Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nesuindoAvatar border
TS
nesuindo
Fakta Penting Untuk Diketahui
Sudah banyak yang mengangkat Tema tentang Bahaya Radiasi HP disini, Tapi Rata - Rata dari sekian banyaknya Thread yang ada cuma hasil copy paste dari tempat lain tanpa pembelajaran lebih lanjut. terbukti dari beberapa TS yang ane tanya tidak bisa ngasih jawaban yang memuaskan, Ane juga ngak bermaksud menjelek - jelekan mereka, memang posisi kita disini cuma sebagai penyalur informasi. dan ane disini juga posisinya sama, penyalur informasi juga, bukan sebagai ilmuwan atau ahli kesehatan. Itulah alasan ane bikin thread ini, dan ane harap orang orang yang mempunyai pengetahuan lebih bisa ikut berbagi disini, agar kita semua bisa mendapatkan informasi yang benar, karena sudah waktunya kita mulai mengambil tindakan menanggapi maraknya pemakaian Ponsel dan Perangkat Nirkabel lainnya dilingkungan kita, terutama oleh anak -anak, yang sudah jelas bahwa anak - anak adalah pihak yang paling dirugikan oleh Radiasi tersebut. jangan sampai ketinggalan terlalu jauh dengan Negara lain.emoticon-I Love Indonesia (S)
Berikut Fakta Fakta yang perlu kita ketahui tentang Radiasi dari Ponsel dan Perangkat Nirkabel lainnya :
01. Hampir 90 % dari pengguna Ponsel tidak pernah membaca buku manual yang biasanya disertakan dalam kemasanya.
Spoiler for :

Padahal disitu sudah tertulis dengan jelas peringatan akan bahaya Radiasinya dan anjuran pemakaiaan yang lebih aman.
02. Hampir 90% dari masyarakat kita yang belum tau apa itu Radiasi dan dampak buruk yang bisa ditimbulkanya.
Spoiler for :

dan sebagian yang sudah tau tapi tidak peduli apalagi menyebarkan informasinya.
03. Radiasi dari Perangkat Nirkabel penyebab Kanker.
Spoiler for :

Rata - rata orang yang sudah tau tentang bahaya Radiasi adalah karena Radiasi menyebabkan Kanker, dan melupakan dampak buruk lainnya yang mungkin lebih berbahaya dari Kanker itu sendiri.
04. Radiasi dari Perangkat Nirkabel adalah sumber Stress.
Spoiler for :

Dan seperti yang sudah kita ketahui bahwa stress adalah sumber dari segala penyakit, dokter sekalipun akan menyarankan kepada pasiennya untuk menghilangkan stressnya sebelum menjalani pengobatan.
05. Radiasi lebih berbahaya daripada Tembakau ( Rokok ).
Spoiler for :

Alasanya adalah pertama karena Radiasi dapat menyebabkan stress, sedangkan rokok menimbulkan efek menenangkan, yang bisa mengurangi tingkat stress seseorang. kedua karena asap dari rokok bisa terlihat dan tercium aromanya, sedangkan Radiasi tidak terlihat ataupun tercium aromanya, tapi bisa menembus tembok tembok tebal. jadi intinya Asap rokok masih bisa dihindari oleh kita sedangkan tidak dengan Radiasi.
06.Menggunakan Earphone bisa mengurangi Radiasi.
Spoiler for :

Banyak informasi yang beredar yang menyatakan bahwa menggunakan Earphone bisa mengurangi Radiasi, alasanya karena Ponsel jadi jauh dari kepala. itu tidak sepenuhnya bisa dibenarkan, karena sumber Radiasi sendiri ada 2. Pertama dari Ponsel itu sendiri, kedua dari kabut Radiasi yang terbentuk karena komunikasi 2 arah antara Ponsel dan BTS, atau disebut ICRW ( Information Carrying Radio Waves ). pada kenyataanya malah Earphone tersebut berfungsi sebagai antena, sedangkan antena sendiri adalah alat yang berfungsi untuk memancarkan gelombang Elektromagnetik ( Radiasi ). Earphone yang bisa mengurangi paparan Radiasi adalah jenis Earphone khusus, yang memang di design khusus untuk mengurangi paparan Radiasi. dan itu juga cuma bisa mengurangi paparan Radiasi yang berasal dari Ponsel tersebut, bukan paparan dari ICRW.
07.Menggunakan Casing penahan Radiasi atau Sticker Anti Radiasi.
Spoiler for :

Banyak produsen dari Casing penahan Radiasi atau Stiker Anti Radiasi yang mengklaim bisa menurunkan Radiasi bahkan sampai 90 % . hal tersebut langsung dibantah oleh Industri Ponsel, Karena Radiasi tidak mungkin diturunkan tanpa menurunkan kwalitas penerimaan sinyal dari Perangkat tersebut. faktanya, dengan menggunakan alat penangkal Radiasi Ponsel dipaksa untuk untuk terus terhubung dengan jaringan dengan menggunakan daya yang lebih besar, alhasil Radiasi yang dihasilkan juga semakin besar, semakin besar daya yang dikeluarkan semakin besar pula Radiasi yang dihasilkan, ini kasusnya sama seperti saat Ponsel berada di tempat dengan sinyal penerimaan yang rendah. Gunakanlah pelindung badan bukan pelindung perangkat, dan pastikan pelindung yang anda pilih sudah bersertifikat dan teruji secara klinis. ingat prinsip dasar dari melindungi tidak pernah menghilangkan, seperti payung yang melindungi kita dari hujan, payung tidak pernah mengurangi hujan itu sendiri apalagi sampai menghilangkan.
08. Di Negara kita belum ada peraturan yang mengatur tentang pembatasan SAR (specific absorption rate ).
Spoiler for :

Masih ada pertanyaan tentang Fakta ini, apa memang belum ada atau sudah ada tapi belum diberlakukan, kenyataan yang terjadi adalah Ponsel atau perangkat Nirkabel lainnya bisa masuk dan beredar bebas di Negara kita tanpa mencantumkan kadar SAR mereka. selain itu pembangunan BTS yang sepertinya tidak memperhatikan lingkungan sekitar, sekarang banyak kita temukan pemancar pemancar yang dipasang di atap Masjid, Gereja, Hotel dan gedung - gedung lainnya, bahkan di sekolahan.
09. Ponsel tidak pernah diuji terlebih dahulu sebelum dijual ke pasaran.
Spoiler for :

Saat pertama kali Ponsel beredar di pasaran pada tahun 1983, mereka beredar dipasaran tanpa melalui pre-market test sebelumnya, kenapa hal itu bisa terjadi, bukankah semua perangkat yang berpotensi menimbulkan Radiasi harus melalui tahapan tes keselamatan sebelumnya?. hal ini terjadi karena Asumsi yang salah dari pemerintah terkait, mereka mengasumsikan bahwa Radiasi dari Ponsel sangat kecil, dan tidak menimbulkan efek pemanasan jaringan biologis, dan berdasarkan efek pemanasan jaringan tersebutlah terjadi pengecualian terhadap ponsel. lain halnya dengan Microwave oven, yang bisa menimbulkan efek pemanasan jaringan biologis, padahal kalau kita mau berpikir Microwave Oven dan technologi Nirkabel sekarang sama sama menggunakan frequensi 2.5 Ghz, perbedaanya cuma terletak pada Daya yang digunakan, Microwave Oven Rata2 menggunakan Daya sekitar 1000 Watt, sedangkan Ponsel antara 2 - 3 Watt, kalau paparan Radiasi dari Microwave Oven bisa mematangkan daging dalam waktu 15 Menit, Bagaimana dengan Radiasi Ponsel selama bertahun - tahun?. dan secara tidak langsung dan tanpa kita sadari, kita kita inilah sebagai pengguna Ponsel adalah sebagai bahan percobaan dari perangkat tersebut.emoticon-Ngakak
10. Radiasi Menyebabkan Kepikunan Dini.
Spoiler for :

Ini adalah dampak dari Radiasi yang paling bisa kita rasakan dan paling bisa kita lihat, saat seseorang menjadi pikun pasti orang lain pun bisa melihatnya, Radiasi dari Perangkat Nirkabel terbukti bisa menyebabkan kepikukan dini. Neuron yang secara biologis tidak akan menjadi pikun sampai seseorang memasuki usia 60an sekarang bisa terjadi saat seseorang berumur 30, bahkan sebelum itu ( Neuron adalah jenis tertentu dari sel yang khusus untuk menyimpan dan mengirimkan informasi. Neuron ditemukan dalam otak, batang otak dan sumsum tulang belakang serta sel-sel saraf yang mengirimkan informasi ke otot dan mengirim kembali informasi sensorik misalnya rangsangan sentuhan).
Sekarang ini banyak kita temukan anak - anak / remaja yang sudah mulai pikun diusia mereka yang masih sangat muda.
11. Kita tidak Bisa Bersembunyi dari Radiasi.
Spoiler for :

Sungguh hal yang mustahil buat kita untuk menghindari paparan Radiasi, terlebih bagi kita yang hidup di kota kota besar, dengan banyaknya pengguna Ponsel dan Perangkat Nirkabel lainnya disekitar kita, menjamurnya Wi-fi spot di tempat - tempat umum, dan makin banyaknya bangunan menara pemancar ( BTS ).
Asap rokok atau polusi lain masih bisa kita hindari, tapi tidak dengan Radiasi, bayangkan kalau tembok aja masih bisa ditembus oleh Radiasi, bagaimana dengan tubuh kita?
12. Kita Cenderung Lebih Fokus Terhadap Gadget Kita Dibanding Lingkungan Sekitar
Spoiler for :

Kalau yang ini bisa dibilang adalah dampak sosial dari maraknya penggunaan perangkat Nirkabel, banyak dari kita yang lebih asik dengan Gadget kita dibanding lingkungan sekitar kita, dan ini sudah melenceng dari tujuan atau fungsi alat bantu komunikasi, alat komunikasi harusnya adalah membuat yang jauh menjadi dekat dan yang sudah dekat menjadi semakin dekat lagi, bukan mendekatkan yang jauh tapi menjauhkan yang dekat, bagi orang tua pasti sering mengalami kejadian saat memanggil anaknya tapi tidak ada jawaban, bukan karena si anak tidak dengar tapi karena sedang asyik dengan gadgetnya, banyak kita saksikan di restauran atau tempat makan lain , duduk satu keluarga dalam satu meja tapi tidak saling berbicara, karena pada asik sendiri dengan gadgetnya, dan pasti banyak juga dari kita yang sudah mengalami kejadian dimana kita sedang berbicara kepada seseorang tapi seperti tidak di perhatikan karena yang bersangkutan sedang asik dengan gadgetnya.

SUMBER
Sebenarnya masih banyak Bahaya Radiasi dan hal hal yang belum diketahui oleh masyarakat kita, tapi mungkin untuk kali ini ane tulis ini aja dulu, nanti ane update lagi. Biar nanti yang lain yang lebih tahu banyak lagi bisa ikut ambil bagian disini untuk berbagi informasinya. Kalau ada yang mau bertanya - tanya juga silahkan, biar kita bisa sama-sama belajar. Mari mulai peduli dengan kesehatan kita, Kesehatan adalah anugerah yang harus kita syukuri dan kita jaga. emoticon-I Love Kaskus (S)
Diubah oleh nesuindo 10-09-2014 13:10
0
8.4K
130
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan