yang terbaik dan benar sesuai syariah islam untuk anak. Oleh karena itu selama hamper selama tahun 2014 ini saya mencari atu hal-hal sesuai syariah islam yang harus dilakukan ketika kita sudah mempunyai anak. Pencarian ilmu syariah ini saya lakukan melalui berbagai macam cara diantaranya :
1.Mengikui pengajian-dan kajian muslim yang syar’i
2.Membaca Tafsir al quran dan hadist
3.Mencari Lewat situs-situs internet yang syar’i

Dari kesemua pencarian saya tersebut saya sudah mempunyai sebuah rangkuman yang siap saya bagikan kepada para orang tua muslim. Jika masih banyak kesalahan saya mohon masukannya bisa dikirim melalui private message saya..kritik dan saran terbaik ane kasih cendol gan hehehehe (Serius)

Berikut ini Rangkuman hal-hal yang dilakukan sesuai syariah untuk orang tua muslim setelah dianugerahkan seorang anak

1. Kita sangat dianjurkan untuk memberitahukan kabar gembira kepada orang-orang yang kita kenal bahwa kita telah dianugerahkan seorang anak. Sesuai dengan dalil alquran berikut ini
-“Kemudian Malaikat memanggil Zakariya, ketika dia berdiri melaksanakan sholat di mihrab (katanya), Sesungguhnya Allah menyampaikan kabar gembira kepadamu dengan (kelahiran) Yahya, yang membenarkan kalimat dari Allah menjadi panutan, menahan diri (dari hawa nafsu), dan seorang nabi di antara orang-orang saleh ( Q.S Ali Imran :39).
-“Maka berilah kabar gembira kepadanya dengan kelahiran seorang anak yang penyabar (Q.S Ash-Shaffat : 101)
-“Mereka para malaikat berkata : Janganlah kamu merasa takut, sesungguhnya kami member kabar gembira kepadamu dengan (kelahiran seorang) anak laki-laki (yang akan menjadi) orang yang alim” (Q.S Al Hijr : 53)
2.Mentahnik
Mentahnik ialah Mengunyah buah kurma lalu mengolesinya ke langit-langit mulut bayi. Dianjurkan orang yang melakukan tahnik adalah orang-orang yang memiliki keutamaan, dikenal sebagai orang baik dan berilmu, dan hendaklah ia mendoakan keberkahan untuk bayi tersebut. Dalil mentahnik sebagai berikut :
“Dari Abu Musa al-Aysya’ri Radhiyallahu ‘ anhu : “Lahir seorang anakku maka aku membawanya kehadapan nabi Shallallahu ‘alaihi wa salam maka beliau memberi namanya Ibrahim. Beliau mentahniknya dengan kurma dan mendoakan barakah untuknya. Kemudian beliau menyerahkan bayi itu kepadaku.

3.Kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada hari ke-7 (kelahiran dihitung sebagai hari pertama) ada beberapa diantaranya
3.1 Mencukur habis rambutnya baik untuk anak laki-laki ataupun pereumpuan, kemudian sedekah perak seberat timbangan rambut yang dicukur tersebut. Hal ini sesuai dengan dalil berikut : “Wahai Fatimah, Cukurlah rambutnya dan bersedekahlah sesuai berat rambutnya dengan perak (H.R Ahmad, Malik, Tirmidzi dan Baihaqi). Dalam proses mencukur ini anak ini kita dilarang untuk memotong dengan model gaza (mencukur sebagian rambut dengan menyisakan sebagian lagi) yang dimaksud cukuran model gaza adalah sebagai berikut ini :
-Mencukur secara acak dan tidak terstruktur
-Mencukur pinggir-pinggir kepala dan menyisakan bagian tengah kepala
-Mencukur bagian tengah kepala dan menyisakan bagian pinggir-pinggir kepala
-Mencukur bagian depan kepala dan menyisakan bagian belakang kepala
-mencukur bagian belakang kepala dan menyisakan bagian depan kepala

3.2 Memberi nama anak
a. Menamai anak dengan nama Abdullah atau Abdurrahman. Ini adalah nama yang paling dicintai Allah Ta’ala. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Inna ahabba asmaa’ikum ilallah Abdullah wa Abdurrahman,” (artinya: Sesungguhnya namamu yang paling dicintai Allah adalah ‘Abdullah dan Abdurrahman). (HR. Muslim).
b. Nama “abdu..(penghambaan)” yang disambungkan dengan Asma’ul Husna selain yang tersebut di atas. Seperti Abdul ‘Aziz, Abdul Malik, dsb.
c. Menamai anak dengan nama-nama nabi dan rasul. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menamai sebagian sahabat dengan nama nabi dan rasul.
d. Menamai anak dengan nama orang-orang salih, seperti dengan nama sahabat, tabi’in dan imam kaum muslimin.
e. Segala nama yang mencerminkan kejujuran dan kebaikan manusia.
=>Nama-nama yang dilarang
a. Menamai anak dengan nama yang menunjukkan penghambaan kepada selain Allah, seperti Abdul Ka’bah, Abdusy Syams, Abdul Husain dsb.
b. Memberi nama dengan nama-nama yang khusus bagi Allah, seperti Ar Rahman, Al Khaaliq, Ar Rabb dsb.
c. Menamai anak dengan nama-nama patung atau berhala yang disembah selain Allah, seperti Latta, Uzza, Hubal, Brahma, Wisnu, Syiwa, Dewa dan Dewi.
d. Nama yang mengandung klaim dusta, mengandung unsur kebohongan yang berlebihan, atau nama yang isinya mentazkiyah (menganggap suci) dirinya. Termasuk ke dalamnya nama “Malikul Amlaak” (rajanya para raja), “Syaahan Syaah” (penguasa para penguasa), “Sulthaanus salaathin” (sultannya para sultan), “Abul Hakam” (bapak penyelesai masalah), Qaadhil qudhaat (hakimnya para hakim) dsb.
e. Nama-nama setan, seperti Iblis, Ifrit, Khinzib, dsb.
f. Nama-nama asing yang berasal dari orang-orang kafir yang merupakan ciri khas mereka, misalnya Petrus, George, Suzan, Diana, Robert dsb
=> Nama-nama yang makruh
a. Nama yang membuat hati menjauh, seperti Harb (perang), Murrah (pahit), Khanjar (pisau). Demikian juga nama-nama penyakit, seperti Suham (penyakit unta), suda’ (pusing), Dumal (bisul) dsb.
b. Menamai anak dengan nama yasaar, rabaah (untung), Najih (sukses), barakah (berkah) dan aflah (beruntung). Karena ada larangan dari Rasulullah shallallahu‘alaihi wa sallam. Sebabnya jika ada orang yang menanyakan, “Adakah si barakah?” jika dijawab: “Tidak ada”, maka terkesan tidak ada keberkahan.
c. Nama-nama yang mungundang syahwat, terutama bagi para wanita. Seperti fatin atau fitnah (penggoda), Syadiyah (penyanyi merdu).
d. Nama yang menunjukkan makna maksiat, seperti zalim, sariq (pencuri), fasik, bakhil dsb.
e. Nama orang-orang fasik, artis atau bintang film dan penyanyi.
f. Nama-nama binatang, seperti khimar (keledai), kalb (anjing), Hansy (lalat), Qunfudz (landak) dsb.
g. Nama-nama dobel, seperti Ahmad Muhammad, Sa’id Ahmad dsb. seharusnya jika hendak menyebutkan bapaknya, ia tambahkan “bin/ibnu” (putra).
h. Sebagian ulama juga membenci pemberian nama dengan nama-nama malaikat, seperti Jibril, Mikail dsb. Mereka juga memakruhkan memberi nama dengan namasuratdalam Al Qur’an, seperti Thaha, Haamiiim, Yasin.
Catatan: Jika seseorang sudah terlanjur memiliki nama yang buruk tidak ada salahnya segera mengganti sebagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallammengganti nama sebagian sahabatnya dengan nama yang baik.


3.3.Khitan
Khitan adalah memotong atau tempat memotong kulit yang menutupi kepala dzakar laki-laki dan memotong atau tenpat memotong kulit yang menyerupai jengger ayam yang berada di atas farji perempuan (kelentit).
“Fitrah itu ada lima atau lima bagian fitrah, yaitu, “Berkhitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kuku, mencabut bulu ketiak, dan mencukur kumis.” (Muttafaq ‘alaih)
Khitan hukumnya wajib bagi laki-laki, karena ia merupakan sunnah Nabi Ibrahim ‘alaihis salam dan kita diperintahkan mengikutinya, di samping itu khitan termasuk syi’ar yang membedakan kita dengan non muslim. Khitan bagi wanita merupakan keutamaan bagi mereka, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda kepada sebagian wanita tukang khitan di Madinah:
“Rendahkanlah dan jangan berlebihan, karena yang demikian dapat mengindahkan muka dan menyenangkan suami.” (shahih, HR. Abu Dawud, al-Bazzar, Thabrani dll, lih. Silsilah ash-Shahiihah 2:353-358)
“Hilangkanlah rambut kekufuran dan berkhitanlah.” (HR. Abu Dawud dan isnadnya hasan)

3.4 Aqiqah
Definisi Aqiqah
Aqiqah dalam bahasa arab berarti memutus dan melubangi. Aqiqah dalam pengertian agama islam sendiri adalah proses penyembelihan untuk anak yang baru lahir yang dilakukan oleh seorang ayah dengan niat dan ketentuan-ketentuan yang telah ditentukan.
Hukum Melaksanakan Aqiqah
Hukum melaksanakan aqiqah adalah sunnah muakkad sebagaimana Rasululloh S.A.W memberikan contoh langsung sesuai hadist berikut ini : “Barangsiapa ada diantara kalian yang ingin menyembelihkan bagi anaknya maka silahkan lakukan.”(HR Ahmad, Abu dawud dan An-nasai)
Waktu Pelaksanaan Aqiqah
“Anak-anak itu tergadai(tertahan) dengan aqiqahnya disembelihkan hewan untuknya pada hari ke-7, dicukur rambutnya dan diberi nama (HR Ahmad)”.Pelaksanaan aqiqah sesuai hadist diatas sebaiknya dilakukan pada hari ke-7 sekaligus dicukur rambutnya dan diberi nama yang baik. Aqiqah juga bisa dilaksanakan pada hari ke-7, ke-14 dan ke-21 sesuai dengan dalid dari “Abu buraidah : “bahwa aqiqah itu disembelih pada hari ke-7, ke-14 atau ke-21” (HR Baihaqi dan Thabrani). Ketika pelaksanaaan aqiqah tidak bisa terlaksana setelah hari ke-21 maka pelaksanaan aqiqah bisa dilakukan kapan saja,sebelum hari ke-7 atau bisa dilakukan sendiri ketika telah dewasa. sesuai dengan firman Allah SWT “Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran bagimu(Q.S Al-Baqarah : 185)
Jumlah dan Jenis Hewan Aqiqah
Diriwayatkan dari Ummu karaz Al ka’biyah bahwa ia bertanya kepada Rasululloh tentang aqiqah dan Rasululloh SAW Bersabda : “Bagi anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing dan bagi anak pereumpuan disembelihkan satu ekor dan tidak membahayakan kamu sekalian apakah sembelihan itu jantan atau betina (HR Tirmidzi, Abu dawud, An-Nasai)
Penyajian dan penerima makanan aqiqah
Hidangan aqiqah disunnahkan untuk dibagikan dalam keadaan masak sebagaimana yang diriwayatkan oleh Aisyah r.a : Lalu dimakan oleh (keluarganya) dan disedekahkan pada hari ke-7(HR Al Baihaqi). Berdasarkan hadist diatas juga dijelaskan bahwa hidangan aqiqah bisa disedekahkan kepada orang lain.

Beberapa hal yang harus dilakukan orang tua setelah kelahiran anaknya
1.Melakukan tahniq, yaitu mengosok-gosokkan langit-langit (mulut bagian atas) dengan kurma yang sudah dilembutkan.Diriwayatkan dari abu burdah, dari abu musa r.a ia berkata : Aku telah dikaruniai seorang anak, kemudian aku membawanya kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam lalu beliau menamakannya Ibrahim, menggosok-gosok langit-langit mulutnya dengan sebuah kurma dan mendoakan dengan keberkahan.
2.Aqiqah,dicukur dan diberi nama pada hari ke-7. Sesuai dengan hadist berikut : “Anak-anak itu tergadai(tertahan) dengan aqiqahnya disembelihkan hewan untuknya pada hari ke-7, dicukur rambutnya dan diberi nama (HR Ahmad)”.
Pemberian nama setelah aqiqah
Dari Jabir r.a Rasululloh SAW bersabda : “Namailah dengan namaku dan janganlah engkau menggunakan kunyahku (HR Bukhari dan Muslim). Selain itu bisa memberikan nama dengan nama orang-orang yang shalih sesuai dengan hadist berikut ini : “Sesungguhnya mereka memberikan nama(pada anak-anak mereka) dengan nama para nabi dan orang-orang sholih (HR.Muslim).
Doa menyembelih hewan aqiqah
Bismillah, Allahumma taqobbal min muhammadin, wa aali muhammadin, wa min ummati muhammadin.
Doa Bayi setelah lahir
Innii u’iidzuka bikalimaatillaahit taammati min kulli syaythaanin wa haammatin wamin kulli ‘aynin lammatin.
Artinya : Aku berlindung untuk anak ini dengan kalimat Allah Yang Sempurna dari segala gangguan syaitan dan gangguan binatang serta gangguan sorotan mata yang dapat membawa akibat buruk bagi apa yang dilihatnya (HR Bukhari)

Nah soal aqiqah ini ane punya cerita menarik. Ane coba browsing-browing di internet mana usaha aqiqah yang paling sesuai dengan syariat islam, harganya murah dan direkomendasikan oleh temen-temen ane. Nah kira-kira kesana kemari ane brosing dan Tanya-tanya temen ternyata sama jawabannya ada satu jasa aqiqah yang selalu diulangi di google dan temen2 ane yg rata-rata udah make jasa aqiqahnya. Namanya Pelangi Aqiqah gan!!

Setelah itu ane ga langsung memutuskan untuk langsung order gan..ane browsing lagi soal pelangi aqiqah..alhamdulillah ternyata lengkap banget gan
1.ada websitenya : www.pelangiaqiqah.com
2.ada blognya : www.pelangiaqiqah.blogspot.com
3.ada twitternya : pelangi aqiqah
4.ada facebooknya : pelangi aqiqah
5.ada instagramnya : pelangi aqiqah
Nah setelah itu ane order ke adminnya enak banget komunikasinya karena kebetulan anak ane cewe jadi ane aqiqah 1 ekor kambing gan 

ini anak ane gan namanya Alea Shafina Azzahra plus ada ane juga emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)

Spoiler for anak ane gan:


Spoiler for anak ane + ane gan:



tolong jangan dibata ya gan karena ada foto anenya emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peace

nah kelebihan yang ga dimiliki pelangi aqiqqah ini adalah adanya sertifikat aqiqah dan laporan aqiqah gan..jadi sertifikat aqiqah bisa jadi bukti ke anak kita klo udah gede nanti bahwa kita udah diaqiqahkan

kalo laporan aqiqah bukti bahwa ada dokumentasi sertifikat hewan yang udah di aqiqahkan

nah ini gan penampakan sertifikat aqiqah dan laporan aqiqah anak ane..lucu bgt gan bentuknya emoticon-Ngakak (S)

Spoiler for sertifikat aqiqah:

Spoiler for laporan aqiqah:


nah kebetulan pas pengiriman paket aqiqah bersama dengan sertifikat dan laporan ini ane dikirimin juga brosur harganya gan
secara pas order ane ga liat brosur cuma liat website ama fbnya ajaemoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Ngakak (S)

Spoiler for pricelist paket aqiqah:


neh ane kasih kontaknya pelangi aqiqah gan
very recommended pokoknya mah kata orang rumah ane sate dan gulainya yahuuuddd abizzzzzzzzemoticon-Recommended Selleremoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller

pelangi aqiqah
no hp/whatsapp : 087770008780
pin BB :75866D2A

sekian share dari ane gan maaf klo belepotan emoticon-Blue Guy Peace

jangan emoticon-Bata (S) gan sakit

mending di kasih emoticon-Toast seger gan emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh mr.kyu_kyu 14-02-2015 14:03
0
8.8K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan