rino.nas.4everAvatar border
TS
rino.nas.4ever
Ooooo….Begini Toh Solusinya Kalau Saldo Kartu ATM Kena Potong/Debet 2 Kali?
Thread ini bukan merupakan thread pengaduan, bukan surat pembaca, bukan surat terbuka, tidak ada niat untuk mendiskreditkan pihak-pihak tertentu, thread ini murni pengalaman ane sendiri dan harapan ane adalah agar kaskuser semua bisa mengambil pelajaran dari pengalaman ane ini.
Agan yang punya pengalaman serupa silakan share di sini dan mudah2an bermanfaat bagi para warga KASKUS.


====================================
mohon di rate bintang 5 emoticon-Rate 5 Stardulu gan, agar banyak kaskuser yang tahu dan agar kaskuser yang mengalami kejadian kayak ane gak panik kalau rekening ATM nya kedebet 2 kali
=================================

trims buat agan-agan yang kasih ane 4 cendol dan 6 abu gosok:


========================================================
INTERMEZZO
Ane tinggal di perkampungan pinggiran Bintaro gan. Pada hari Jumat, tanggal 11 April 2014 setelah Sholat Jumat sekitar jam 13:30 ane mau belanja buat kebutuhan keluarga ane. Ane berangkat belanja ke Giant Ekstra CBD Bintaro, kalau agan tinggal di sekitaran Bintaro, Pondok Aren atau Serpong dan sekitarnya pasti tau lah Giant Ekstra ini, Giant Ekstra ini merupakan salah satu pusat belanja yang ada di wilayah sini, terletak di Jalan Raya Boulevard Bintaro Jaya sektor IX. Pusat belanja besar lainnya di daerah ini adalah Lotte Mart, Hari-Hari dan Bintaro Exchange Mall, keempatnya terletak pada satu garis jalan.
Nih penampakan Giant Ekstranya gan:



Ane berangkat pake motor ke situ gan, paling cuma 5 menit soalnya kan emang deket dari kontrakan ane. Masuk ke kawasan Giant Ekstra ambil karcis parkir dulu, trus ane cari celah kosong di parkiran buat naro motor ane. Setelah motor diparkir, ane masuk ke bangunan utama Giant Ekstranya yang terdiri dari 2 lantai, lantai 1 untuk parkiran mobil,tenant-tenant, playground, foodcourt dan ATM centre sedangkan Giant sendiri terletak di lantai 2 gan. Ane naik ke atas lantai 2 masuk ke Giant Ekstra, belanja beragam barang kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan buat anak ane gan. Skip….skip….ane selesai belanja nih.

Setelah belanja, ane ngantre untuk bayar di kasir, di sini kasirnya ada banyak gan, ada 26 kasir kalo ane gak salah itung tetapi gak semua kasir dibuka waktu ane ngantre, lanjutlah ane ngantre di depan antrean kasir nomor 26. Ada 2 orang di depan ane yang sedang menunggu juga pembayaran barang belanjaannya. Tibalah giliran ane, semua barang yang ane ambil satu persatu dibarcode oleh petugas kasir. Selesai barcode semua barang, ane liat pada display total belanjaan ane seharga Rp329.500 gan.
Ini struk total belanja ane:


MULAIMUNCUL MASALAH
Ane kasih kartu debet BRI ke mba kasirnya trus kartu debet BRI ane digesekin ke mesin EDC BCA, srettt… Trus mba kasirnya diam sejenak, bilang ke ane kalo mesin EDC nya kembali ke setting awal, kemudian mba nya mengibarkan bendera kecil berbentuk segitiga warna hijau (kayak bendera semapur waktu Pramuka kita dulu tetapi lebih kecil). Ane gak ngerti apa maksudnya. Kemudian 2 orang mba mba datang menghampiri kasir ini, salah satu dari mereka pencet-pencet mesin EDC-nya. Trus keluar deh struk dari EDC, tetapi kok atas nama orang lain ya dan total belanjanya juga beda tertera Rp215.000 padahal ane kan belanjanya Rp329.500 gan. Kata mba kasirnya ini “ini belum kedebet ya mas, saya debet lagi ya”, ane mengiyakan, tapi ngerasa aneh aja biasanya kan cuman sekali gesek. tapi okelah, I am fine. Kemudian kartu debet BRI ane digesek lagi untuk kedua kalinya ke mesin EDC yang sama. kali ini bener struknya keluar sesuai nilai belanjaan ane, ane tandatangani salah satu struk dari 2 printout struk dari mesin EDC . Pembayaran selesai. Struk dari mesin EDC ini tercetak tanggal 11 April 2014 pukul 15:23 sore.
Ini pict struk dari mesin EDC:


Ane ngerasa kok kayak ada yang ganjel di hati gan, ane langsung meluncur aja ke ATM Centrelantai 1 buat mastiin aja. Kalau di mesin ATM BRI kan bisa cetak struk mutasi rekening. Ane cetak tuh gan 5 mutasi terakhir lewat mesin ATM BRI di ATM centre tersebut. Ternyata dugaan hati ane benar, atas belanja yang barusan ane bayar kena debet/potong sebanyak 2 kali. Jadi seharusnya ane kena potong Rp329.500 sebesar nilai belanjaan ane tetapi malah kena potong Rp659.000. Nih hasil printscreen rekening e-banking BRI ane gan, perhatikan gan dari mesin EDC yang sama yakni CX430229 nilai nominal yang terdebet 2 kali persis sama sebesar Rp329.500.



Ane balik lagi ke lantai 2, ane samperin lah mba kasir nomor kassa 26 itu. Mba kasir tersebut minta tolong ke security untuk mengantarkan ane ke bagian pelayanan pengaduan. ane dianterin sama securityke pelayanan pengaduan. Ane dipertemukan oleh salah satu petugas yang berada di divisi frontline/pelayanan pengaduan sebut saja dengan Bapak S. Ane bercerita tentang transaksi belanja ane barusan yang kena debet sebanyak 2 kali untuk transaksi yang sama.

PROSES PENYELESAIAN
Awalnya ane minta kepada beliau bagaimana jika pengembalian selisih yang kena debet tersebut dalam bentuk uang tunai/cashback, namun ternyata menurut beliau atas kasus ane tidak bisa dilakukan cashback karena pembayaran belanja menggunakan jasa pihak ketiga a.k.a BCA. Trus ane minta juga bagaimana kalau ane belanja lagi dengan nilai sebesar selisih nominal yang kena potong tersebut yakni sebesar Rp329.500, ternyata jawaban beliau juga tidak bisa dibelanjakan. (yah emang lagi kurang bagus nasib ane hari ini gan).

Beliau minta ke ane bukti struk belanja ane, struk dari mesin EDC BCA dan kartu debet BRI ane. Kemudian beliau mengecek di komputernya dan membuat suatu surat mengenai pengaduan ane. Ane dipersilakan nunggu di tempat duduk tepat di depan pelayanan pengaduan, ane penasaran aja gan jadi ane tetap berdiri. Waktu udah nunjukin pukul 15:52 gan, karena capek berdiri selama setengah jam akhirnya ane duduk deh di bangku tunggu di depan pelayanan pengaduan itu.

Gak lama setelah ane duduk, beliau nyamperin ane dan kita berdua ngobrol. Satu-satunya solusi yang beliau tawarkan adalah pengaduan dari ane akan dibuatkan surat dari pihak Giant dan akan disampaikan secepatnya ke Bank BCA agar Bank BCA membatalkan salah satu dari transaksi yang kena debet 2 kali dan mengembalikan ke rekening ane. Beliau menyampaikan akan segera memproses pengaduan ane secepatnya. Kemudian beliau memberikan ke ane surat tembusan tersebut.
Ini pictnya gan:


AkhirnyaBeliau mewakili Giant Ekstra menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan ane belanja, beliau memberikan surat tersebut sebagai bukti atas penerimaan pengaduan ane.

ALTERNATIF PENYELESAIAN
Kemudian beliau menawarkan ke ane untuk menelepon pihak Bank BRI, siapa tau bisa dibantu saat itu juga. oh iya ane gak kepikiran, OK lah, gak salah dicoba kan, trus ane dipinjamkan sebuah telepon di salah satu loket kasir, beliau mengubungkan telepon tersebut ke customer service BRI. Setelah tersambung gagang telepon tersebut diserahkan ke ane. Ane berbicara dengan customer service bank BRI mengenai permasalahan ane tersebut. Seperti biasa sesuai SOP bank BRI, ane ditanya dulu mengenai identitas tentang nama lengkap ane, tanggal lahir ane, nama lahir ibu kandung ane, nomor rekening BRI, jenis tabungan, alamat tempat tinggal ane, trus di bank BRI mana ane buka rekening. Kemudian ane menceritakan masalah yang ane alami terkait transaksi ane tersebut, setelah itu ane diminta menunggu sebentar untuk dibuatkan laporan pengaduannya. Ane diberikan nomor komplain 58x34xx (7 digit angka). Customer service BRI kasih tau ane kalau pengaduan akan diselesaikan paling lambat 45 hari (empat puluh lima hari) kerja. Trus ane bilang, “kok lama banget ya mas?”, tapi ybs gak bilang apa-apa. Ya sudah lah mau diapain, minimal laporan pengaduan ane udah diterima oleh customer service BRI.

Setelah telepon ditutup, ane disamperin oleh bapak S lagi. Ane menceritakan kepada beliau apa yang ane bicarakan dengan customer service bank BRI barusan, beliau juga agak bingung karena menurut beliau untuk kasus yang serupa dengan ane bisa langsung dibatalkan salah satunya saat itu juga oleh bank (namun jika pakai debet Bank Mandiri katanya). Akhirnya beliau menjanjikan kepada ane untuk mengurus pengaduan ane dan meminta struk mutasi rekening hasi cetakan dari mesin ATM BRI dan salah satu salinan dari surat komplain ane. Beliau meminta nomor hape ane untuk dihubungi paling lambat hari kamis depan (tanggal 17 April 2014) jika pengaduan ane sudah beres dan selisih rekening ane yang terdebet kembali ke rekening ane.

HASIL AKHIR
Akhirnya ane hanya bisa menunggu bagaimana kejelasan nasib duit ane yg Rp329.500 itu gan?. Ane gak nyalahin siapa-siapa gan, mungkin memang nasib ane hari ini lagi kurang beruntung, Tapi masih Alhamdulillah saldo rekening ane masih ada gan, kalo misalnya kena kasus gini pas akhir bulan, ane bisa nangis2 gan. emoticon-Sorry

Oke gan, segitu dulu pengalaman ane, nanti jika ada perkembangan lebih lanjut akan ane update lagi.

UPDATE
1. Sampai dengan seminggu setelah kejadian a.k.a 18 April 2014, ane belum dihubungi oleh pihak GIANT EKSTRA sebagaimana yang dijanjikan sama Bapak S. Masih belum ada kejelasan tindak lanjut pengaduan ane tersebut.

2. Sampai dengan tanggal 5 Mei 2014 (24 hari sejak kejadian), kasus double charge ane belum mendapatkan titik terang juga gan. emoticon-Sorry

3. Tanggal 6 Mei 2014 pukul 14:30 ane belanja bulanan lagi sekalian menanyakan tindak lanjut komplain ane, menurut petugas Penerima pengaduan Giant sebut saja Ibu M, beliau mengkonfirmasi bahwa pengaduan ane sudah diteruskan ke pihak BCA dan pihak BCA sudah meneruskan ke BRI pada tanggal 15 April 2014 melalui fax. Ibu S menyarankan agar ane menelepon langsug ke customer service BRI.

4.Mengikuti saran Ibu M, maka ane menelepon customer BRI menanyakan kelanjutan proses komplain ane sebelumnya dengan tanda terima pengaduan online 58x34xx (7 digit angka). PIhak BRI memberi tahu bahwa paling lambat penyesaian kasus ane adalah tanggal 12 Mei 2014. emoticon-Sorry

5. Setelah menunggu hampir sebulan, akhirnya pada tanggal 9 Mei 2014, kasus double charge ane selesai, dan saldo dikembalikan ke rekening ane.


Demikian pengalaman ane gan dari awal sampe akhir proses penyelesaian saldo ATM debet yang terpotong sebanyak 2 kali.

========================================================


agan yang mengalami kejadian serupa dan nilai total uangnya (dalam rupiah):
iiewans= 2 x 12 juta di Crown Jakarta
jalan88 = 2 x 1,2 juta di Luar Negeri
princessfani34 = 2 x 400 ribu di Carrefour

========================================================
TIPS penting dari Ane:
1. PAHAMI JENIS MESIN EDC.
Ada mesin EDC dimana agan diminta untuk memasukkan nomor PIN setelah kartu ATM digesek namun ada juga yang tidak. Kebetulan Giant Ekstra tempat ane belanja ini pakai mesin EDC BCA tanpa diminta nomor PIN.
2. JAGA SIKAP SKEPTIS.
Skeptisme dalam hal tertentu itu penting. Jika agan penasaran karena kartu debet ATM agan digesek 2 kali segeralah ke ATM terdekat untuk mengecek mutasi rekening atau kalau agan bawa hape tinggal buka aja internet banking bank yang agan punya. Cek apakah terjadi pemotongan saldo lebih dari 1 kali atas transaksi belanja yang sama.
3. JANGAN PANIK / EMOSI emoticon-Marah
jika terjadi pemotongan saldo lebih dari satu kali atas transaksi belanja yang sama. Siapkan saja struk belanja dari kasir, struk dari mesin EDC dan struk dari mesin ATM saat agan mengecek mutasi rekening. Kemudian segera ke pelayanan pengaduan, ceritakan semua yang agan alami kepada petugas yang ditunjuk (frontline/customer care/pelayanan pengaduan, dll). Tanyakan bagaimana prosedur penyelesaian standarnya atas kasus yang terjadi. Tanyakan juga apakah bisa dilakukan cashback/pengembalian uang tunai atau dengan pembelian produk yang lain yang setara dengan nilai nominal kelebihan debet saat itu juga.
4. BUKTI HITAM DI ATAS PUTIH
mintakan juga hasil print atas pengaduan agan sebagai pegangan agan. Bukti ini penting jika penyelesaian pengaduan agan ternyata belum selesai padahal sudah melewati batas waktu yang tertera dalam surat tanda terima pengaduan yang agan terima.
======================================================
Demikian gan pengalaman dan tips dari ane. Mungkin agan-agan punya pengalaman serupa dengan ane, silakan komen di sini.
komentarpilihan TS:


Quote:

Quote:

Quote:


Quote:

Quote:


Quote:


Quote:



========================================================
Thread ini gakmungkin repost emoticon-Repost karena ini pengalaman ane sendiri, TS menerima dengan senang hati kalau agan bagi-bagi cendol emoticon-Blue Guy Cendol (L) .


Terima kasih buat agan-agan emoticon-Shakehand2 yang telah berkunjung ke semua Thread Ane sampe lebih 220.000 views sejak ane NGASKUS. emoticon-Matabelo

klik link berikut untuk melihat SIMdan KTP
Diubah oleh rino.nas.4ever 09-05-2014 13:44
0
241.6K
448
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan