Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fifjunAvatar border
TS
fifjun
Merasa kena tipu, diminta sumbangan untuk pembangunan masjid?
Tulisan pertama ane (newbie) gan, maaf kalu salah tempat.
Cuma mau sharing dan curhat aja, ini cerita nyata yang ane alami, dan sampai saat ini ane masih bingung


Ane tinggal di salah satu perumahan di daerah Bogor sejak awal tahun ini sekitar bulan januari 2013. Dari awal pindahan baru aja pindahan malah, udah ada yang nyamperin dari petugas pencari dana untuk pembangunan masjid,

Pertama pas ane baru pindahan, di datengi petugas pencari dana dengan membawa surat permohonan, ane lihat Surat itu untuk pembangunan sebuah masjid ane lupa nama masjidnya, katanya dari kampong sebelah (di luar komplek perumahan), di suratnya itu ada daftar para donator dan ditulisnya daftar yang ngasih itu ada yang ngasih Rp 100rb, miniman Rp 50rb. Pikirku biasa aja namanya juga buat bangun masjid pada pengen nyari amal yang gede. Ane kasih juga tu segitu juga.

Kedua Bulan berikutnya ada yang datang lagi, petugas pencari dana masjid. Sambil bawa surat dan daftar pemberi donator, biasa catatanya pada ngasih 50rb-100rb

Ketiga selisih sebulan lagi, pas ane gak dirumah tapi istri ane yang dirumah, dating lagi Cuma sama istri ane gak dibukain, istri ane takut keluar. Karena orang asing mau minta sumbangan lagi.

Ke empat datang lagi beda bulan beda masjid. Tapi kali ini emak-emak minta sumbangan buat masjid juga, aku Tanya dari masjid mana? Dia jawab dari tangerang, aku bilang jauh amat bu (ibunya emang terlihat udah kelihatan capek/memelas emoticon-Sorrypake sedal jepit jalan keliling komplek), aku ceramahin disitu, kenapa gak pemudanya aja bu yang keliling cari sumbangan, kan kasian ibu kalau jauh-jauh jalan Cuma cari sumbangan masjid pemudanya kan pasti ada, trus aku lanjutin lagi, kenapa gak pake proposal aja diajuin ke depag kek atau pemerintah arab atau ke yang lain. Si ibu masih nungguin sambil memelas nunggu di kasih sumbangan, tapi ane gak kasih. Soalnya menurut ane gak masuk akal aja.dan ane beraninya sama emak-emak doank.. emoticon-Ngakak

Kelima bulan October kemaren datang lagi, kali ini dari masjid “Al-Ikhas”. Ane bilang aja kok tiap bulan minta sumbangan pakemoticon-Bingung (S), kemaren perasaan baru aja minta. Bapaknya kaget sedikit melotot agak takutemoticon-Matabelo, sambil bilang ‘gak mas baru ini kok. Aku bilang ‘gak ah kemaren udah ada yang minta juga kok (padahal ane juga gak tau yang sebelum-sebelumnya dari mana aja). Nah di daftarnya itu juga biasa yang ngasih gila-gilaan diatas 50rb semua.

Trus ane puny ide, kan namanya sumbangan seiklasnya ane masu kasih 2rb aja, tapi ngerasa gak enak ane kasih 5rb. Buat merubah daftar disitu, kan jadi pada gak enak gan kalau daftar sumbangannya gede2 orang ngasih juga ikutan gede, kasian juga yang lain. Makanya aku kasih aja 5000, pas ane kasih ditanyain ditulis gak mas, aku bilang ditulis donk. Nulisnya agak gak iklas,yang lain rapi-rapi punyaku ditulis gak jelas, asal nulis aja.

Ke enam Nah ini yang terakhir bulan November ini gan. Datang lagi orangnya santun banget, salamnya aja sambil nunduk. Dan masih msjid yang sama “al ikhlas”. Daftarnya masih sama juga gan sumbangannya gede-gede,ampun deh, Aku makin curiga aja kok gak beres-beres ya bangun masjid, gak ngasih juga gak enak nanti kalau emang bener. Akhirnya aku kasih 5rb. Nah pas aku kasih ditanyain lagi, ditulis gak mas, aku bilang ditulis dong, pas nulis Cuma ditulis nama aja aku tungguin aku ikutin sampai pintu gerbang kok nominal 5000 yang ane kasih gak ditulis-tulis juga. Curiga ane itu ditulis jadi 100rb biar nanti yang berikutnya ikut ngasih yang gede juga. Coba kalau daftarnya Cuma ditulis 1000, 2000 atau 5000 pasti yang lain ikutan segitu juga.
Nah pasdia pergi ane cariin lagi di komplek udah gak ada orangnya, sebelumnya mereka jalan nyebar 3 orang di komplek. Aku Cuma penasaran tadi yang ane kasih DITULIS BERAPA?
Habis itu ane ketemu tetangga ane, cerita itu juga, Nah tetangga ane sebelah itu, tolak mentah-mentah gan, berani banget, padahal belum lama pindahan.
Ditanyaain sama tettangga ane:
TA : Tetangga ane
PS: petugas sumbangan
TA: dari mana?
PS: dari masdjid kampong sebalah pak (tutur katanya santun)
TA: mana gak ada kampong sebelah lagi bangun masjid “Al ikhlas” (padahal tetanggan ane juga gak tau,.. hahaha)
PS: gak pak tadi udah lapor sama pak RT
TA: RT mana?
PS: iya sama pak budi, disono pak (sambil nunjukin tempatnya)
TA: mana ada RT pak budi, yang ad mah rumah pak RT di belakang sono bukan disoso (sebelumnya yang ditunjukin sama PS)
PS: .. Pergi gak dikasih duit…
Dalam hatiku aduh…,emoticon-Bingung (S)apa selama ini ane emang ditipu yaaa…emoticon-Sorry emoticon-Belomatabelo


Apakah agan pernah ngalamin itu juga?
Itu emang bener atau emang pada nipu gan?emoticon-Belomatabelo
anasabila
makgendhis
makgendhis dan anasabila memberi reputasi
2
6.5K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan