adiocAvatar border
TS
adioc
[Review] Graphic Card MSI AMD Radeon R7750 1GB DDR5 OC Edition
[Review Graphic Card MSI AMD Radeon R7750 1GB DDR5 OC Edition]



Graphic card R7750 dengan chip Cape Verde dari AMD Radeon ini berasal dari brand MSI yang diperuntukkan untuk gamer entry level. Versi kali ini merupakan OC Edition yang memiliki spesifikasi diatas standar, yaitu memiliki clock 830 MHz, 30 MHz lebih tinggi dari clock standard 7750. Dengan harga kurang lebih 1 jutaan rupiah, graphic card ini memiliki potensi menjadi "Raja" dikelasnya berdasarkan spesifikasi yang diusung.



Spesifikasi
Nama : R7750 OC Edition
Brand : MSI
Chip : Cape Verde AMD Radeon
Core Clock : 830 MHz
Memory Clock : 1125 MHz
Kapasitas Memory : 1 GB DDR5
Bus Width : 128 Bit
Output : DVI, D-Sub, HDMI
Interface : PCI E 3.0x16
Fitur : Directx 11.1 / SM 5.0 , eyefinity, crossfire
Paket penjualan : Graphic card, Converter DVI to VGA, CD Driver & utility, Kartu Garansi, User Guide
Distributor : Alfa Artha Andhaya

Kemasan & Isi
Box dari MSI ini berukuran standard dengan warna dominan biru putih. dalam paket penjualan turut disertakan converter DVI to VGA bagi pengguna yang masih membutuhkan output analog VGA. disertakan pula cd driver & utility yang juga berisi software MSI AfterBurner yang dapat digunakan untuk mengoverclock Graphic card ini sehingga performa yang diperoleh lebih tinggi.



Disain
Radeon 7750 dari MSI kali ini menggunakan pcb berwarna hitam. dilengkapi dengan heatsink yang menutupi hampir sebagian besar bodi ditambah dua buah fan dengan ukuran sedang. saat dipasang, graphic card ini membutuhkan 2 slot backpanel casing. graphic card ini memiliki 3 port output, yaitu DVI, HDMI, dan juga D-Sub. R7750 kali ini berbeda dengan versi power edition karena tidak terdapat pin tambahan daya, sehingga membuat graphic card ini menjadi lebih hemat energi. secara keseluruhan, graphic card ini memiliki disain yang cukup simple namun masih terlihat menarik.



Pengujian
R7750 menggunakan chip Cape Verde dengan teknologi fabrikasi 28nm. Memiliki fitur terbaru dari AMD termasuk directx 11.1, eyefinity, dan juga support crossfire. Dilakukan pengujian graphic card dengan menggunakan software 3D benchmark dan juga game benchmark untuk mengetahui performa dalam menjalankan software 3d maupun game. pengujian dijalankan pada dua kondisi, yaitu secara default dan juga dengan kondisi graphic card teroverclock sehingga dapat diketahui pula potensi overclock dan juga margin peningkatan performa. Overclocking dilakukan dengan menggunakan software MSI After Burner yang disertakan dalam paket penjualan dengan menaikkan core clock serta memory clock menjadi masing-masing 870 MHz dan 1200 MHz.



Dari hasil pengujian yang diperoleh, graphic card ini terbukti dapat menjalankan game-game terbaru pada resolusi 1366x768 dengan settingan terbaik secara lancar. FPS yang didapatkan diatas 35 menunjukkan graphic card ini dapat memainkan game yang cukup berat dengan settingan rata kanan dengan lancar pada resolusi layar menengah. jika anda menginginkan resolusi yang lebih tinggi, agar lebih playable maka anda harus mengorbankan ditail kualitas gambar menjadi mid-high. Dengan overclock ringan, anda masih dapat menaikkan performa sekitar 8% berdasarkan score pada benchmark 3D.

Kesimpulan
Graphic card R7750 ini merupakan merupakan graphic card terbaik dikelasnya. Anda dapat memainkan sebagian besar game-game terbaru dengan setting high pada resolusi 1366x768 dengan sangat lancar. Memiliki semua fitur yang ada pada AMD Radeon 7xxx series, serta tidak membutuhkan tambahan daya dari power supply, membuat graphic card ini menjadi pilihan terbaik bagi gamer entry level.

Rating
4/5

+ Performa memuaskan
+ Fitur yang lengkap, hemat energi.

Bagi yang mau nyumbang
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) ane persilakan emoticon-Ngakak
Diubah oleh adioc 13-11-2013 04:40
0
7.3K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan