ninloroAvatar border
TS
ninloro
[mengezutkan] Ahok Wacanakan Beli Genset untuk Rumah Pompa
Ahok Wacanakan Beli Genset untuk Rumah Pompa
Mulya Nurbilkis - detikNews
Banjir di Kelapa Gading, Jakarta Utara (Hasan Al Habshy/detikFoto)

Jakarta Terendam Banjir
Jakarta - Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama ‎mengeluh banjir yang terjadi 2 hari ini karena PLN mematikan listrik di daerah Pluit yang berujung pompa di Waduk Pluit tak berfungsi maksimal. Ahok bertekad untuk menganggarkan pengadaan genset untuk setiap rumah pompa.

"Dan saya pun akan anggarkan genset kayak rumah sakit. Saya bilang bikin kayak ICU aja. Kamu tahu nggak rumah sakit? Kalau mati lampu tidak boleh lebih dari 3 detik. Genset harus nyala," kata Gubernur DKI Basuki T Purnama di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakpus, Selasa (10/2/2015).

Ahok menegaskan pentingnya peran rumah pompa kala musim hujan datang. Karena itu, aliran listrik tak boleh padam lebih dari 5 detik.

"Makanya saya bilang udah deh, kita nggak perlu sampai 5 detik deh. Beda 10 menit nyala juga udah bagus. Jadi semua pasangin genset aja udah," sambungnya.

Ia mengatakan genset yang dimiliki Pemprov DKI saat ini tidaklah cukup untuk diletakkan di seluruh rumah pompa di Jakarta. Hal ini karena ada beberapa rumah pompa yang letaknya tak jauh dari PLTU sehingga diyakinitak mungkin tenggelam atau dimatikan aliran listriknya.

Namun ternyata masalah yang dialaminya di musim penghujan justru datang dari listrik yang dipadamkan."Karena dulu kita berpikir deket PLTU untuk apa invest genset begitu besar? Kan deket PLTU, masa PLN juga tenggelam. Emang susah. Kita nggak ngerti pikiran PLN seperti apa," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa persoalan utama penanggulan banjir di Jakarta karena semua pengerjaan infrastruktur untuk mengurangi potensi banjir membutuhkan waktu yang tak sebentar. Normalisasi waduk, pembangunan tanggul, pembangunan rumah pompa baru, pembebasan lahan baru sebagian kecil dari cara penanggulangan banjir.

http://news.detik.com/read/2015/02/10/192445/2829288/10/ahok-wacanakan-beli-genset-untuk-rumah-pompa

0
2.7K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan