Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

LipsyncAvatar border
TS
Lipsync
Bu Risma Bawa Masalah Kebun Binatang Surabaya ke KPK


TEMPO.CO, Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan akan membawa masalah Kebun Binatang Surabaya ke Komisi Pemberantasan Korupsi. Laporan itu terkait "hilang"-nya ratusan satwa koleksi KBS semasa kepengurusan Tim Pengelola Sementara KBS.

“Ada 483 satwa yang ditukar. Saya mau laporkan itu ke KPK,” kata Risma kepada Tempo, Sabtu pekan lalu.

Risma menilai kebijakan pengelola lama KBS melakukan tukar-menukar satwa dengan barang maupun uang dinilai menjadi pemicu semakin memanasnya konflik di KBS. Overpopulasi di KBS menjadi alasan penukaran satwa-satwa tersebut. Namun, Risma menduga itu dilakukan untuk kepentingan pribadi atau golongan.

Saat ini, menurut Risma, pihaknya sedang mengumpulkan data lebih lengkap mengenai satwa yang "hilang" yang terjadi sebelum pengambilalihan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Sejak mengambil alih KBS dari Tim Pengelola Sementara pada Juli lalu, Risma langsung menghentikan semua kontrak pertukaran satwa yang dibuat pengelola sebelumnya. Dia mengatakan sangat serius menempuh jalur hukum agar pengelolaan KBS menjadi lebih baik.

Tercatat pada awal Juni 2013, sebanyak 49 satwa KBS dipindahkan ke Taman Satwa Mirah Fantasia, Banyuwangi. Kompensasi yang didapat KBS berupa dana sebanyak Rp 640 juta sebagai pengganti biaya angkut jerapah jantan yang diperoleh KBS dari Kebun Binatang Berlin.

Selain itu, pada 28 Juni 2013, ada 39 satwa KBS ditukar dengan kendaraan operasional. Penukaran itu dilakukan dengan pihak lembaga konservasi Lembah Hijau yang berada di Bandar Lampung. Kompensasi penukaran berupa mobil Innova bekas dan motor sebagai kendaraan operasional KBS. ”Kan, enggak boleh satwa ditukar dengan mobil atau motor. Satwa hanya boleh ditukar dengan satwa,” ujar Risma.

http://www.tempo.co/read/news/2014/0...lah-KBS-ke-KPK

Kirain selama ini ibu ini cuek2 aja terhadap masalah KBS emoticon-Matabelo
Diubah oleh Lipsync 15-01-2014 14:07
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
6.3K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan