Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bang_ningAvatar border
TS
bang_ning
KARTU INDONESIA SEHAT VS BPJS
Sama dengan Kartu Jakarta Sehat [KJS], kali ini Jokowi mempromosikan Kartu Indonesia Sehat.



Thanks buat agan artblackensky yang sudah melakukan koreksi terhadap ane bahwa BPJS adalah nama badan penjamin, dan KIS adalah salah satu calon instrumen dari BPJS (sama dengan JKN instrument dari BPJD saat ini).

Saat ini sedang dikampanyekan BPJS JKN. Mungkin hampir mirip-mirip juga kali ya.



Trus bedanya dengan BPJS JKNapaan? Bukankah BPJS JKN bisa dimiliki semua orang (bukan PNS aja kayak ASKES). Apakah Kartu Indonesia Sehat akan jadi tandingan BPJS JKN? Mungkinkah BPJS JKN akan dibubarkan setelah pemerintah sudah bersusah payah mengeluarkan APBN untuk sosialisasi BPJS JKN.

Buat yang sudah tau program Kartu Indonesia Sehat [KIS] boleh bantu jelasin dong biar yang nggak tau jadi tau.


Apa kata mereka tentang KIS
Spoiler for Apa kata mereka tentang KIS:


Apapun itu jika untuk kepentingan rakyat, kita semua setuju. Namun sisi kritisnya mungkin perlu dipertimbangkan tentang pembengkakakn APBN untuk pembuatan KIS ketimbang optimalisasi dan penambahan fitur dari BPJS untuk JKN.

Ane mencoba membuat simulasi berapa besar APBN untuk produksi KIS.

RAPBN Kesehatan : Rp44.859,0 miliar
SUMBER: http://setkab.go.id/berita-9891-inil...apbn-2014.html

Jumlah Penduduk Miskin terkini: 28.550.000 jiwa
SUMBER: http://www.antaranews.com/berita/412...855-juta-orang

Asumsi alokasi APBN KIS:
Produksi Kartu @ Rp 5,000 x 28.550.000 jiwa = Rp 142.750.000.000

Bisa dibayangkan tidak, untuk produksi "KARTU"nya saja memakan biaya Rp 142.750.000.000. Belum lagi premi-premi yang harus dibayarkan pemerintah untuk KIS. Belum lagi biaya untuk melakukan sosialisasi (iklan di media, petugas yang harus turun ke daerah-daerah pedalaman yang tidak terjamah media). Sementara APBN 2014 Kegiatan Pembinaan, Pengembangan Pembiayaan dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan sebesar Rp19,900.000.000.000.

Ane berkesimpulan, harusnya KIS itu tidak perlu dibuat, namun semangat KIS harus dijadikan salah satu fitur di JKN agar masyarakat miskin juga menikmati fasilitas kesehatan dengan gratis.

Kali ini ane hanya mengajak agan-agan semua tetap kritis terhadap kebijakan dan visi-misi capres/cawapres agan. Pendukung yang cerdas adalah bukan pendukung yang fanatik sehingga memakan mentah-mentah semua apa yang dijanjikan, namun pendukung yang cerdas adalah pendukung yang turut memberikan poin-poin kritis agar visi dan misi capres/cawapresnya menjadi sempurna dan berguna bagi Nusa Bangsa.
Diubah oleh bang_ning 20-06-2014 09:25
0
10.5K
136
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan