nevertalkAvatar border
TS
nevertalk
CEO Suzuki: Penjualan Motor Kami Rugi 1,1 Triliun

Tokyo - CEO Suzuki Motor Co Osamu Suzuki mengakui kalau perkembangan bisnis motor Suzuki tengah mengalami penurunan. Bahkan dia menyebut bisnis motor Suzuki tengah mengalami jalan buntu.

Hal itu disampaikan Osamu Suzuki di Jepang, saat membeberkan kondisi fiskal Suzuki. Selama 5 tahun berturut-turut bisnis motor Suzuki selalu mengalami defisit. Suzuki pun siap melakukan perubahan.

Di departemen yang menangani roda dua, Suzuki sudah melakukan perubahan personel dengan menyeluruh. Suzuki ingin mengurangi jarak birokrasi antara bagian perencanaan, penjualan dan pemasaran.

"Dengan reformasi sumber daya manusia, saya ingin melakukan sesuatu untuk mengangkat moral kami," ujar Osamu.

"Kami akan melakukan reformasi sumber daya manusia. Pada poin ini, kami benar-benar berada di jalan buntu. Meski begitu modal akan tetap diinvestasikan dan saya kira butuh 2 tahun agar kembali pulih," tambahnya.

Pada tahun fiskal 2012 yang berakhir 31 Maret 2013 silam Suzuki tercatat rugi hingga 11,9 miliar yen atau sekitar Rp 1,1 triliun.

Penjualan motor Suzuki pun menurun. Pada tahun fiskal 2012 lalu Suzuki hanya mampu melepas 2.312.000 motor, turun 10,7 persen dibanding tahun fiskal 2011 yang mencapai 2.589.000 motor.

"Setiap kali kami membeberkan laporan keuangan, masalahnya selalu di bisnis motor. Tetapi penjualan kami mulai meningkat di India, jadi kami akan menyuplai di beberapa area," ujarnya.

Seharusnya pimpinan Suzuki, bisa membaca taktik penjualan pesaingnya, Padahal masih ada potensi Suzuki Thunder dijadikan 150 CC dan dibaguskan modelnya kalo mau tau. Di Indonesia motor Suzuki sdh terlihat jadul , contohlah Kawasaki Indonesia yg Cerdik dg mengeluarkan model yg tdk head to head dg Honda serta Yamaha, contohnya Kawasaki Ninja, KLX bahkan Er 6 dan itu semua punya pasar sendiri shg image Kawasaki mulai bagus, sdg Suzuki berkutat pd pemikiran ingin bersaing lawan Honda dan Yamaha namun justru kedodoran.

Yah inilah hukum alam, bagi yg gak punya inovasi bakalan ditinggal jauh sama pesaing dan peminatnya
emoticon-Matabelo

[url]http://oto.detik..com/comment/2013/05/20/124715/2250584/1476/ceo-suzuki-motor-kami-dalam-jalan-buntu?o991101mainnews?comment-selengkapnya[/url]
0
23.9K
256
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan