ddafftAvatar border
TS
ddafft
Pengalaman belanja di lazada.co.id
Sekedar share kejadian yang ane alami berbelanja di salah satu situs online terbesar di tanah air. bukan bermaksud menjelek2an, hanya sekedar peringatan untuk berpikir banyak kali sebelum memutuskan melakukan transaksi.

Kronologis peristiwa :
Maret tanggal 16 ane melakukan transaksi dengan lazada.co.id untuk produk notebook, invoice terlampir..

kemudian tanggal 18 Maret lazada.co.id memberikan konfirmasi bahwa benar dana sudah diterima dan segera akan melakukan pengiriman disertai no resi pengiriman.

Maret tanggal 20 lazada.co.id konfirmasi bahwa barang sudah dikirim dengan no resi pengiriman : 2333878040006. setelah ane tracking ke jne.co.id dilaporkan bahwa no resi tsb invalid. aneh, koq bisa no resi invalid terus kemana barang yang ane bayar?

Namun sayangnya pihak lazada.co.id tidak banyak menjelaskan kenapa bisa begitu, jawabannya hanya " nanti kami akan teruskan ke bagian terkait" berkali2 ane melakukan kontak telp hingga seminggu kemudian datanglah barang tersebut dan begitu ane cek ternyata no resi yang diberikan dan terlampir berbeda. yaa ternyata salah kasih no resi. baiklah..

Begitu dibuka, produk tsb terdapat cacat, nah kecewa dengan hal tsb ane harus mengirimkan ulang produk ini karena cacatnya cukup banyak terdapat noda hitam pada layar.

Kemudian setelah dilakukan proses pengiriman kembali, menurut lazada.co.id ane harus menunggu setelah barang sampai dan dinyatakan valid untuk di lakukan refund/penggantian barang. setelah menunggu beberapa hari lazada.co.id menyatakan bahwa proses refund telah dilakukan per tanggal 8 april dan agar tunggu hingga maksimal 7 hari kerja.

Setelah ane tunggu, tunggu dan berkali2 konfirmasi dengan line telp, belum juga masuk dana refundnya. hingga pada tanggal 16 april lazada mengirimkan notifikasi bahwa no rekening dan nama pemilik rekening salah (padahal CS nya salah input nama, kesalahan lagi-lagi pada pihak lazada.co.id) sehingga transaksi refund tidak dapat dilakukan. oke, baiklah..

Tak lama setelah dapat notifikasi itu, ane melakukan konfirmasi ulang untuk nama dan no rekening yang benar pada lazada.co.id dan dijanjikan tanggal 18 april dilakukan proses refund kembali. ane tunggu lagi hingga tanggal 18 dihubungi oleh staff office lazada.co.id bahwa proses refund baru bisa dilakukan per tanggal 21 april 2014. karena bla..bla..bla.. baiklah lagi-lagi ane dipaksa sabar menunggu.
tanggal 21 april, ane hubungi kembali lazada.co.id untuk menanyakan perihal yang sama, proses dana refund dan meminta bukti transfer/kliring yang oleh CS dinstruksikan untuk (lagi-lagi) menunggu hingga maksimal tanggal 23 april karena proses kliring memerlukan waktu, baiklah...

Tanggal 23, lagi-lagi ane konfirmasi melalui line telp dan mengejutkan, diberikan jawaban berbeda yaitu,baru tanggal 23 april pukul 17.23 lazada.co.id melakukan proses kliring dan ketika diminta bukti kliringnya lagi-lagi menginstruksikan untuk menunggu, dan diteruskan ke bagian terkait...
jadi dari tanggal 8 april, 16, 18 dan 21 april itu kliringnya HOAX. disini yang jadi masalah gan.
........
Sebagai customer merasa dipermainkan habis-habisan. dimulai dari no resi yang invalid/tertukar, kemudian produk yang dikirim ternyata cacat, minimnya konfirmasi melalui line telp oleh lazada.co.id pada customer, proses refund yang bertele-tele.

Terkesan lazada.co.id tidak profesional perihal kepercayaan customer dan main-main dengan komitmen yang dibuatnya sendiri. sudah 1 bulan lebih sejak tanggal transaksi, masalah ini belum juga selesai. biaya untuk melakukan kontak telp dengan lazada sudah habis berpuluh ribu rupiah. yang jawaban CS nya " mohon sabar dan diteruskan ke pihak terkait"

mohon saran/masukannya agan-agan sekalian untuk masalah ini.

sekali lagi, kejadian ini semoga terjadi ama ane aja dan bukan bermaksud menjelekkan lapak orang/perusahaan terkait hanya sekedar shared peristiwa dan silakan agan-agan menilai dengan pemahaman masing-masing.

Update pertanggal 24 april, barusan ane melakukan panggilan telp lagi dan disambungkan ke supervisornya yang bertugas hari ini, menurut beliau proses refund baru akan dilakukan per hari ini tanggal 24 april. dan lagi-lagi saya diminta menunggu.
.......
speechless.
tengkyu berbagai saran dari agan-agan sekalian, nanti akan ane laporkan ke intansi/pihak terkait mengenai perlindungan konsumen.
Rentetan kejadian ini bukan HOAX atau rekayasa TS. Tapi merupakan fakta yang terjadi. No Order ane 308188352. Ane siap bertanggungjawab dengan apa yang ane posting jikalau dikemudian hari dirasa merugikan pihak terkait.

Update tgl 24 april. Pukul 14.24 wib. Ane dpt notifikasi sms banking bahwa dana tsb sudah masuk. Yang berarti urusan refund ane udah beres. Catatan tentang janji refund yang berulangkali tentu membekas sebagai pengingat bagi ane agar berhati2 memilih lapak online. Perihal surat kepada YLKI akan ane pending sementara. Buat agan2 tengkuyung atensinya. Sukses.
Diubah oleh ddafft 24-04-2014 13:22
0
32.8K
186
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan