Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jajang100Avatar border
TS
jajang100
Ini Alasan Disdik Jakarta Tak Pidanakan 36 Pelajar Pembajak Kopaja
Jakarta - Pihak SMAN 46 memilih jalan untuk mengeluarkan dan memindahkan 36 pelajar yang diduga melakukan pembajakan Kopaja 615 Jurusan Lebak Bulus Tanah Abang, 17 Oktober lalu. Pihak sekolah dan orangtua di hadapan petugas kepolisian, sepakat untuk tidak membawa kasus tersebut ke ranah hukum.

"Ada kesepakatan antara sekolah, orangtua, dan kepolisian, agar kasus tersebut tidak dibawa ke ranah hukum, tapi dibawa dan dikembalikan ke ranah pendidikan serta dihadapkan ke peraturan sekolah," kata Kadis Pendidikan DKI, Taufik Yudi Mulyanto saat dihubungi detikcom, Jumat (15/11/2013).

Kesepakatan itu adalah mengembalikan para pelajar ke orangtua karena perbuatan yang dinilai sudah melewati batas aturan yang diterapkan SMAN 46.

"Dan itu sudah mereka ketahui, tandatangani ketika awal para pelajar masuk sekolah. Bahwa bila mereka melanggar ketentuan seperti yang diberlakukan maka pihak sekolah akan mengembalikan pelajar tersebut ke orangtua mereka," tegas Taufik.

Namun, Taufik melanjutkan, pihaknya tidak lepas tangan begitu saja. Pihak sekolah memberikan beberapa daftar sekolah yang direkomendasikan bagi para pelajar tersebut.

"Satu sekolah ada empat hingga lima anak. Dan sekolah tersebut tidak boleh menolah kelangsungan belajar anak-anak tersebut," ujarnya.

Alasan lain tidak mempidanakan para pelajar yang membajak bus tersebut adalah, karena bila dihadapkan pada proses hukum, maka anak-anak tersebut akan terganggu proses belajar-mengajarnya.

"Mereka nanti diperiksa, bolak-balik kantor polisi, belum lagi menghadapi sidang, kan kasihan kalau sampai seperti itu. Sementara mereka berkewajiban untuk belajar," jelas Taufik.

Berkaca dari kasus ini, Taufik mengimbau peran orangtua dalam membangun komunikasi di rumah dapat membantu kualitas belajar si anak. Dia juga mengimbau para orangtua dapat membangun sinergi komunikasi dengan sekolah dalam memantau perkembangan anak.

[url]http://news.detik..com/read/2013/11/16/064134/2414735/10/ini-alasan-disdik-jakarta-tak-pidanakan-36-pelajar-pembajak-kopaja?n991102605[/url]
0
3.5K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan