Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

PawnStarAvatar border
TS
PawnStar
Pandangan Sejarawan Soal Obelisk dan Tanda-Tanda Freemasons di Jakarta
Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews



Jakarta - Ramai diperbincangkan publik di dunia maya, tugu berbentuk seperti obelisk di Monumen Proklamasi disebut-sebut sebagai penanda keberadaan Freemasonry di Indonesia.

Benarkah demikian?

"Sebenarnya tidak dipandang sesederhana itu kalau melihat bangunan. Kebanyakan orang tidak belajar sejarah, tapi langsung komentar soal sejarah. Ini kan ada pihak yang mencoba mengangkat kembali perdebatan tahun '80an," ujar Sejarawan JJ Rizal saat berbincang di Japan Foundation, Jl Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (15/9/2014) malam.

Menurut Rizal pada era '80an sempat muncul teori konspirasi tentang Freemasonry di Indonesia. Perdebatan itu belum selesai karena memang tak terbukti apa-apa.

"Kemudian muncul lagi efek dari novel The Da Vinci Code karya Dan Brown yang kemudian ada orang coba bikin versi Indonesia-nya. Misalnya seperti novel The Jacatra Secret itu. Mungkin saja ini dimunculkan untuk membingungkan publik," kata Rizal.


Pria gondrong ini pun meminta masyarakat untuk membaca banyak buku sejarah sebelum berkomentar. Karena menurut dia tanpa membaca buku maka pernyataan yang muncul tak bersumber dari referensi yang kuat.

"Dan ini juga malah memunculkan kesesatan berpikir," pungkas dia.



[URL="http://m.detik.com/news/read/2014/09/16/081558/2691231/10/pandangan-sejarawan-soal-obelisk-dan-tanda-tanda-freemasons-di-jakarta "][img]http://img1.wikia.nocookie.net/__cb20111117134828/asterix/images/e/e9/Obelix.gif[/img] [/URL]


Seperti yang biasa terjadi gampang termakan isu apalagi dipoles remason tambah panas emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin






Spoiler for Pagan-Lingga Yoni:



Quote:


Diubah oleh PawnStar 16-09-2014 13:54
0
9.9K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan