sr.indonesiaAvatar border
TS
sr.indonesia
Tiga Kapal China Masuki Wilayah Jepang
emoticon-I Love KaskusSELAMAT DATANG emoticon-I Love Kaskus


Spoiler for Sebelumnya:


Kapal patroli China, Haijian No. 51 (kiri) berlayar di samping kapal patroli Jepang Ishigaki dekat Pulau Uotsuri di wilayah Kepulauan Senkaku (versi Jepang) dan Kepulauan Diaoyu (versi China), di Laut Cina Timur. REUTERS/Kyodo/Files

TEMPO.CO, Tokyo:Tiga kapal penjaga pantai milik China dilaporkan memasuki wilayah yang dikuasai Tokyo di Laut Cina Timur pada Minggu, 23 Februari 2014, pukul 09.00 waktu setempat (07.00 WIB). Hal ini kembali menjadi insiden terbaru dalam pertikaian wilayah kedua negara tersebut.

Dilaporkan laman Channel News Asia, kapal-kapal China memasuki perairan 12 mil laut lepas pantai dari kepulauan Senkaku. Kepulauan ini juga diklaim oleh China dan diberi nama Diaoyu. Menurut pernyataan penjaga pantai setempat, ketiganya meninggalkan daerah tersebut sekitar dua jam kemudian.

Dikutip dari Antara, dalam laman resmi Badan Kelautan Negara China dituliskan bahwa pada saat itu ketiga pesawat penjaga pantai China tersebut, yakni 2151, 2113, dan 2102, tengah berpatroli bersama di wilayah kepulauan Diaoyu, China.

Kapal dan pesawat China memang secara teratur mendekati wilayah kaya sumber daya alam tersebut setelah Jepang menasionalisasi beberapa pulau pada September 2012. Dari sinilah sengketa teritorial keduanya mulai semakin memanas.

Kekhawatiran konflik meningkat pada November ketika China memberlakukan zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) di atas Laut Cina Timur. China kemudian mengharuskan pesawat yang melintasi wilayah tersebut melapor kepadanya.

Sumber


Kala supremasi meninggi, membuat tinggi hati. Persetan dengan tetangga yang iri, yang penting bisa maju dan mandiri. Kira-kira kapan Indonesia bisa begini? Tidak dipermainkan oleh tetangga sendiri.


@sr.indonesia: EYD tepat dan komentar bermartabat!
Diubah oleh sr.indonesia 24-02-2014 17:49
0
3.6K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan