Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mbiaAvatar border
TS
mbia
Jalan Protokol Jakarta Akan Berbayar
Jakarta,HanTer-Kasubdit Keamanan dan Keselamatan Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Irvan Prawira menjelaskan, agar masyarakat pikir-pikir lebih dahulu ketika ingin membeli mobil. Pasalnya nanti semua jalan protokol di Jakarta berbayar.

Oleh sebab itu pemilihan Jalan Medan Merdeka Barat hingga Bundaran HI hanya bersifat uji coba untuk mengarah diaktifkannya jalan protokol yang berbayar.

Kebijakan tersebut, lanjut Irvan, diambil atas dasar beberapa pertimbangan. Salah satunya, demi keselamatan pengendara roda dua. Sebab, motor tidak didesain untuk perjalanan jarak jauh.

Menurut data Polda Metro Jaya, jumlah kecelakaan lalu lintas yang melibatkan motor sangat tinggi. Dari 5.959 kecelakaan yang mengakibatkan 616 orang meninggal dunia, sekitar 89 persen melibatkan kendaraan roda dua.

Selain itu, angkutan umum yang beroperasi di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat hingga Bundaran HI sudah memadai. Di kawasan tersebut, bus Transjakarta beroperasi 24 jam.

Ada pula bus tingkat dan angkutan masal lain. Irvan juga mengatakan bahwa program itu sinkron dengan program jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) yang akan diterapkan pemprov. Polisi juga menganggap jalan alternatif bagi pemotor cukup memadai.

”Nanti di semua jalan protokol diberlakukan larangan yang sama. Kendaraan roda dua dilarang masuk,” ujarnya kepada Harian Terbit, akhir pekan ini.

Irvan membenarkan program itu membuat arus lalu lintas di jalan-jalan alternatif lain padat. Antara lain, Jalan Budi Kemuliaan, Agus Salim, Tugu Tani, Sarinah, Tanah Abang, Abdul Muis, dan Bendungan Hilir.

Namun, pihaknya telah menyiapkan beberapa langkah antisipasi. Misalnya, menyiagakan lima hingga sepuluh polisi di setiap titik rawan macet.

”Kami juga akan mendirikan pos-pos pemantau di setiap lampu merah di jalan-jalan alternatif itu,” terang dia.

Personel akan disebar ke beberapa lokasi. Di antaranya, pintu masuk di Jalan Medan Merdeka Barat hingga Bundaran HI. Selama uji coba, polisi tidak akan menilang pemotor yang melintasi jalan itu. Petugas hanya akan menghalau agar motor tidak masuk. ”Awal tahun depan kami memberlakukan sanksi tilang,’’ tegas Irvan.

http://www.harianterbit.com/read/201...-Akan-Berbayar

sedekah gan,,,
0
3.1K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan