dstudio.mcAvatar border
TS
dstudio.mc
NASIB WEB DEVELOPER INDONESIA
Hallo ALL Kaskuser......dah lama nih gw ga bikin thread....Oke sebenarnya sih ini adalah salah satu pengalaman yang gw sendiri lagi sementara alami dan secara pribadi gw ingin sharing disini...sapa tau bisa jadi bahan pemikiran teman-teman kaskuser yang mungkin punya nasib ama kayak gw...heheheh.

Gw adalah salah satu dari sekian banyak kaskuser yang memiliki keahlian di bidang Website Design & Development dan yang pasti banyak kaskuser yang mungkin mempunyai keahlian lebih expert dibandingkan gw....(mohon wejangannya...)

Ada beberapa hal yang ingin gw tanyain mengenai profesi website designer & developer yang selama ini mungkin banyak dari cari hidup dari keahlian ini.

1. Kalau sebagai freelancer kira-kira berapa sih rate yang harus kita tawarkan ?
2. Kalau sebagai karyawan, berapa sih gaji yang semestinya kita dapatkan ?


Karena menurut gw rate / gaji di Indonesia untuk profesi seperti ini bisa gw bilang agak rancuh. Mungkin untuk perusahaan yang bergerak dibidang ini bisa mengerti, tapi bagaimana dengan perusahaan yang bergerak dibidang usaha lain tapi membutuhkan tenaga website design & developer ?

Berikut ini adalah daftar penghasilan rata-rata per tahun di negara lain
Quote:


Melihat data di atas gw sih sedikit kaget and sedih. Koq di Indonesia gw ga bisa hasilih segitu yah ? hahahaa

Awalnya sih gw selalu menyalahkan para pengguna tenaga Website Designer & Developer. Karena menuru gw mereka ga pernah mengerti betapa berharganya keahlian tersebut. Jika diperhatikan hampir banyak jasa-jasa layanan pembuatan website yang sudah bergerak di Indonesia dengan harga yang cukup miring....(amat...)

Hampir sebagian besar jasa pembuatan website ditawarkan dengan harga rata-rata Rp 500.000 - Rp 3.000.000. Padahal ada beberapa dari developer yang menawarkan jasanya sampe bela-belain bikin custom CMS sendiri. Padahal penghasilan website designer yang menggunakan aplikasi OpenSource di luar Indonesia bisa mencapain $ 100.000/tahun. Bahkan parahnya lagi ada juga yang jualan jasa pembuatan website dengan harga SE-IKHLASNYA. Di tambah jualannya juga di kaskus pula. Jadi ga heran klo ada orang bilang kayak gini :

Quote:


Selain itu kemudahan mendapatkan informasi saat ini membuat para pengguna jasa mendapatkan referensi rate/harga jasa yang miring. Alhasil informasi tersebut menjadikan tolak ukur bagi pengguna jasa untuk menentukan berapa biaya rata-rata yang harus mereka keluarkan untuk membuat website. Impact-nya.....hasil yang gw terima berdasarkan pengalaman :

Quote:


Melihat hal seperti ini gw sendiri gw mau ngasih harga buat diri sendiri terlalu murah. Kalau di pikir-pikir, kenapa sih gw harus ngasih harga jasa pembuatan website agak mahal ?

1. Bayangin deh berapa banyak biaya yang kita keluarin untuk belajar hal seperti ini ? Mulai dari belajar desain pake photoshop, coding pake HTML, trus lagi mantepin pake PHP, ga lama keluar lagi bahasa program baru yang mau ga mau kita sebagai web developer harus pelajarin biar layanan kita selalu update.

2. Biaya operasional yang harus kita keluarkan selama mengerjakan website. Apalagi yang freelance...Banyak orang salah kaprah mengenai biaya operasional pembuat website..."kan cuman Hosting ama Domain doank. Selebihnya tinggal jasa mikirnya doank"...padahal dalam pengerjaan website kita butuh internet, komputer, belum lagi cemilan ama rokok kalo mo ditambahin dalam biaya operasional.

3. Belum lagi kalo untuk website developer senior biasanya sering dimintain pembuatan website dari scratch. Sebisa mungkin kita buat sebagus n semenarik mungkin. Bayangin deh....ide dari otak lu sendiri di kasih harga segitu.....mending gw jual diri sekalian....

Terus terang gw pribadi paling anti menawarkan jasa gw denga harga "murah" karena menurut gw Website Designer & Developer adalah jasa TENAGA AHLI n dimana-mana TENAGA AHLI = MAHAL

THE POINT IS ?
1. Web Designer & Developer adalah layanan yang menjual hasil dari otak kita sendiri. Otak itu bagian dari diri kita. Ga mungkin kita jual diri kita murah...apalagi sampe murahan. Walaupun Hanya bisa HTML sama CSS doank tapi kalo bisa membuat layout yang rapi kan ga gampang juga bikinnya. (apalagi coding nya pake notepad)

2. Gw puas curhat

3. Profesi Website Designer & Developer adalah profesi TENAGA AHLI.

untuk sementara itu ajah...mohon masukannya....ga sadar dah kemaleman....hahahahahha......mohon masukannya....
1
54.5K
267
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan