Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

roliingdoorAvatar border
TS
roliingdoor
Mungkin agan Lupa atau memang pura2x lupa atau memang ga peduli(pelajaran jaman SD)
:emoticon-SelamatWelcome To My Thread emoticon-Selamat


jangan lupa budayakan rate dan comment yaaaemoticon-Rate 5 Star





Masih Hangat hangatnya tentang BBM..dari pada debat sana sini..hujat sana sini..yuk gan refresh sebentar mengingat pelajaran jaman SD :


A. Apa Itu Sumber daya dan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui:

Sumber daya alam adalah potensi sumber daya yang terkandung dalam bumi (tanah), air dan dirgantara yang dapat didayagunakan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan manusia.Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui contohnya barang tambang yang ada di dalam perut bumi seperti minyak bumi, batubara, dll.Kita harus menggunakan sumber daya alam ini seefisien mungkin. Sebab, seperti minyak bumi akan terbentuk kembali setelah jutaan tahun kemudian.

Pengelolaan sumber daya alam adalah kesejahteraan masyarakat dengan tujuan antara seperti sumber devinisa, pemenuhan kebutuhan manusia, pelestarian lingkungan, pembangunan daerah, dan pemerataan untuk keperluan tersebut informasi mengenai ketidakpastian dalam pengambilan sumber daya alam, ketidakstabilan di pasar sumber daya alamketidakpastian dan efesiensi, kegiatan eksplorasi, distribusi, dan keadilan yang sangat diperlukan[/B]
Maka sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui harus digunakan dengan sebaik-baiknya. Sebab jika sumber daya alam ini habis maka akan berpengaruh terhadap lingkungan sekitar.

B Apa yang tidak dpat diperbaharui :

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang jumlahnya terbatas karena penggunaannya lebih cepat daripada proses pembentukannya dan apabila digunakan terus-menerus akan habis. Minyak bumi, emas, besi, dan berbagai bahan tambang lainnya pada umumnya memerlukan waktu dan proses yang sangat panjang untuk kembali terbentu sehingga jumlahnya sangat terbatas. Minyak bumi dan gas alam pada umumnya berasal dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan yang hidup jutaan tahun lalu.Perubahan tekanan dan suhu panas selama jutaan tahun ini kemudian mengubah materi dan senyawa organik tersebut menjadi bahan tambang tersebut.

B. Contoh kelompok sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

a. Minyak Bumi dan Gas Alam
Minyak dan gas alam adalah campuran senyawa hidrokarbon, yang tersusun dari sebagian besar karbon dan hidrogen, dengan sejumlah kecil belerang, nitrogen, dan unsur-unsur lainnya.Hidrogen ini tidak mirip dengan hirokarbon dalam tumbuhan dan tanaman laut atau darat. Namun banyak molekul yang akan dihasilkan jika molekul-molekul organik (misalnya khlorofil) yang terpecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Oleh karena itu, minyak dan gas bumi diduga secara tidak langsung berasal dari sisa-sisa organisme hidup.
Sisa-sisa dari berbagai bentuk tumbuhan dan binatang laut yang hidup jutaan tahun yang lalu tertimbun dalam lumpur dan pasir dibawah air laut.Semuanya tidak hanya membantu terbentuknya batuan sedimen, tetapi juga membantu terbentuknya endapan minyak bumi dan gas alam saat ini. Tekanan besar dan kerja bakteri membantu proses pembentukan endapan minyak bumi dan gas alam dari sisa-sisa tumbuhan dan binatang tersebut.
Bilamana air laut tidak lagi menyelubungi endapan-endapan tersebut, minyak bumi dan gas tetap menggenangi batas-batas batuan dibawah permukaan bumi.Minyak tersimpan dalam ruang pori-pori antara butiran-butiran pasir dalam batuan batu pasir. Bilamana batuan pasir berisi air, minyak bumi akan bergerakkebagian atas lapisan batuan berair.


Minyak bumi cenderung naik ke atas jika tercampur dengan air.Gerakan minyak bumi ke atas ini berlanjut sampai minyak bumi tercebak dan mulai terkumpul genangan minyak bumi.Suatu tempat berkumpulnya minyak bumi di bawah tanah disebut cebakan minyak bumi.
Unsur-unsur utama cebakan minyak bumi adalah batuan berpori dan parmeabel yang mengandung hidrokarbon, batuan diatas merintangi minyak dan gas agar tidak bergerak ke atas, dan susunan geometrisnya membentuk tempat yang cekung ke bawah

b. Batubara
Batubara tersusun berasal dari bahan yang dapat tebakar dan berasal dari pembusukan bagian dari tumbuh-tumbuhan.
Proses pembentukan batubara mulai dengan kumpulan sisa-sisa tumbuhan dalam suatu rawa. Kumpulan ini dikenal sebagai gambut, yaitu suatu endapan lunak mirip bunga karang yang berwarna kecoklatan dengan struktur tumbuhan yang dapat dikenal dengan mudah.
Dalam perjalan waktu dan karena tekanan yang dihasilkan oleh penimbunan serta kadang-kadang oleh gerakan tanah, materi organik tersebut berubah secara perlahan menjadi batubara. Selama proses ini persentase karbon bertambah selama hidrokarbon yang mudah menguap dan air yang dipaksa keluar dari endapan itu. Batubar diurutkan menurut persentase karbon yang dikandung.Gambut, dengan jumlah karbon yang paling sedikit, adalah urutan pertama; kemudian menjadi lignit atau batubara coklat, bituminus atau batubara lunak, dan akhirnya antrasit atau batubara keras.Antrasit merupakan batubara yang mengandung persentase karbon yang palng tinggi.
v Mineral
Mineral adalah unsur atau senyawa anorganik yang terjadi secara alami dengan struktur internal karakteristik ditentukan oleh susunan atom-atom atau ion-ion yang teratur didalamnya.Mineral-mineral bermanfaat karena sifatnya.
Mineral terbagi atas 3 jenis yaitu :
-. Mineral dengan kilapan non-logam dan berwarna muda


· Talk
· Gibsum
· Halit
· Kaolinit
· Muskovit
· Belerang
· Kalsit
· Fluorit
· Dolomit
· Fledspar
· Kuarsa


-. Mineral dengan kilapan logam dan berwarna muda :


· Grafit,
· Galena
· Calkopirit
· Pirit
· Magnetit
· Serta





-. Mineral dengan kilapan non-logam dan berwarna tua :


· Khlorit
· Bauksit
· Biotit
· Sfalerit
· Limonit
· Herenblenda
· Augit
· Olivin
· Kurondum

Menurut tingkat kebutuhan manusia, sumber daya alam tidak dapat diperbaharui dapat dibagi menjadi dua yaitu sebagai berikut.

* Sumber daya alam tidak dapat diperbaharui yang tidak cepat habis
Sumber daya alam ini tidak cepat habis karena tingkat kebutuhan manusia akan sumber daya alam ini relatif kecil sehingga ketersediaannya di alam juga relatif masih banyak, contohnya emas, permata, dan intan.

* Sumber daya alam tidak dapat diperbaharui yang cepat habis
Sumber daya alam ini cepat habis karena tingkat kebutuhan manusia akan sumber daya alam ini sangat tinggi dan relatif banyak, contohnya minyak bumi, bensin, dan gas alam.



- Kesimpulan
Sumber daya alam adalah semua yang terdapat di alam (kekayaan alam) yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk mencukupi segala kebutuhan hidupnya.Berdasarkan cara pengelolaan dan pemanfaatannya, sumber daya alam dibedakan menjadi sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yaitu sumber daya alam yang tidak dapat dipulihkan kembali setelah dimanfaatkan.

Jadi walaupun sebanyak banyaknya stock minyak bumi di suatu negara..tetap itu akan habis pada suatu saat jika kita tidak bijak memakainya.. meskipun harganya lagi turun..terus boleh kah kite boros borosin( prinsip yang penting gw beli...mau ape looo) ....terus yang disana dikuras ( habis) pindah kesono..pindah lagi kesana ..kesitu..lama lama impor..impor nyang punya daerah habis..pindah lagi..eh habis lagi,,..lama lama kalau sudah habis..yaaaa..silahkan agan tanya pada nurani agan sendiri

salam emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Spoiler for cek 4:


ditunggu gan komengnya...kalau agan masih ada rasa peduli..kan agan2x bukan pada robot kan ya..emoticon-Ngakak

Note : ane netral.... datang dari masa lalu di jaman batu dengan mesin waktu ..untuk..ahhh sudahlah ( kidding gan)
Diubah oleh roliingdoor 24-11-2014 02:49
0
2.8K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan