Hi Gan,
ane cuma mau share aja nihh terutama yang ingin ane bahas adalah
mesin 4 tak atau 4 langkah..bukan 4 (tak tak tak tak)
alah gak jelas...
back to topic,..
jadi gini gan ane iseng iseng googling tentang cara kerja mesin motor..
ternyata lumayan panjang juga ya gan perjalanannya supaya motor bisa bergerak
nah sekarang ane mau share aja nih apa ilmu yang ane dapet
sekarang ini negara kita, dipenuhi motor motor keluaran baru yang notabene adalah motor 4 tak gan..
nah mungkin dari kita belum begitu paham..4 tak itu maksudnya apa dan gimana
sebelumnya coba simak video dibawah ini gan
nah untuk yang males buffer bsa ngeliat kesini gan
jadi yang dibilang 4 tak itu adalah mesin bekerja secara 4 tahap
yaitu :
Quote:
1.intake
langkah pertama adalah menghisap melalui piston dari karburator. Pasokan bahan bakar tidak cukup hanya dari semprotan karburator. Cara kerjanya adalah.
Piston pertama kali berada di posisi atas (atau disebut Titik Mati Atas). Lalu piston menghisap bahan bakar yang sudah disetting/dicampur antara bensin dan udara di karburator. Piston lalu mundur menghisap bahan bakar. Untuk membuka, diperlukan klep atau valve inlet yang akan membuka pada saat piston turun/menghisap ke arah bawah.
2. Kompresi
Langkah ini adalah lanjutan dari langkah intake. Setelah piston mencapai titik terbawah di tahapan intake, lalu valve intake tertutup, dan dilakukan proses kompresi. Yakni, bahan bakar yang sudah ada di ruang bakar dimampatkan. Ruangan sudah tertutup rapat karena kedua valve (intake dan exhaust) tertutup. Proses ini terus berjalan sampai langkah berikut yakni meledaknya busi di langkah ke 3.
3. Pembakaran
Tahap berikut adalah busi pada titik tertentu akan meledak setelah PISTON BERGERAK MENCAPAI TITIK MATI ATAS DAN MUNDUR BEBERAPA DERAJAT. Jadi, busi tidak meledak pada saat piston di titik paling atas (disebut titik 0 derajat), tetapi piston mundur dulu, baru meledak. Hal ini karena untuk menghindari adanya energi yang terbuang sia-sia karena pada saat piston di titik mati atas, masih ada energi laten (yang tersimpan akibat dorongan proses kompresi).
Setelah proses pembakaran, maka piston memiliki energi untuk mendorong crankshaft yang nantinya akan dialirkan melalui gearbox dan sproket, rantai, dan terakhir ke roda.
4. Pembuangan
Langkah terakhir ini dilakukan setelah pembakaran. Piston akibat pembakaran akan terdorong hingga ke titik yang paling bawah. Setelah itu, piston akan mendorong ke depan dan klep exhaust membuka sementara klep intake tertutup. Oleh karena itu, maka gas buang akan terdorong masuk ke lubang sambungan knalpot. jadi kita bisa membuang semua sisa gas buang akibat pembakaran. Dan setelah bersih kembali, lalu kita akan masuk lagi mengulangi langkah ke 1 lagi.
nah ya seperti itulah cara kerja sistem Sepeda Motor 4 Tak
nah lalu apa pendinginnya piston karen dia bekerja dan begitu panas?
nah pendinginnya piston adalah Oli gan..
mungkin ada thread yang sudah membahas oli,
tapi ane bakal kasih tau fungsinya secara garis besar ya gan :
Quote:
1. Mengendalikan Gesekan
Gesekan pada komponen-komponen yang bekerja pada sistem pelumasan akan menimbulkan panas, sehingga dapat memicu timbulnya keausan yang berlebih. Seperti diketahui, pelumas dapat bekerja dalam tiga daerah pelumasan, yaitu pelumasan batas, pelumasan selaput fluida, dan pelumasan hidrodinamika. Dimana viskositas merupakan sifat yang langsung memberi pengaruh pada gesekan. Semua bentuk panas yang timbul pada bantalan hasil gesekan harus dihilangkan pada saat sistem itu telah mencapai suhu operasi yang stabil.
2. Mengendalikan Suhu
Dalam mengendalikan suhu, sistem temperatur pelumas secara langsung menyesuaikan dan bereaksi pada suhu komponen yang memanas akibat bekerja satu sama lain. Ketika terjadi hubungan antara logam dengan logam, banyak panas yang diserap, sehingga pelumas berperan sangat penting membantu proses penyerapan panas dengan cara mentransfer permukaan yang mempunyai suhu tinggi dan memindahkannya ke media lain yang suhunya lebih rendah. Tugas ini memerlukan sirkulasi pelumas dalam jumlah banyak dan konstan.
3. Mengendalikan Korosi
Tingkat perlindungan korosi yang diberikan tergantung pada lingkungan di tempat permukaan logam yang dilumasi itu bekerja. Jika mesin itu bekerja di dalam ruangan dengan kondisi kelembaban yang rendah dan tidak ada kontaminasi dari bahan yang korosif, kemungkinan tidak terjadi korosi. Adanya kontaminasi yang korosif pada operasi mesin, membuat upaya mengendalikan korosi menjadi lebih sulit. Sehubungan dengan itu, pelumas yang digunakan dalam mesin harus memberi kemampuan perlindungan korosi dalam tingkat yang sangat tinggi. Yang perlu dipertimbangkan dalam mengatasi korosi pada mesin yang bekerja pada lingkungan yang korosif di udara terbuka adalah pengaruh kontaminasi terhadap sifat pelumas itu sendiri. Kemampuan pelumas untuk mengendalikan korosi adalah langsung berhubungan dengan ketebalan selaput pelumas yang tetap ada pada permukaan logam dan komposisi kimia pelumas. Bahan yang biasanya digunakan untuk aditif penghindar korosi adalah surfaktan.
4. Mengendalikan Keausan
Keausan yang terjadi pada sistem pelumasan disebabkan oleh 3 (tiga) hal, yaitu abrasi, korosi, dan kontak antara logam dengan logam. Keausan abrasi biasanya disebabkan oleh partikel padat yang masuk ke lokasi pelumas itu berada. Bentuk keauasan abrasi adalah torehan (scoring) dan garukan (starching). Keausan yang diakibatkan karena korosi umumnya disebabkan oleh produk oksidasi pelumas. Pemrosesan yang lebih sempurna dengan menambahkan aditif penghindar oksidasi dapat mengurangi terjadinya kerusakan pelumas. Keausan juga disebabkan oleh terjadinya kontak antara logam dan logam yang merupakan hasil rusaknya selaput pelumas. Singkatnya, sesuatu yang menyebabkan permukaan logam yang dilumasi saling mendekat sehingga terjadi kontak antara satu permukaan dengan permukaan lainnya menyebabkan timbulnya keausan.
5. Mengisolasi Listrik
Pada beberapa penggunaan khusus, pelumas dituntut untuk bersifat sebagai isolator listrik. Untuk tetap mendapatkan nilai isolasi maksimal, pelumas harus dijaga tetap bersih dan bebas air. Pelumas harus tidak mengandung aditif yang menimbulkan proses elektrolisis jika terkena sejumlah air.
6. Pembersih Kotoran
Pelumas disebut sebagai pembersih kotoran yang masuk di dalam sistem karena adanya partikel padat yang terperangkap diantara permukaan logam yang dilumasi. Hal ini benar-benar terjadi pada jenis mesin internal-combution, dimana aditif detergen-dispersan digunakan untuk melumatkan lumpur dan membawanya dari karter ke saringan yang dirancang untuk menepis partikel padat yang dapat menimbulkan keausan.
7. Memindahkan Tenaga
Salah satu peningkatan fungsi pelumas modern adalah media hidrolik. Peralatan otomatis pada kendaraan merupakan salah satu contoh meningkatnya kompleksitas persyaratan pelayanan pelumas. Pelumas ini menunjukan penggunaan terbesar fluida pemindah tenaga (power-transmission fluids), menjadi suatu kebutuhan yang utama untuk menggunakan pelumas yang baik, dan sifat-sifat hidrolik merupakan hal yang juga harus dipertimbangkan.
8. Membentuk Sekat
Minyak Pelumas sendiri bersifat sebagai sekat, yaitu pelumas yang tinggi viskositasnya akan berfungsi sebagai sekat dari celah yang lebih lebar. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mesin yang sudah tua menggunakan pelumas mesin yang memiliki viskositas lebih tinggi dari normalnya. Hal ini disebabkan jarak bebas atau clearance mesin tua lebih lebar dari mesin yang baru.
tambahan dari agan AkuSiapAkuSiap :
Quote:
Original Posted By AkuSiapAkuSiap►yang 2 tak gak dibahas juga gan ? sekalian deh
nambahin aja deh
PRINSIP KERJA MOTOR 2 TAK
Pada dasarnya motor 2 tak punya prinsip yang
SAMAdengan motor 4 tak...
bedanya adalah bila motor 4 tak / 4 stroke / 4 langkah punya 4 kali langkah dalam 1 kali kerja pembakaran maka motor 2 tak hanya punya 2 kali langkah
dalam motor 2 tak, langkah dari motor 4 tak berupa :
1. INTAKE dan KOMPRESI digabung menjadi satu langkah
2. BAKAR dan BUANG digabung menjadi satu langkah
sehingga saat piston (biasa disebut seher/seker) berada di TMA (titik mati atas) udara + bahan bakar masuk melalui katup inlet sehingga masuk ke ruang bakar + crankcase disitulah terjadi langkah INTAKE dan karena ada gaya akibat turunnya piston ke bawah (menuju /belum sampai TMB = Titik Mati Bawah) maka campuran udara + menuju ke atas piston akibat KOMPRESI
untuk langkah BAKAR dan BUANG sama seperti motor 4 tak hanya, saat Piston sampai di TMB maka terjadi langkah BAKAR dan BUANG, dan katup buang / exhaust port terbuka...
saat langkah BAKAR dan BUANG tidak sepenuhnya katup inlet (katup masuknya bahan bakar+udara tertutup) kadang terbuka sedikit sehingga menyebabkan motor 2 tak
LEBIH BOROS daripada motor 4 tak , namun dengan 2 langkah dalam 1 proses menyebabkan performa pada putaran bawah sangat baik,
itu aja tambahan dari saya , kalau kurang jelas bisa dipahami di GOOGLE atau gambar dibawah ini
sekian gan semoga bermanfaat yaa