Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cingcrutAvatar border
TS
cingcrut
Intaglio Printing : Mengenal Proses Pencetakan Uang Kertas (Banknotes)
Bismillah,

Btw, ini posting pertama ane gan, jadi maapin klo berantakanemoticon-Baby Boy

Langsung aje yuk....
Spoiler for Pemanasan:


INTAGLIO PRINTING

Intaglio Printing atau yang termasuk dalam keluarga cetak dalam adalah salah satu teknik cetak analog tertua yang masih digunakan sampai sekarang. Kenapa teknik ini bertahan sampai sekarang...? Karena kebutuhan atau standar keamanan dalam mencetak Banknotesatau gampangnya uang kertas lebih tinggi dari cetakan kertas lainnya. Pada uang kertas dibutuhkan beberapa security seperti
  • Tekstur
  • Micro Text
  • Depth (Kedalaman Tekstur)
  • Security Ink


Nah, requirement itu sampai sekarang nggak bisa dipenuhi oleh teknologi cetak konvensional modern seperti offset atau digital. Teknologi cetak Intaglio untuk mencetak banknotes atau uang kertas normalnya disebut Security Printing.

Cangkul lebih dalem yok gan...
Spoiler for :


PROSES DESAIN

Desain uang dari dulu berubah ubah. Tapi ada yang gak berubah, tekstur penyusun gambar yang seperti sketch atau tursiran pena.
Spoiler for proses gambar di dalam duit kertas:


Kalo jaman dulu ane yakin ngegambar duit pake pen dan manual abis. Tapi sekarang udah maju kemana mana... Software security printing udah bisa merampungkan desain uang kertas super rumit dengan lebih cepat dan tepat.

PROSES PRACETAK

Nah, dari sini, desain yang udah disesuaikan untuk uang kertas dijadikan master. Atau lebih terkenalnya disebut plate. Intaglio plate biasanya terbuat dari tembaga atau seng. Pada Intaglio plate ini gambar akan dipisah berdasarkan warna, tinta khusus dan banknote security system lainnya. Intaglio plate ini semacam lembaran tembaga atau seng yang digravir. Jadi cekung gitu gan. Klo bingung bayangin cetakan gulali atau kue lah. Kan ada bentuk dan tekstur gitu.
Spoiler for Intaglio Plate:

Di Intaglio Plate terjadi proses separasi warna dan pengaturan kedalaman tekstur (micro topography). Kalau dalam satu lembar uang ada 5 warna, ya ada 5 plate yang dipakai. Belom lagi security lainnya, bisa nambah lagi gan. Nah fitur micro topography ini yang bikin Agan bisa meraba dan merasakan kasar tidaknya permukaan cetakan. Makanya kalau ngecek duit asli apa nggak pake diraba. Karena tanpa proses Intaglio yang benar, cetakan nggak akan bisa nimbul.
Spoiler for Micro Topography:


PROSES CETAK

Nah disini nih paling ribet. Cetak intaglio termasuk cetak dalam. Dimana tinta yang ada didalam gravir intaglio plate ditransfer ke kertas. Nih mesin cetaknya gan, segede gaban
Spoiler for KBA Intaglio:

Mesin ini akan nyetak uang pada lembaran besar atau disebut plano. Kalau cetakannya dalam jumlah yang super besar, bisa menggunakan jumbo roll paper atau web system. Di mesin ini terletak unit unit yang bertugas nyetak warna, tinta uv filter, tinta tanda air dll. Setelah tercetak baru deh dipotongin sesuai ukuran duit sekarang dan di nomerin.
Spoiler for Potongan Duit:


Cetakan yang gagal atau reject harus dihancurin dengan cara di cacah alus. Ini prosedur standar security printing. Dan cacahan sampah duit ini gak dibuang sembarangan gan, ada bagian khusus buat pengamanan sampah security.
Spoiler for Sampah Duit:


Kira kira gitu deh proses pembuatan banknotes. Ohya, sebagai disclaimer, artikel ini bertujuan untuk sharing ilmu pengetahuan. Secara ane lulusan grafika gan. Jadi akrab sama teknologi ginian.

Gak menolak kritik dan apresiasi dari para senior dan sesepuh. emoticon-Blue Guy Cendol (L)


0
14.5K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan