Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

golden13snitchAvatar border
TS
golden13snitch
BURUH & KARYAWAN?? Jangan memberikan informasi setengah-setengah
Disini TS hanya tergelitik dengan HT dari agan cesariojulio yang berjudul "INFO: "KARYAWAN" TIDAK SAMA DENGAN "BURUH" ! "

Sebagai pihak netral TS hanyalah seorang akademisi yang belum bekerja, jadi disini TS hanya membandingkan pengertian-pengertian dari beberapa sumber dengan mengesampingkan pandangan masyarakat tentang buruh dan karyawan. TS hanya berusaha netral dan menjelaskan tentang pengertian ideal dari buruh dan karyawan.

TS tidak menolak kesimpulan dari agan cesariojulio, namun ada baiknya kita melihat pengertian buruh dari Kamus Besar Bahasa Indonesia dan panduan membacanya.

Spoiler for Pengertian Buruh:


Spoiler for Contoh Membaca KBBI:


Dan menurut UU Ketenagakerjaan No.13 Pasal 1 ayat (3) Pekerja/buruh adalah setiap orang yang bekerja dengan menerima upah atau imbalan dalam bentuk lain.
(http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_13_03.htm)

lanjut ke karyawan
Spoiler for Karyawan Menurut KBBI:


Lalu apa bedanya antara :
Orang yg bekerja untuk orang lain dng mendapat upah.
dan
Orang yg bekerja pd suatu lembaga (kantor, perusahaan, dsb) dng mendapat gaji (upah)


Disini pengertian buruh jauh lebih umum, dan pengertian karyawan lebih khusus.

Jadi kalau di HT tersebut ada yang mengatakan bahwa "orang yang kerjanya cuman masuk2in mie ke dalam bungkusnya" tidak pantas disamakan dengan karyawan. Anda total salah, karena di posisi tersebut orang-orang itu bekerja pada pabrik/perusahaan mie, maka kita boleh menyebut mereka sebagaikaryawan.

Kalau boleh TS menyimpulkan bahwa secara umum pekerja dapat dikategorikan sebagai buruh. Namun secara khusus, bila pekerja tersebut bekerja pada sebuah lembaga maka ia dapat kita sebut sebagai karyawan.

Lalu kenapa banyak yang mengatakan "gaji buruh sekarang lebih tinggi dari gaji karyawan"?

Pertama kita lihat dulu pengertian UMR

Spoiler for Pengertian UMR:


Jadi UMR itu adalah upah minimum yang ada pada suatu wilayah. Idealnya upah tersebut bertingkat sesuai dengan jenjang karir dan pendidikan seorang pekerja. Jadi bila ada seseorang dengan pendidikan tinggi tetapi upahnya masih dibawah UMR atau menurutnya "dibawah gaji buruh" , maka TS ambil kesimpulan kalau tempat orang itu bekerja telah melanggar UU Ketenagakerjaan No.13 Pasal 88-92. terutama pasal 91 ayat 1.

Spoiler for UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN:


TS mohon dengan sangat agar kita berhati-hati dalam menyuarakan pendapat, kurangi mengatai orang lain "tolol" atau merendahkan orang lain.
0
2.7K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan