h2ssurvivalAvatar border
TS
h2ssurvival
Jalur Pendakian Gunung Merapi - Pendakian Spontan Mencari Ketenangan diGersangnya Pas

Salam rimba...!

Selamat siang kawan Pecinta Kaldera. Kali ini Pecinta Kaldera akan memberikan posting tentang Jalur Pendakian Gunung Merapi-Pendakian Spontan Mencari Ketenangan digersangnya Pasar Bubrah. Setelah sebelumnya saya memposting cara merawat jaket gunung untuk menambah wawasan teman-teman.

Sekilas tentang gunung Merapi.

Gunung Merapi memiliki ketinggian 2968M DPL pada tahun 2006. Gunung ini merupakan gunung berapi yang berada di Pulau Jawa, tepatnya Jawa Tengah. Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia, bahkan di dunia. Sisi selatan gunung ini berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, DIY, dan sisanya berada di wilayah Propinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, sedangkan Kabupaten Klaten di sisi sebelah tenggara. Kawasan hutan disekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004. Gunung ini sangat berbahaya karena menurut catatan modern mengalami erupsi sampai dua sampai lima tahun sekali. Di sekitar area gunung ini juga terdapat pemukiman padat penduduk. Sejak tahun 1548 gunung ini sudah mengalami erupsi sebanyak 68 kali.Gunung Merapi sendiri berada di koordinat 7˚32’31”LS110˚26’46”BT/7,54196˚LS 110,446051˚BT.

Langsung saja kita simak pengalaman kami mendaki gunung Merapi brerikut ini.

Hari itu kami gelisah tak menentu menghadapi hari-hari luang tanpa kegiatan. Hingga ahirnya aku mengajak Gunawan mendaki gunung saja. Kami lama tak mendaki gunung bersama. Kerinduan akan suhu gunung yang mesra dan hamparan indahnya alam memaksa kami berjalan. Sebelumnya kami sempat menunggu satu teman kontrakan lagi yang sedang sibuk dengan jadwal kuliahnya. Karena hari itu kami tidak ada jadwal kuliah. Selagi menunggu Syukur teman kami pulang . Kami mempacking barang bawaan terlebih dahulu. Hingga waktu menunjukkan pukul 22:00 WIB Syukur tak kunjung pulang. Jadi, kami putuskan untuk nanjak berdua saja.

1. Basecamp.

Hari itu Rabu, 17 September 2014 kami berangkat dari kontrakan kami di kota Surakarta. Rumah memanjang dan sudah berusia 26 tahun kini berubah menjadi rumah sederhana siap huni. Cat hijau pupus tergores menyeluruh didindingnya. Rumah lama menjadi tampak baru. Sebenarnya kami sudah pernah menaiki gunung Merapi sebelumnya. Bahkan ini adalah pendakian keempat bagi Gunawan. Kami lekas menuju New Selo, tempat Basecamp Merapi berada. Kami berboncengan menggunakan motor untuk sampai di Basecamp. Sebelumnya kami berhenti di salah satu mini market dipinggiran Kota Solo untuk melengkapi logistik. Setelah semua barang bawaan kami packing, kembali perjalanan kami lanjutkan.

Hampir 1,5 jam perjalanan kami tempuh untuk sampai di New Selo. Kami lekas memarkir motor yang kami bawa sesampainya di Basecamp. Ternyata disana sudah ada pendaki lain yang sudah siap untuk menjajal trek menanjak gunung Merapi via New Selo. Mereka adalah rombongan dari kota Yogyakarta. Kami sempat mengobrol sedikit dengan mereka. Ya, untuk sekedar basa-basi. Hehehe. Sebenarnya hal itu juga untuk menjalin tali silaturahmi antara pendaki satu dengan lainnya. Pukul 00:00 WIB mereka berangkat dari Basecamp dan siap menapaki jalur pendakiangunung Merapi. Sedangkan aku dan Gunawan Masih stay di Basecamp untuk menikmati proses aklimatisasi sekaligus mengisi botol air mineral dengan air mentah yang ada di depan Basecamp.

Setelah semua siap kami lekas membayar retribusi kepada pihak Basecamp. Kami sempat kaget mendengar nominal yang bapak penjaga Basecamp lontarkan. Mahar Rp. 12.500 menjadi syarat sah mendaki gunung Merapi. Jadi, kami membayar Rp. 50.000 karena kami berniat ngecamp dua malam di Pasar Bubrah. Angka yang lumayan fantastis mengingat tahun lalu kami hanya ditarik bayaran Rp. 4.000/orang. Sekarang menjadi 3 kali lipat kenaikannya dan dihitung perhari. Jumlah itu belum termasuk biaya parkir. Sekarang ini mendaki gunung memang menjadi kegiatan yang mahal.Karena kepalang tanggung kami langsung saja membayar dan memulai pendakian sekitar pukul 01:00 WIB.

2. Gapura Pendakian.

Kami langsung disuguhi trek menanjak menuju pintu masuk pendakian. Kami berhenti untuk beristirahat ditempat melihat sunrise dan pemandangan. Tempat ini...