Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kacaindonesiaAvatar border
TS
kacaindonesia
"Sampai Kapan pun Jakarta akan Tetap Banjir"
JAKARTA - Wilayah DKI Jakarta memang tak pernah luput dari bencana banjir tiap tahunnya. Berbagai upaya Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi terus dilakukan untuk mengatasi bencana itu namun hingga kini belum berbuah manis.

Pengamat perkotaan Yayat Supriatna mengatakan, sebetulnya kondisi Jakarta sudah sangat parah, dan akan terus terkena banjir. Pasalnya, lahan di Ibu Kota sudah tidak bisa lagi menampung limpahan air yang berdatangan dari berbagai daerah.

"Sampai kapan pun Jakarta ini akan terus banjir, karena dengan sistem drainase yang sudah rusak dan sempit, sedangkan air limpahan semakin banyak. Wilayah resapan air yang kurang, disebabkan kepadatan bangunan yang semakin tinggi, dan penyebab lainnya," katanya kepada Okezone, Kamis (14/11/2013).

Akibatnya, Jakarta mengalami kekurangan wilayah resapan air. Kemudian, kawasan Jakarta yang merupakan dataran rendah juga menjadi salah satu penyebab lainnya yang mengakibatkan selalu ditimpa banjir.

"Lihat saja bila curah hujan mencapai 500 liter per detiknya Jakarta sudah terendam, ini membuktikan kalau Jakarta memang sudah sangat rentan dengan banjir," tukasnya.

Buntut yang menambah kesengsaraan karena banjir yakni, sambung Yayat, adalah kemacetan, di mana ada banjir selalu berdampak pada kemacetan. Ini menjadi sesuatu yang selalu berdampingan dan menjadi double impact.

Kendati demikian, Yayat menilai upaya yang dilakukan pemerintah itu akan semakin sia-sia bila tidak mendapat dukungan dari masyarakat. Pasalnya, salah satu penyebab banjir adalah perilaku dari masyarakat yang mendirikan bangunan di sembarang tempat, misal di atas daerah resapan air, membuang sampah sembarangan, bahkan sekarang ini marak pendirian bangunan dengan membuat sistem drainase sendiri yang hanya untuk mengantisipasi banjir di kawasan tertentu dan melimpahkan air ke kawasan lain.

"Ini sering terlihat pada pembangunan kompleks perumahan, dan dibuat dengan mengabaikan aspek lingkungan sekitarnya. Jadi harusnya perbanyaklah gerakan membuat sumur resapan, karena Jakarta ini kashian dan kashian juga gubernurnya, dia ini menerima pekerjaan sisa masa lalu dan dia harus menanggung perbuatan kita secara bersama-sama. Sedangkan kita belum melihat perhatian dan kepedulian masyarakat," tandasnya.
sumber

wahh..sepertinya memang sulit untuk maslah banjir ini diselesaikan. karna sangat jarang ditemukan daerah yang dapat menyerap air melihat kondisi penduduk juga yang sangat banyak sehingga banyak daerah digunakan untuk pemukiman penduduk. emoticon-Malu (S)
gimana kira-kira pendapat agan-agan semua melihat hal ini?? emoticon-Bingung (S)
Diubah oleh kacaindonesia 14-11-2013 03:39
0
2.6K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan