Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tsunamizawaAvatar border
TS
tsunamizawa
Obor terang vs obor gelap
Merdeka.com - Bos Grup Jawa Pos, Dahlan Iskan , menyatakan bakal menyebar Tabloid Obor Rahmatan Lil Alamin di seluruh Jawa Timur. Tetapi, pemenang konvensi Partai Demokrat itu menyatakan bakal fokus mengirimkan surat kabar itu ke pesantren-pesantren yang terlanjur disebari Tabloid Obor Rakyat.

"Distribusi tentu mengikuti alur pesantren-pesantren yang terlanjur termakan yang Obor itu. Yang bukan rahmat. Tentu prioritasnya itu. Kita mau memberi pandangan. Terserah baca ini, ini, tapi permintaan jauh sekedar sasarannya," kata Dahlan kepada para pewarta di Hotel J.S. Luwansa, Jakarta, Jumat (27/6).

Menteri BUMN itu mengatakan belum tahu berapa banyak mesti mencetak surat kabar tandingan tersebut. Dia hanya bisa berharap bisa mengubah pandangan masyarakat di sisa waktu kampanye tinggal dua pekan terhadap calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo - Jusuf Kalla.

"Kita belum tahu persis angkanya berapa. Kita akan berusaha maksimal. Saya sendiri masih punya harapan, sisa dua minggu orang akan sadar mana informasi yang salah dan menjerumuskan," ujar Dahlan.

Seperti diberitakan, peluncuran tabloid ini dilaksanakan di Hotel J.S. Luwansa, di Jalan H.R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (27/6). Menurut Dahlan, penerbitan tabloid ini bukan sebagai bentuk serangan balik atas kampanye negatif terhadap calon presiden Joko Widodo (Jokowi). Tapi cuma sebatas memenuhi kewajiban memberikan informasi utuh.

"Kewajiban kita adalah menjelaskan kebenaran. Efektifnya kita serahkan Allah SWT. Kita wajib menjelaskan yang benar adalah benar," kata Dahlan kepada para pewarta.

Saat disinggung ihwal alasan pemilihan nama tabloid 'Obor Rahmatan Lil Alamin', Dahlan hanya menjelaskan sekadarnya. Menurut Menteri BUMN ini, tidak ada dasar khusus mengapa menamakan media baru ini hampir mirip dengan tabloid Obor Rakyat.

"Nama memang bisa apa saja, nama bisa sama. Bahwa obor yang ini bukan seperti yang sana," ujar Dahlan.

Dilihat pada kolom susunan redaksi, pihak penerbit tabloid Obor Rahmatan Lil Alamin adalah Padepokan Demi Indonesia. Lembaga itu adalah milik Dahlan. Dalam edisi pertama, tabloid ini dicetak setebal 32 halaman.

Lambang tabloid Obor Rahmatan Lil Alamin juga berbeda. Terdiri dari dua baris, di susunan huruf atas tersusun kata obor, tapi huruf o kedua dimodifikasi menjadi lambang berbentuk api obor dikelilingi tali. Sementara di bawahnya tertulis aksara Arab tanpa tanda, atau kerap disebut Arab gundul, dengan bacaan Rahmatan Lil Alamin. Semuanya berwarna hijau.

Alamat redaksinya tercatat ada tiga. Yakni di Jalan Hangtuah Raya nomor 59 Jakarta Selatan, Jalan Ketintang Baru III/91 Surabaya, dan Jalan Perjuangan nomor 9 Cirebon.

Dahlan mengatakan tidak masuk dalam struktur redaksi Tabloid Obor Rahmatan Lil Alamin. Tetapi dia menyumbang tulisan pada halaman 24 berjudul 'Biarlah Pak Jokowi tetap menjadi Pak Jokowi.'
0
1.9K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan