benparasianAvatar border
TS
benparasian
Habis Pikiran ?? Mau coba mengadu nasib di luar negeri Bekerja ?
emoticon-Kiss Sebelumnya aku menyarankan bahwa aku sama sekali tidak mendukung yang namanya kerja illegal , loncat kapal , overstay atau kerja kerja yang tidak layak. Namun ini lah cerita yang ingin ku bagi bagi buat temen temen ku indonesia. Salam kenal.

Setelah sekolah di luar negeri , tanpa dukungan orang tua ( orang tua dua dua telah meninggal) , akhirnya aku memutuskan , tetap menetap di luar negeri dan bekerja gelap. ( Puji syukur akhirnya aku bisa menikah dan mendapatkan status yang jelas saat ini). Namun aku mau cerita dahulu, saat saat ku mencoba mengadu nasib bekerja tanpa status jelas dari Amerika.

Disini aku menjelaskan , bagaimana kehidupan sebagai pekerja gelap di amerika , dengan berbagai cara cara .... Loncat kapal , overstay study , overystay tourist , atau pun yang paling ngerikan .... Sama sekali gelap alias immigrant gelap.

Banyak sekali agan agan indonesia yang memiliki niat untuk mencari mengadu nasib di negeri orang , akhirnya menetap di amerika atau negara negara maju melakukan pekerjaan apa saja (jenis jenis pekerjaannya akan aku jelaskan sejelas jelasnya), mencoba mengais dollar demi anak istri atau keluarga di indonesia. Sangat lah dimengerti , menurut statistik immigrant gelap amerika itu 10% dari penduduknya.

Pertanyaan nya sekarang , apa mungkin kah immigran indonesia yang berencana untuk bekerja dengan status bukan untuk bekerja? Mungkin sekali. Walau ini sangat berbahaya dan dapat di tangkap dan di masukan penjara dan dituntut hukum.

Namun bukanlah rahasia umum , banyak diantara kita dan aku dulunya , mengadu nasib , bekerja di amerika dan eropa dan(sekarang cina pun jadi target tempat mencari pekerjaan) dengan status tidak jelas alias undocummented.
Beribu ribu , orang orang indonesia bahkan ratusan ribu orang orang amerika selatan , mereka loncat melalui perbatasan dan mencari pekerjaan di amerika. Tapi apa ini nga bahaya ?

Setelah , ku bersekolah diamerika , aku lulus d3 akhirnya selesai sudah batas waktu ku untuk bisa menetap di negeri indah amerika ini. Karena aku tak berkeluarga , pikir punya pikir akhirnya aku memutuskan " Sudahlah mending diamerika aja daripada ke indonesia". sepertinya aku keenakan disini.

Nah permasalahannya bagi orang orang imigran atau pendatang walau sudah lulus sekolah amerika, kalau tidak memiliki surat resmi , mereka tidak bisa mendapatkan pekerjaan resmi dengan gaji yang lumayan memadai dan karir yang jelas. Akhirnya aku kerja apa ? (.............Benar,......Kerja kasar ........tapi apa ........biasanya jenis pekerjaannya :

- Restaurant
jadi pelayan , gaji berkisar $2000-$4000, kerja di restauran jepang biasanya lebih memadai dan mendapatkan kerja $3000 sebulan sangat mungkin, kerja dari jam 10-10 1 jam istirahat, kerjanya sangat berat ,terus bergerak secara fisik , urus meja , bersihkan meja, waiting(melayani tamu), biasanya kerja 5 1/2 hari sampe 6 jam.

** Kota kota besar biasanya bisa mendapatkan sampai $5000 tapi biaya hidup bisa sampai 60%. kecuali sesama teman teman indonesia biasanya kumpul kumpul sampai 4 orang rame rame satu apartement sewa 800-$1500 perbulan.

jadi, (Koki) pemasak dapur (beda dengan masak depan,seperti sushi chef/habachi). Gaji masak biasanya $1750 sampai $3000 paling pol, pekerjaan sama dengan pekerjaan pemasak dapurdi hotel hotel diindonesia tapi biasanya lebih berat, urusan gorengan , bikin saos dll Kalo yang nga punya fisik kuat , pekerjaan ini sangat berat , biasanya masak dari pagi sampai malam , waktu istirahatnya 1-3 jam. Biasanya restaurant China dan jepang di amerika banyak terima tukang masak (koki) mereka tidak membutuhkan surat apa pun tapi tergantung restaurannya.

jadi ,(koki) Sushi chef. Jadi sushi chef , merupakan salah satu pekerjaan yang popular di amerika bagi orang orang indonesia ,biasanya yang mau belajar lebih banyak makanan jepang terutama sushi, walau ini pekerjaan asli jepang tapi bisa dikatakan pekerjaan ini digeluti banyak orang orang asia yang datang ke amerika termasuk orang orang indonesia. Pemilik orang jepang, China bahkan filiphina banyak membuka restaurant jepang dan mereka membuka kesempatan buat orang orang indonesia yang tau membuat sushi dan sushi chef. Gaji berkisar $2200-$3500. Walau banyak orang indonesia yang di gaji $4000 tapi jarang sekali restaurant mau membayar sebesar itu karena mereka (jujur aja) cenderung mau membayar orang jepang sushi chef atau chinese sebesar $4000 up ( kalo ada yang dibayar segitu orang indonesia , sukur deh). Pekerjaannya ? biasanya kerjaan nya 5-6 hari seminggu , bekerja sehari 9-10 jam , istirahat 3 jam (kalau pemiliknya jepang) Kalau pemiliknya china ,Istirahat cuma untuk makan siang. Ini lah pekerjaan ku dulu sebelum mendapatkan surat surat resmi. Bekerja di beberapa tempat beken di california 930 Sushi Tuna town

** biasanya pemimpinnya Chefnya orang jepang atau china , pada umumnya kita sebagai orang indonesia bekerja demikian beratnya dibanding orang orang itu.(pekerjaan tidak fair).

Jadi,Hibachi Teppan (Koki Show), Pekerjaan ini umumnya memiliki pembayaran sampai $3000-$5000 perbulan ( Gila dong dibandingin kerja sama Bakrie cuma dapet $500 sebulan). Pekerjaan ini bukan untuk orang orang yang nga kuat sama panasnya pengorengan , karena hibachi chef kerjanya menjamu tamu , jagoan show memasak ( mesti belajar bagaimana cara memasak hibachi , biasanya nga semua orang bisa , butuh kemauan dan latihan). Hibachi show kalo sedang ramai bisa mesti masak sampe 20-30 kali sehari (biasanya kalo akhir pekan ).

**Walau pun sangat popular tapi ku banyak meliat kawan kawan ku yang memiliki ganggunan kesehatan karena bekerja jadi chef ini karena banyak menghisap asap dan pekerjaan fisik yang berat. Tapi demi anak istri , Warior Warior indonesia nga kalah , mereka banyak sekali yang sukses, memiliki rumah di sini , memiliki bisnis di indonesia dll.

Jadi, Pekerja (pabrik,farm,gudang) Pekerjaan ini di beberapa perusahaan nga membutuhkan surat apa apa di amerika tapi perusahaan umumnnya membutuhkan **surat izin mengemudi (karena jadi pekerja ini membutuhkan mengemudi kendaraan dan melakukan pekerjaan logistik). biasanya gaji $7.5-$12 sejam dan bekerja 5 hari tapi cuma hanya 40 jam seminggu , $1000-$2000. Pekerjaan ini biasanya mudah , tidak memelahkan , tapi ada beberapa perusahaan yang memang kejam ( kerja sangat berat) , biasanya kerja di farm dan pabrik.


**Surat izin mengemudi di amerika , SIM atau driver license amerika diberikan bagi orang orang yang sah datang keamerika dari indonesia, entah itu sebagai turis, pelajar , pekerja sementara. tapi surat izin mengemudi tidak berarti sah untuk bekerja di amerika terutama mendapatkan pekerjaan layak.

Pekerjaan pekerjaan lain diamerika , Jadi tukang bangunan $3000-$5000, walau tidak popular , banyak orang orang yang asal amerika selatan bekerja di bidang ini, Pekerjaannya sangat berat, beresiko tinggi.

Demikian lah sedikit cerita ku bagikan buat agan agan , mimpi mimpi dan angan angan mungkin bisa ku jelaskan sedikit. bagi yang perlu informasi tertentu silahkan menginbox. Bagi yang mau berpikir untuk terjun ke amerika ..... ingat lah ... Negeri ini bisa lebih kejam dari Ibu Tiri atau Penjara.***

*** Kalau berencana kabur alias "Undocummented" worker.

Love what you do , You dont feels like you working...

Foto asli dan cerita asli.
Polling
0 suara
Pengen nga bisa mengadu nasib ke amerika ?
Diubah oleh benparasian 05-11-2014 23:32
0
10.8K
7
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan