Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sm2098Avatar border
TS
sm2098
MENGAPA PNS DIBENCI DAN BUKAN MENJADI PILIHAN UNTUK BERKARIR




Profesi Pegawai Negeri Sipil (PNS) cukup diminati oleh masyarakat Indonesia. Meskipun harus mengikuti proses seleksi yang panjang, PNS tidak pernah sepi pendaftar setiap tahunnya, Ini terbukti pada beberapa waktu yang lalu ketika situs dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemenpan) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengalami masalah akibat membludaknya pendaftar CPNS yang mengaksesnya.
Daya tarik terbesar profesi seorang PNS adalah jaminan seumur hidup, mulai dari bekerja sampai pensiun. Artinya, seseorang sudah bisa mendapatkan gaji dan tunjangan sampai meninggal dunia, bahkan bisa diturunkan sampai ke anak.
Orangtua merupakan lingkungan pertama dimana anak –anak belajar tentang segala hal. Ketika orangtua menanamkan benih-benih harapan kelak anaknya menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS maka secara psikologis, benih itu juga akan terus bertumbuh dan termanifestasikan dalam mindset anak-anak hingga dewasa. Pemahaman bahwa PNS adalah jabatan yang menjanjikan untuk karir masa depan atau jaminan di hari tua menjadi sebuah kontruksi sosial yang terus terbangun dari satu generasi ke generasi berikutnya, apalagi ketika calon mertua agan mengharapkan agar memiliki menantu seorang PNS emoticon-Ngakak
Namun dibalik tingginya minat masyarakat untuk menjadi PNS ada pula sisi lain dari PNS yang tidak disukai bahkan dibenci oleh berbagai pihak,
Berikut ini adalah rangkuman beberapa alasan mengapa PNS atau menjadi PNS kurang disukai dan Alasan yang menjadikan PNS bukan merupakan salah satu pilihan karir, namun alasan yang ane ungkapkan disini hanyalah pandangan masyarakat umum dan sebaiknya tidak digeneralisasi bahwa seluruh PNS melakukan atau terlibat hal-hal seperti berikut, masih banyak kok PNS yang benar benar berdedikasi dan berkualitas. ane sendiri sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam sistem birokrasi kita, namun pemerintah kita sendiri saat ini tengah berbenah untuk mewujudkan pelayanan yang lebih baik.

  1. KINERJA YANG RENDAH
Spoiler for 1:


  1. TIDAK ADA TANTANGAN DALAM KARIRNYA
Spoiler for 2:


  1. (BUKAN) ABDI MASYARAKAT
Spoiler for 3:


  1. SISTEM REKRUTMEN YANG DILIPUTI MASALAH
Spoiler for 4:


  1. BANYAKNYA PNS YANG TERLIBAT MASALAH HUKUM
Spoiler for 5:


  1. PERJALANAN DINAS DISULAP JADI PERJALANAN WISATA
Spoiler for 6:


  1. BANYAKNYA PNS YANG GEMAR BOLOS
Spoiler for 7:


Menjadi abdi negara, sejatinya bukan pekerjaan yang mudah. Sampai kapan pun, abdi berarti menjadi pelayan masyarakat. Karena dari setiap waktu kerja, lembar kertas, data internet, daya listrik, dan setiap rupiah yang disia-siakan, disana ada tuntutan para pembayar pajak dan Tuhannya.
Melihat berbagai kenyataan dan permasalahan di atas sudah sepatutnya Indonesia melakukan peningkatan kinerja Pegawai Negeri Sipil-nya. Hal ini harus dilakukan untuk meningkatkan daya saing Negara Kesatuan Republik Indonesia baik dari segi pelaksanaan birokrasi pemerintahan maupun dari segi ekonomi, jika kita sebagai Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak mau terus menerus tertinggal dari Negara-negara di dunia bahkan di kawasan ASEAN sendiri. Peningkatan kinerja PNS bisa dilakukan dengan dimulai dari reformasi sistem seleksi calon pegawai negeri sipil sampai dengan pembinaan pegawai negeri sipil yang sudah bekerja di seluruh, kementerian, badan maupun dinas baik pusat maupun daerah di seluruh Republik Indonesia.
Dengan begitu diharapkan PNS akan lebih termotivasi dan bersemangat dalam bekerja. Apalagi jika digabungkan dengan tunjangan penghasilan yang besarannya berdasarkan kinerja. Tentunya akan lebih membangkitkan motivasi lagi untuk bekerja dengan giat. Sehingga sedikit demi sedikit akan menghilangkan berbagai stereotipe negatif PNS.
Sebagai penutup, ane tekankan sekali lagi bahwa berbagai alasan diatas hanyalah merupakan pandangan masyarakat awam mengenai PNS dan strereotipe negatif yang melingkupi mereka, bahwa yang terlibat dan melakukan hal-hal seperti diatas, ane yakin itu hanya sebagian kecil dari oknum-oknum yang membuat Institusinya menjadi tercela jadi janganlah digeneralisasi, masih banyak kok PNS yang berkualitas, berdedikasi tinggi, dan rela mengorbankan waktunya bersama keluarga demi tugas mereka.


Spoiler for sumber:


Spoiler for Komentar agan-agan:
Diubah oleh sm2098 17-09-2014 12:48
azidqi
azidqi memberi reputasi
1
13.6K
104
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan