Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

budireveAvatar border
TS
budireve
Pengalaman dan pengenalan awal ngembangin augmented reality
Salam Kenal semua!

emoticon-Shakehand2

Sebelum ane jelaskan apa yang dimaksud dari augmented reality, ane perkenalkan diri dulu, ane adalah pengajar di salah satu perguruan tinggi swasta di daerah kalibata tepatnya di universitas trilogi fakultas telematika (sedikit promosi hehehe)…

Tujuan ane buat thread disini adalah, pertama ane termasuk penghuni lama di sini tapi jarang buat thread.. kedua ane suka nyebarin ilmu, ketiga ane pengen kalo banyak yang tau AR n gimana cara gunainya..

Pengenalan Augmented Reality
Augmented Reality merupakan satu terobosan di bidang computer vision, sebenanya teknologi ini bukan merupakan hal yang baru , namun telah melalui tahapan proses pengembangan mulai dari konsep virtual reality di awal tahun 1980 hingga mencapai teknologi augmented reality yang diperkenalkan oleh Prof Ronald T Azuma dari Jepang. Teknologi ini menciptakan sebuah ilusi optik yang seakan objek multimedia nampak atau muncul di dunia nyata dengan media smartphone maupun tablet sebagai perantara.

Tentunya membangun sebuah augmented reality yang baik harus memerluka waktu dan usaha yang besar,khususnya untuk pengguna awal yang ingin belajar membuat augmented reality.

Awal ketertarikan pengembangan AR dimulai dari melihat aplikasi AR di majalah bobo , dimana majalah yang tadinya hanya berupa cover saja tiba tiba dengan menggunakan smartphone muncul objek animasi diatasnya. Waktu itu ane berpikir wah menarik sekali bidang ini dan akhirnya browsing browsing apa sih teknologi yang dipakai buat memunculkan objek tersebut.

Pengalaman mengembangkan
Awal pengembangan AR tidaklah tanpa usaha,butuh intensitas , pengorbanan dan komitmen yang kuat untuk tetap setia di bidang ini . Banyaknya tool di luar sana menambah kerumitan lagi dalam memilih tool mana yang akan kita pilih. Tahapan tahapan belajar pun juga harus sesuai tahapanya jangan tiba tiba sok langsung mau jago aja.
Tahapan awal/pemula dimulai dari mengerti atau memahami seluk beluk AR, seperti bisa kita gunakan pada tahapan awal menggunakan tool seperti metaio junaio.



Junaio ini cukup menarik untuk pemula yang sedang ingin tau apa si augmented reality, metaio sudah mengembangkan sampai dengan versi 6, ada versi free maupun yang berbayar , edisi yang free pun sudah cukup memadai untuk mencoba , dimulai dari pembuatan 3d character, audio maupun face recognition.


Tahapan intermediate/lanjut bisa kita gunakan unity 3d untuk pengembangan AR, nah pada tahapan ini sudah mulai arah pengembangan yang lebih serius , sifat dari unity 3d yang cukup terbuka untuk pengembang menjadikanya pilihan ane untuk mengembangkan AR lebih lanjut di platform ini hasil output file bisa dijalankan di PC maupun di smarphone multiplatform (Windows Phone, Android maupun IOS).



Nah sekian informasi yang bisa ane sampaikan , untuk melihat hasil AR yang ane buka bisa ke fanpage fakutas ane di Fanpage Telematika Universitas Trilogi, dan channel youtube di Telematika Channel Youtube

Tutorial pembuatan AR PART1



emoticon-Toastemoticon-Toast
emoticon-2 Jempol
Diubah oleh budireve 19-01-2015 07:20
0
3.6K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan