Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ClownfruitAvatar border
TS
Clownfruit
Hari Pers Nasional 2014 di Bengkulu
Hari Pers Nasional


Spoiler for Tugu Pers di Bengkulu:


BENGKULU, KOMPAS.com - Pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2014 resmi dibuka Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring di Bengkulu, Kamis (6/2/2014) malam, di lapangan sport center pantai panjang Bengkulu.

Ribuan masyarakat Bengkulu dan tamu undangan menghadiri pembukaan HPN itu. Tifatul mengatakan HPN tak sekadar kegiatan terkait pers tetapi juga punya peran lain di bidang ekonomi.

Tifatul menjelaskan pentingnya konektivitas antara Bengkulu, Jakarta, dan provinsi lain. "HPN momen penting bagi perbaikan ekonomi Bengkulu, melalu wartawan sebagai marketing yg datang dalam perayaan HPN," kata Tifatul.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Margiono mengatakan HPN ke-68 di Bengkulu sangat meriah. "HPN di Bengkulu sangat meriah dibanding beberapa kegiatan serupa di beberapa provinsi lain, Masyarakat pers merasa bangga dengan sambutan meriah di bengkulu," kata Margiono.

Pembukaan HPN berlangsung meriah dengan penyajian tarian daerah seperti tabut besanding dan tari berijo yang memiliki falsafah bertahan hidup. Adapun acara puncak HPN rencananya dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Untuk acara ini Hari Pers Nasional di kota bengkulu akan diadakan di Benteng Marlborough, untuk agan-agan yang belum tau benteng marlborough ni ane kasih fotonya

Spoiler for Benteng Marlborough:

Spoiler for Benteng Marlborough:

Spoiler for Benteng Marlborough:


Benteng Marlborough yang berusia 300 tahun di kota tersebut akan menjadi saksi peringatan HPN.

"Dengan mengambil lokasi di bentang tersebut, peringatan HPN 2014 akan menorehkan sejarah baru. Peringatan HPN 2014 bakal menjadi HPN pertama yang dihadiri presiden dan diselenggarakan di luar gedung," ujar Azwar Burhan, Ketua Panpelda HPN 2014 dalam rilis yang diterima detikcom, Rabu (18/12/2013).

Azwar mengatakan pemilihan Benteng Marlborough sebagai lokasi puncak peringatan dinilai sesuai dengan motto HPN 2014, yakni Pers Sehat Rakyat Berdaulat. Motto tersebut mengandung makna pers harus menjadi benteng yang kuat demi terciptanya masyarakat yang sejahtera dan demokratis.

Azwar juga mengungkapkan institusi unsur Musyawarah Pimpinan Daerah Provinsi Bengkulu, seperti Kantor Gubernur, Komando Resor Militer (Korem), dan Kepolisian Daerah (Polda), telah melakukan langkah-langkah persiapan dan penyiapan terkait dengan rencana tersebut.

“Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bengkulu akan menyiapkan kapal khusus untuk membersihkan pantai di sekitar benteng, terutama tempat pelepasan bibit penyu," tambah Azwar.

Pada Februari 2014 mendatang, benteng peninggalan Inggris itu akan berusia 300 tahun. Benteng Marlborough yang terletak di kawasan Pantai Paderi, Bengkulu, itu dibangun pada 1714. Pada papan nama banteng itu tertulis “The historical heritage the British Colonization in Bengkulu 1714-1741.”

Sebelum dijajah Belanda seperti wilayah Nusantara yang kemudian bernama Indonesia ini, Bengkulu sempat dijajah Inggris. Menurut kisah yang disampaikan petugas penjaga Benteng Marlborough, Bengkulu kemudian “ditukar guling” dengan wilayah New Amsterdam di Amerika yang setelah diambil alih oleh Inggris berubah nama menjadi New York pada 1665. Nama New York itu diberikan sebagai penghormatan terhadap Duke of York yang kemudian menjadi James II.

Benteng Marlborough dibangun oleh Hindia Belanda pada 1713-1719 pada masa kepemimpinan Gubernur Joseph Callet. Benteng ini dianggap sebagai benteng terkuat kedua milik Inggris di wilayah timur setelah benteng St. George di Madras, India. Nama Marlborough diberikan oleh pemerintah Inggris sebagai penghormatan terhadap John Churchil yang bergelar Duke of Marlborough I.

Terima kasih udah mau mampir gan
emoticon-Kissemoticon-Kiss emoticon-Kiss

Semoga Bermanfaat

Sumber : Kompas.com, Detik.com
0
1.2K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan