teguhabiAvatar border
TS
teguhabi
gn.kerenceng+kareumbi di kabupaten sumedang bagian dari jelajah gunung bandung
gunung kerenceng memiliki ketinggian 1754 MDPL,sedangkan gunung kareumbi 1684 MDPL,dan kedua'y terletak di perbatasan antara wilayah bandung dan sumedang.
dan pilihan jatuh pada gunung tersebut,,untuk melenkapi perjalanan jelajah gunung bandung emoticon-Ngakak
seperti biasa'y setiap gunung mempunyai beberapa titik awal pendakian,ane dapet beberapa titik star pendakian,,
akses menuju gn.Kerenceng
1.Situhiang Ds.Tegalmanggung Kec.Cimanggung Sumedang
2.Jambuaer Ds.Sindulang Kec.Cimanggung Sumedang
akses menuju gn.kareumbi
1.Sindangsari Ds.Sindangpakuwon Kec.Cimanggung Sumedang
2.Kp. Cinagreg Ds.Sindang Galih Kec.Cimanggung Sumedang
info transportasi menuju titik awal pendakian dari bandung:
tujuan gn.kerenceng
term.leuwi panjang naik bis jur.garut turun di jln baypass cicalengka,,dari pasar cicalengka naik ojek ke kp.jambu aer ( kita akan melewati objek wisata curug cinulang )
kalo pake kereta naik dari bandung turun di stasiun cicalengka,,sambung naik ojek ke kp.jambu aer.
tujuan gn.kareumbi
term.leuwi panjang naik bis jur.garut turun di parakan muncang,,naik ojek ke sindangsari/cinagreg.
itu info dari pengalaman dari beberapa teman.
kali ini ane berbagi catper dari titik pendakian yang telah ane jalani emoticon-Ngakak
star menuju gn. Kerenceng titik star pendakian,kp.Jambu aer Ds.Sindulang Kec.Cimanggung Sumedang ... ane lintas 2 gunung atau biasa di sebut nyadel,ane naek dari kerenceng nadel ke kareumbi,,jadi turun via gn.Kareumbi dan ujung jalur ada di Kp. Cinagreg Ds.Sindang Galih Kec.Cimanggung Sumedang.
satu perjalanan kita dapet 2 gunung.jalan cukup jelas,,tapi banyak persimpangan juga,,
nanya sana sinih tentang info,,udah dapet info akhir'y ane dapet temen buat nanjak,,mang mbot dari bale endah,dan abe dari jakarta.
singkat cerita tanggal 7-6-2013 jam 24:00 team kumpul di term lw panjang,,dan kita meluncur ke kediaman mang mbot untuk istirahat,,dan persiapan untuk pendakian keesokan hari'y.
tgl 8-6-2013 team star berangkat dari bale endah(kediaman mang mbot) sekitar jam 9,karna bangun'y kesiangan efek dari kopi+ngobrol sana sini emoticon-Ngakak,,,kebetulan kita pake motor(lebih cepet dan ekonomis tentu'y),,sekitar jam 11 kita sudah sampe di ds jambu aer,,dan kita sempat dapet beberapa info dari warga sekitar..
Spoiler for kp.jambu aer cari info jalur dari penduduk sekitar:

sempat untuk di sarankan untuk ke gn.batara guru karna menurut bapa itu gunung'y masih sangat alami,,dan jarang sekali yg berkunjung kesana..(jadi penasaran tapi apa boleh buat rencana udah mateng buat kerenceng+kareumbi.
sekitar jam 12:30 kita baru star nanjak...lumayan najak juga,,jadi kita jalan slow but sure hehheh,,,setelah abis ladang dan masuk pintu hutan kita sempet ketemu warga (kaya'y sih abis nebang pohon) kita nanya2 tentang jalur,karna lumayan banyak persimpanagan juga,dan si bapak cerita panjang lebar,,tapi dari sekian panjang penjelasan dari si bapa tersebut satu hal yg ane inget sampe sekarang,,kata'y konon jaman dulu (si bapa dapet cerita dari kake'y) ada hewan sejenis pacet tapi ukuran'y lebih besar dari pacet pada umum'y,,gede'y sbesar jempol kaki orang dewasa,,dan punya nama jemblong,,alhasil ane jadi emoticon-Takutsepanjang jalan.walaupun kata si bapak udah ga ada tuh si jemblong,,palingan yg ada pacet biasa,,tapi tetep aja pacet biasa juga bikin parno.
tapi ane tetep lanjutin perjlanan,,dan jadi rajin ngecek bagian kaki,,takut ada pacet yg nempelemoticon-Malu (S)
Spoiler for jalur menuju puncak kerenceng:

mulai deh pemandangan khas ketinngian terlihat,,udah sedikit ngebayar rasa pegel heheh
sekitar jam 5 kita sampe di top puncak kerenceng.
Spoiler for view dari top puncak kerenceng:

Spoiler for top puncak kerenceng besrta team.:

udah mulai gelap tuh,,tapi kita belum dapet tempat buat nenda,,karna top puncak kerenceng lumayan sempit palingan cuma muat buat tenda kapasitas 4/6 orang,,dan kita putuskan untuk nenda di areal yg lebih minim resiko.
dari top puncak kerenceng jalur bener tipis dah,,klo menurut ane lebih tipis dari sirotol mustakim'y gn.rakutak.
Spoiler for jalur tipis kerenceng menuju kareumbi:

kita bakalan nemu puncak bayangan setelah top puncak,,nah sebelum puncak bayang tersebut jalur nyadel buat ke gn.kareumbi sudah terlihat dan ada di kanan jalur.
Spoiler for jalur nyadel kerenceng ke kareumbi:

lumayan juga udah mulai sore dan kita harus nurunin lembahan emoticon-Takut
untung suasana sore itu masih cerah,
sekitaran jam 6 kita udah nemu area yg cukup landai di dasar lembahan,,dan kita putusin untuk nenda,,
Spoiler for lapak nenda:

pagi tgl 9-0-6-2013 sekitar jam 8,,kita star sumit kareumbi...heheh
jam 10 kita udah sampe top puncak gn.kareumbi.
Spoiler for view dari top puncak kareumbi:

Spoiler for view gunung tampomas dari top puncak kareumbi:

Spoiler for bonus foto ane di top puncak kareumbi hehehhe:

sekitar jam 11 mulai turun via jalur yg berbeda,,kita ambil jalur muju kp.cinagreg,,jalur yg terlihat paling bersih dari puncak kareumbi..kita tinggal ambil lurus ga usah bulak belok...
sekitar jam 13 kita udah sampe di kp.cinagreg,,,pake angkot ke cicalengka,,sambung ojeg ke kp.jambu aer (motor kita kan di titip di sono).jam 14 kita udah di kp.jambu aer dan uadh siap pulang ke bandung.
dari jambu aer menju cicalengka kita akan ngelewatin objek wisata curug cinulang,,( ane ga sempet mamapir,,ngejar waktu soal'y).
sekian catper dari ane,,kurang lengkap karna sebagian memori telah hilangemoticon-Bingung (S),,dan yang pasti kurang enak untuk di baca,,maklum ane masih nubi jadi belum punya skill nulis yang beginian emoticon-Ngakak
,mungkin agan2 ada yang udah pernah datang ke gn yang sama, di harapkan bisa berbagi informasi yang lain nya.catatan buat yang ngaku udah pernah ke gunung ini harap menyertakan foto no picture=hoak
cat.tidak ada mata air sepanjang jalur pendakian,,jadi bawa air secukup'y sesuai dengan kebutuhan.
sekian dan terima kasih.emoticon-Cendol (S)
alhamdulilah ga nemu pacet,,karan beberapa hari sebelum'y ga ujan,,dan biasa'y kalo udah musim ujan pacet semakinmerajalela .