Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

KoyruruAvatar border
TS
Koyruru
CURAHATAN MAHASIWA TINGKAT SANGAT AKHIR YANG JUGA MENJALANI BISNIS
KULIAH BERGUNA TIDAK UNTUK BISNIS?

Perkenalkan, Saya Khoyrul Fauzan, status mahasiswa tingkat sangat akhir Ilmu Komunikasi di salah satu Perguruan Tinggi di Solo, sudah memasuki masa harus lulus atau di"luluskan". Haha. emoticon-Ngakak Lama gak bikin Thread, ijin curhat ya Agan-Agan.


Saat ini saya juga merintis bisnis kuliner kedai unik Popipop "Original Noodles Soup Pasta" di kota Solo yang sudah berjalan 2 tahun lebih ini. Sebelumnya saya pernah jadi sales counter pulsa, dagang pulsa, jualan mukenah, jualan Obat Herbal, jualan Es Buah, dan jualan Alat-alat olahraga. Belum dapat Gelar Sarjana, tapi gelar lapak dagangan. emoticon-Ngakak

Lapak Jualan Es Buah dengan Adik Kandung, September 2012.


Saya seringkali mendapat pertanyaan sinis seperti ini, "Apa gunanya bangku kuliah dalam menjalani bisnis? apalagi level UKM (Usaha Kecil Mungil)? Gak usah kuliah aja bisa kok, contohlah pengusaha top dunia yang banyak di Drop Out kaya Steve jobs ataupun Bill Gates." Hehe. Bagaimana menjawab pertanyaan seperti ini?

Sering mendapat pertanyaan seperti itu. Bagi saya bangku kuliah SANGAT BERGUNA dalam merintis sebuah bisnis. Bangku kuliah mungkin bukan faktor satu-satunya penentu kesuksesan, tapi faktor pendukung yang SANGAT MEMBANTU. Walau saya masih belum lulus dan sedang berusaha menyelesaikan Skripsweat di semester terakhir saya ini, saya bersyukur bisa menggali ilmu di bangku kuliah.

Contoh pengusaha sukses top dunia walaupun di Drop Out (DO) adalah contoh yang super duper langka. Lebih buanyak contoh ketika di DO dari universitas kemudian memulai bisnis dan akhirnya gagal dedel duwel. Kisah ini tidak banyak diangkat ceritanya karena memang kisahnya tidak menarik.

Gerobak Pertama Popipop Noodles Soup, di emperan Toko Sepeda daerah Nusukan Solo, Oktober 2012.


Beberapa alasan personal saya mengapa kuliah, khususnya di Prodi Ilmu Komunikasi, sangat membantu dalam mengembangkan bisnis :

1. Membangun Pola Pikir.

Banyak wawasan yang diberikan di bangku kuliah. Pola pikir jadi terbangun lebih logis dan sistematis. Kita diajarkan untuk beragumen dengan dasar yang kuat, tidak asal ngomong. Hal-hal itu tadi tentunya akan sangat berguna untuk dapat membangun sebuah sistem bisnis yang profesional.

Curhat : Apalagi skripsweat saya mengangkat tentang sebuah sistem, mau tidak mau harus belajar teori tentang sistem. Hehehe

2. Komunikasi Menjadi Elemen Penting.

Semua orang pasti melakukan komunikasi dalam menjalankan kesehariannya, namun apakah semua orang bisa berkomunikasi dengan baik?

Membangun relasi dengan pelanggan, mitra, juga stake holder lainnya menjadi elemen sangat penting dalam bisnis. Jika kita memahami dasar berkomunikasi dengan baik yang diajarkan di bangku kuliah, dalam menyampaikan pesan akan lebih mudah diterima dan hubungan baik lebih mudah tercapai.

3. Mengetahui Dasar Periklanan.

Kuliah di Prodi Ilmu Komunikasi tentunya akan mempelajari bagaimana proses penyampaian sebuah pesan, dari siapa kepada siapa, melalui apa, dan apa saja gangguannya. Dan ketika mengambil mata kuliah Periklanan, kita diajarkan untuk membuat sebuah iklan, mulai dari proses menemukan ide dasar sampai dalam bentuk iklan siap tayang.

Selain itu, kita juga diajarkan pentingnya membangun sebuah brand (merek). Bagaimana cara membuat pelanggan sadar terhadap brand kita hingga menjadi loyal. Jangan hanya berpikir untuk jualan saja, membangun brand penting dalam berbisnis.

4. Dilatih Menjadi Penulis handal.

Sekarang eranya internet, sosial media maupun blog menjadi primadona untuk mempromosikan bisnis kita. Dalam melakukan kegiatan promosi di sosial media membutuhkan teknik penulisan "kreatif".

Saat di bangku kuliah ada mata kuliah jurnalistik yang melatih mahasiswanya bagaimana menulis dengan baik sebuah berita. Baik itu berita langsung, berita tutur, berita mendalam maupun berita investigasi. Jika sudah memahami dasar-dasar penulisan jurnalistik, dalam membuat tulisan kreatif untuk kepentingan promosi akan lebih gampang bukan?

5. Proses Eksekusi Ide Jadi Lebih Cepat.

Sudah mendapat ide dasar untuk membuat sebuah iklan, kemudian diaplikasikan ke dalam sebuah poster maupun video, dan TARA! Setelah melalui beberapa proses, jadilah iklan yang unik dan kreatif.

Mata kuliah Video yang didapat ketika kuliah di Ilmu Komunikasi terasa sangat membantu dalam mengeksekusi sebuah "ide kasar" dalam mebuat sebuah iklan.

6. Mengetahui Persepsi Publik Terhadap Produk Kita

Dalam menjalankan sebuah bisnis, mau tidak mau kita harus berhubungan dengan masyarakat luas. Sangat penting juga untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang produk kita, apa saja yang menjadi keluhannya, bagaimana menanganinya, dan dengan cara apa menyampaikan solusinya.

Mata kuliah Hubungan Masyarakat (Public Relation) mengajarkan bagaimana membangun relasi yang baik dengan publik, menangani opini yang berkembang, dan membangun bertanggung jawab sosial kepada masyarakat.



Mungkin masih banyak alasan lain mengapa kuliah, khususnya di Ilmu Komunikasi, sangat membantu dalam menjalankan bisnis, tentunya pengaplikasian teori yang diperoleh harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang dijalani.

Bersyukurlah teman-teman yang merasakan bangku kuliah dan sekaligus juga tertarik berkarir di bisnis. Jangan anggap remeh kuliahmu, bersyukurlah merasakan bangku kuliah.

Untuk teman-teman yang tidak berkuliah, tidak ada masalah, pintu sukses terbuka lebar bagi siapa saja yang mau memasukinya.

Saat ini ada 4 outlet di Solo, Alhamdulillah. (Bukan untuk promo, gak dikasi alamatnya)





Semoga sukses karirnya, semoga meraih kegemilangan di usia muda. Aamiin.

Maaf tulisan amburadul bahrelway, edisi gregetan ditanya apa guna kuliah.

Gak nolak dikasi cendol gan emoticon-Blue Guy Cendol (L) udah lama banget gak dapet, semoga berkenan. Makasi banyak emoticon-Matabelo

Salam Sukses Mulia!
Diubah oleh Koyruru 18-12-2014 04:09
0
7.1K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan