aME HiMuRaAvatar border
TS
aME HiMuRa
Tata Cara Perpanjang SIM A & SIM C yang expired kurang dari 1 tahun
Mau sharing aja soalnya kemaren ane abis perpanjang sim ane yang udah expired 6 bulan.

Kalo sim yang udah expired kurang dari 1 tahun masih bisa diperpanjang di satpas SIM wilayah tempat tinggal agan, kalo udah lewat 1 tahun harus buat ulang lagi SIM nya di SAMSAT dan mengikuti proses pembuatan SIM Baru. Makanya untuk agan2 yang punya SIM coba liat deh SIM nya masih berlaku atau udah expired, ane aja baru sadar pas lagi ada razia ranmor. untung nya belum satu tahun, tau sendiri lah kalo ngurus baru susah nya minta ampun kalo pake jalur normal, ane aja 2 x balik waktu pas pertama ngurus karena gagal ujian tertulis sekali. Dan juga awal tahun ane denger 2 biaya pembuatan sim baru akan naik 80% gan.

untuk sim yang masih berlaku sebelum expired bisa agan perpanjang di gerai sim keliling atau gerai sim lainnya yang ada di wilayah agan, kalo udah expired harus di satpas perpanjangnya.

Spoiler for alamat satpas tiap wilayah:


Untuk dokumen perpanjangan nya agan bawa foto copy ktp 2 lembar dan sim yang expired 2 lembar, Sim aslinya juga harus dibawa.

Pas sampe di satpas agan langsung ke loket 1 untuk isi formulir dan menyerahkan persyaratan dokumen diatas, nanti yang isiin formulir petugas loketnya agan tinggal jawab aja pertanyaan dari petugasnya. setelah itu ikuti aja instruksi dari petugas loketnya. Pokok nya gak ribet gan cuma abisin waktu maksimal 30 menit.

Rincian biaya Perpanjangan SIM A seharga Rp. 135.000 dengan rincian (PNBP 80.000, Kesehatan 25.000, Asuransi 30.000), sedangkan SIM C seharga Rp. 130.000 dengan rincian(PNBP 75.000, Kesehatan 25.000, Asuransi 30.000). Untuk kesehatan dapat membawa surat keterangan dari dokter pribadi. (ini rincian biaya yang paling bener gan kalo di minta biaya lebih mahal jangan mau gan).

Itu aja sharing dari ane semoga informasi nya dapat membantu agan2 yang mau perpanjang SIM nya. Kalo ada salah2 kata mohon dimaafkan.
0
13.5K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan