Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Indonesia_AsliAvatar border
TS
Indonesia_Asli
PLN: Krisis Listrik di Sumut Karena Pihak Swasta, Tapi Kami yang Dimaki
Jakarta -Krisis listrik sempat terjadi di wilayah Sumatera Bagian Utara yang menyebabkan mati lampu hampir setiap hari. Penyebab krisis listrik tersebut akibat pihak swasta atau kontraktor yang gagal menyelesaikan pembangunan pembangkit yang sudah direncanakan sejak 1998 dan 2005.

"Penyebab krisis listrik di Sumut penyebabnya sudah banyak yang tahu lah, karena ada PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas) di Belawan yang sampai sekarang belum dilepas Kejaksaan (disita), ada juga di masalah PLTU Labuhan Angin," kata Direktur Konstruksi dan Energi Terbarukan PLN Nasri Sebayang, ditemui di Kantor PLN Pusat, Rabu (13/8/2014).

Nasri mengungkapkan, walau PLTG Belawan dan PLTU Labuhan Angin terkendala, kondisi listrik di Sumut masih cukup jika 3 proyek PLTU di Sumatara Bagian Utara gagal dibangun.

"Ada 3 IPP (Independen Power Producers) atau kontraktor swasta yang gagal terbangun, yakni PLTU Sibolga A dan PLTU Sibolga B serta PLTU Pulau Tanjung. Kapasitas totalnya mencapai 600 MW," ungkapnya.

Narsi mengatakan, gagal terbangunnya 3 PLTU tersebut karena kontraktornya tidak punya uang, sehingga tidak mampu melanjutkan pembangunan.

"Gagal financing. Padahal 3 PLTU itu sudah mulai dibangun sejak 1998 dan 2005. Sebenarnya kalau itu selesai kita nggak punya masalah, karena tidak terbangun kita terpaksa bangun sendiri," ucapnya.

PLN seolah kena batunya karena krisis listrik disebabkan oleh pihak swasta, namaun PLN yang kerap disalahkan.

"Tapi ya sudahlah, masyarakat sudah menyalahkan kita, kita salah ya mau bagaimana lagi, walau sebenarnya swasta yang salah kita yang dimaki," tutupnya.

Sumber

Biar yang suka maki-maki disini dapet pencerahan dikit.....

info tambahan PLN sebenernya kebanyakan bergerak di distribusi. pembangkit tidak semua punya pln, cuma pembangkit yang masuk di indonesia power (anak perusahaan pln) yang dikuasai pln.

pembangkit yang masalah banyak yang warisan OJK (opa jusuf kala) dari proyek 10.000 MW tahap 1 yang dikondisikan cuma vendor china yang bisa menang. Sekarang OJK balik lagi, mudah-mudahan enggak merusak restrukturisasi yang dilakukan tim UKP4-nya SBY selama ini


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0
6.7K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan