kaitokid28Avatar border
TS
kaitokid28
DESKRIMINASI KEPADA PENGIDAP HEPATITIS B SAAT MENCARI KERJA
pertama-tama ane mohon maap kalo ane salah nulis atau salah tempat, maklum ane baru newbie. buat momod atau agan2 yang udah suhu dimari mohon koreksinya. sebelumnya ane udah nulis ini di surat pembaca tapi diblock. jadi ane nulis dimari aja.

buat agan2 yang mencari kerja, tetapi gagal saat tes medical check up, mungkin permasalahannya sesuai dengan judul ane diatas,

ane ingin share dulu kepada agan2 semua tentang pengalaman ane. ane seorang pengidap hepatitis B. lebih tepatnya Hepatitis B Carrier Inaktif. begitu keterangan dari dokter dan juga dari refernsi yang ane baca. (buat agan2 yang belum tau) dan ingin tau mungkin silahkan baca di link ini :
http://id.wikipedia.org/wiki/Hepatitis_B
http://www.news-medical.net/health/W...nesian%29.aspx
http://www.mhahs.org.au/index.php?op...d=2512&lang=en
http://www.google.com/url?sa=t&rct=j...45960087,d.bmk
atau silahkan dicari referensi nya di google biar lebih melengkapi dan bagi agan2 yang udah suhu buat masalah ni mohon tambahannya,

nah, yang jadi persoalannya bagi ane dan teman2 lain yang senasib sama ane adalah waktu melukakukan medical check up saat tes yang dilalui untuk mencari kerja. dan berdasarkan pengalaman ane, tes medical check up selalu diadakan di akhir2 seleksi. ane sendiri udah 4x gagal saat tes medical sheck up di 4 perusahaan BUMN yang berbeda. bahkan dari info yang ane dapat malah ada teman2 lain yang ngalami lebih dari apa yang ane alami.

masalahnya adalah, pengidap hepatitis B di indonesia termasuk tertinggi di dunia, dari data yang ane dapat (kalau salah mohon koreksi) sekitar 2 miliar orang diseluruh dunia pernah terjangkit ni virus. dan sekitar 350 juta orang adalah pengidap hepatitis carrier in aktif seperti ane. dan 10 juta orang diantaranya ada di indonesia. pengadaan imunisasi pertama (mohon koreksi kalau salah) yang dibagikan pemerintah gratis kepada masyarakat setau ane baru dari tahun 1996. dengan arti kata bagi yang lahir sebelum 1996 tidak ada imunisasi.
benar, kalau ada yang bilang sekarang imunisasi buat hepatits B sudah banyak dan murah harganya serta murah untuk mendapatkannya. namun apa dikata bagi yang seumuran ane (yang lahir tahun 80an) hendak berkata apa. sebab yang namanya virus HBSag (hepatitis B) itu bisa diturunkan dari ibu ke anak baik sewaktu mengandung maupun saat menyusui. dan sewaktu lahir gak dapat imunisasi sebab anak yang lahir dari ibu yang terdapat virus hepatitis B(termasuk yang carier inaktif) harus divaksin dari waktu 0-12 jam setelah dilahirkan dan bagi yang tidak harus menerima kenyataan menjadi seorang penderita hepatitis Carrier in aktif.

kembali kemasalah deskriminasinya, padahal pemerintah sendiri melalui Surat Edaran Dirjen Binawas Naker No. SE. 07/BW/1997 (Anjuran Larangan Uji Hepatitis B Untuk Seleksi Pekerja)
http://www.docstoc.com/docs/43474355...No-SE-07BW1997
telah meanjurkan kepada seluruh perusahaan untuk tidak melakukan pengujian serum HBSag sebagai alat seleksi pada pemeriksaan awal ataupun berkala. untuk lebih lengkapnya selahkan agan langsung ke TKP
http://www.docstoc.com/docs/43474355...No-SE-07BW1997

oleh karena itu lah ane berupaya untuk memperjuangkan menuntut keadlian bagi kita2 yang mengidap hepatitis B gan, karena banyak diantara kita yang udah putus asa, mau ngelamar kerja selalu ditolak. emang sebegitu hinakah kita yang dalam tubuh kita ini ada virus yang namanya hepatitis B tersebut. kalopun berbahaya dan menularkan mengapa ada perbedaan perhatian pemerintah buat yang mengidap (maap) TBC, ataupun HIV dimana ada pengobatan gratis dari pemerintah. padahal banyak diantara yang mengidap hepatitis B ini yang sebenarnya layak dari segi akademis maupun psikis untuk bekerja di perusahaan2 top. tapi kenyataannya malah ada pendiskriminasian yang dilakukan kepada para pengidap hepatitis B ini. yang membuat mereka putus asa untuk mencari kerja sehingga malah merusak psikis dari mereka sendiri.

jadi buat agan2 yang merasa senasib dengan apa yang saya rasakan, dan bagi agan2 yang tidak terkena hepatitis B tapi peduli akan apa yang dirasakan oleh saudara2 atau teman2 agan yang terkena virus ini. mari sama2 kita berjuang untuk mendapatkan kesempatan hidup yang sama di indonesia yang kita cintai ini.

dan juga bagi agan tersebut diatas, kalo ada yang punya kontak pihak2 yang rasanya bisa membantu atau pihak2 tempat menyampaikan suara dari kaum marjinal seperti saya ini mohon supaya mempostingnya atau di PM kepada saya. terima kasih buat agan2 semua.

mari kita berjuang bersama2 gan !!!
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
15.9K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan