Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Gendut_79Avatar border
TS
Gendut_79
Kesalahan mendasar agan dalam pemilihan tabung gas saat pembelian isi ulang

Selalu harus diperhatikan agan dalam penggunaan tabung gas ukuran 3 Kg atau 12 Kg :

1. Tabung yang layak digunakan bukan berdasarkan fisik luar / cat yang masih bagus, melainkan adalah tabung yang belum kadaluarsa. Agan bisa cek pada samping tabung tertera 4 digit angka berwarna putih. Contoh : 10-15, maka diartikan tabung masih layak digunakan hingga bulan Oktober tahun 2015.

2. Tabung gas bocor tidak dapat dilihat dengan kasat mata, jadi bilamana saat penggantian tabung terdapati bau gas, maka segeralah lumuri tabung menggunakan air sabun, bilamana air tersebut menggelembung, berarti tabung mengalami kebocoran. Segeralah agan melapor / mengembalikan tabung tersebut ke agen / penjual gas dimana anda membelinya.

Ingat agan semua: Untuk tabung ukuran 3 kg anda bisa cek kebocoran dengan merendamnya ke dalam bak air ataupun ember yang besar.

3. Perbedaan tabung asli dan palsu juga mudah sekali dilihat dari segi fisik. Tabung palsu terbuat dari bahan 'galvanis' dan tidak berkarat, catnya kelihatan cerah namun mudah mengelupas. Melainkan tabung asli terbuat dari bahan 'baja' dan cenderung berkarat, meskipun catnya tidak sangat cerah, tabung asli memiliki cat yang melekat kuat.

4. Tanda lingkar berwarna 'merah' pada bagian atas tabung merupakan tanda peringatan bahwa sekitar lingkaran merah adalah merupakan titik rawan tabung. Maka :


a. Jangan terlalu dekat dengan titik api, panjang selang adalah jarak ideal untuk mengatur jarak kompor dengan tabung.
b. Karena bahan tabung termasuk konduktor, maka jauhkan dari sumber listrik. (Paling tidak berjarak 1 meter dari saklar / stop kontak listrik).
c. Leher tabung tempat memasang regulator hanyalah sambungan drat. Maka, jangan sampai terkena benturan keras, dan jangan terdapati tekanan / beban yang berat.
d. Letakkan tabung gas pada tempat yang mempunyai sirkulasi udara yang cukup. Juga berikan alas di bagian bawah tabung untuk mengindari proses pendinginan akibat kontak langsung dengan lantai.
e. Pada saat membuka segel, periksalah selalu "karet seal / rubber shield" atau "klep" dalam leher tabung sebelum memasang regulator. Jika karet seal tersebut pecah alias getas, agan harus mengganti yang baru.

0
1.9K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan