bpbioAvatar border
TS
bpbio
BEBERAPA TIPS BERMANFAAT UNTUK MEMPERPANJANG UMUR BATERAI LAPTOP AGAN
Baterai laptop itu sebenarnya kayak kita juga gan, seperti manusia baterai laptop agan-agan sekalian suatu saat pasti akan dating ajal nya emoticon-Big Grin, a.k.a Mati gan atau bisa dibilang rusak, tapi walaupun nantinya batrai laptop kita pasti mati gan ada beberapa tips untuk memperpanjang umur laptop agan agar bisa bertahan selama mungkin, so cekidot gan:

  • Jangan pernah memakai laptop sampai baterai nya benar-benar kosong!
    Mungkin kalau sekali dua kali kita ngelakuin ini gak bakal apa-apa gan, tapi efek kumulatif dari itu akan mempersingkat umur baterai laptop kita gan (ada pengecualian untuk hal ini, nanti akan ane jelasin dibawah gan).
    Nah tapi untungnya ni gan, kita nggak bisa ngelakuin ini, karena sebagian besar laptop keluaran baru udah diruncang untuk mati secara otomatis sebelum baterainya bener-bener habis!
    Kalau agan mau mengatur sendiri di level berapa persen nantinya baterai agan akan mati, agan bisa atur di power option gan, khusus buat pengguna windows ya gan.
    Mitos (jangan mengisi batrai sampai penuh, maksudnya sampai level 100%)
    Ada banyak kontroversi tentang hal ini, namun ts sendiri berpendapat mengisi baterai sampai penuh tidak ada salahnya, bahkan itu akan membantu kita disaat kita nggak bisa nyolok lansung ke listrik gan.


  • Jaga agar laptop agan selalu dingin
    Kalau agan lagi gunain laptop ni, pastikan agan nggak ngeblokir atau nutupin ventilasi laptop agan, jangan kerja dengan menarok laptop di atas bantal atau kasur, bahaya gan.
    Nah khusus buat ini juga agan-agan harus rajin-rajin ngebersihin ventilasi laptop agan, biasanya di toko-toko komputer banyak yang nyedian alat buat ngebersihin nya gan!


  • Berikan baterai laptop agan waktu untuk istirahat.
    Jika misalnya agan-agan akan bekerja terus menerus di depan colokan listrik selama seminggu atau lebih ada baiknya baterai laptop agan di lepas, kalau nggak agan lepas, kasian kan baterainya di cas lalu di pakai, lalu di cas lagi, secara terus menerus.
    Tapi ingat gan ketika agan melepaskan batrai untuk jangka waktu yang lama agan harus mastiin kalau baterai agan masih terisi daya, senggak nya setengah nya, karena kalau kelamaan kita lepas dan daya nya tiba-tiba abis diwaktu itu kan nggak baik juga gan, seperti di jelasin di poin satu.
    Satu lagi gan, jangan pernah ngeluarin dan memasukin baterai laptop dalam keadaan laptop lagi menyala atau dalam mode sleep (tidur), itu bisa merusak system atau bahkan hardware agan, sebaliknya agan ngelepas atau masang batrai ketika laptop agan dalam kondisi mati atau seenggak nya hibernate


  • Atur kecerahan layar agan
    Lampu di layar menggunakan banyak power gan, jadi sebisa mungkin cahaya nya nggak usah terlalu terang, toh terlalu terang juga bikin mata kita sakit saat ngaskus gan emoticon-Big Grin


  • Mati-in hardware yang nggak dibutuhin
    Matin Bluetooth agan, dan kalau nggak ngegunain internet sebaiknya penerima sinyal wifi agan juga dimatiin, dan juga kalau di tempat umum speaker nya di matiin aja gan, biar menghemat baterai dan juga biar nggak bikin jengkel orang di sekeliling


  • Hindari multitasking gan.
    Sama seperti manusia, multi tasking akan sangat memberatkan baterai kita gan.


  • Hindari multimedia,
    Kalau agan ada pengen nonton film, atau mengedit video, kalau itu nggak mendesak sebaiknya agan lakukan kalau udah nyambung ke listrik lansung gan.


  • Pandai-pandai memilih kapan ketika laptop harus di “tidur” kan, atau masuk ke dalam mode hibernasi gan

  • Menambah RAM juga berarti menghemat baterai gan


Ok gan, sekian tips dari ane gan, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua gan emoticon-Big Grin, salam sukses gan!
0
2K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan