Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jempolirengokAvatar border
TS
jempolirengok
Akibat Kebijakan Impor Gula, Jokowi Dinilai Susahkan Petani Tebu
Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KNTA) Winarno Tohir meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk kembali Dewan Gula Indonesia. Saat ini lembaga tersebut masih dibutuhkan sebagai jembatan komunikasi di dalam industri gula. Tanpa lembaga itu, ia mengkhawatirkan terjadi liberalisasi perdagangan gula rafinasi di indonesia. Nasib petani makin jauh dari sejahtera.



Selama ini yang mendengarkan setiap keluhan petani hanya Dewan Gula. Petinggi lembaga itu juga bersedia berkomunikasi dengan petani meski pada akhirnya suara-suara petani selalu kalah di dalam setiap pengambilan keputusan pemerintah. Selain itu, Dewan Gula menjadi tempat mengatur manajemen produksi, perdagangan, dan distribusi gula.



"Setidaknya petani didengar perlu didengar meski akhirnya keluhan tersebut tidak direalisasikan. Bagi petani, itu sudah mendorong mereka merasa tidak dilupakan pemerintah," kata Winarno, Minggu (14/12).



Menurut dia, kehadiran perwakilan petani tebu yang bisa berbicara ke pemerintah sangat penting. Ia mengharapkan keputusan Dewan Gula banyak bermanfaat bagi petani tebu bukan malah dirugikan.


SUMBER

gimana nih gan
0
1.4K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan