sky1g3Avatar border
TS
sky1g3
Tidur setelah Ashar/sore hari
MITOS TIDUR SETELAH ASHAR / SORE HARI

A. MENURUT ILMU AGAMA

Bagaimana hukumnya tidur setelah (waktu) ashar? Sebagian ulama memakruhkan berdasarkan hadits dho'if (lemah) dari Ibnu Hibban, yaitu : "Barangsiapa yang tidur setelah ‘Ashar, lalu akalnya dicuri (hilang ingatan), maka janganlah sekali-sekali ia mencela selain dirinya sendiri."

Tidur siang digolongkan menjadi tiga macam : khuluq, khuruq, dan humuq.

1. Khuluq adalah tidur di tengah hari. Disebut khuluq (ahklak) karena itu adalah kebiasaan Rasulullah SAW yang mana disunahkan tidur pada waktu ini dengan maksud agar malam tidak mengantuk saat berqiyamullail.


2. Khuruq adalah (perusak) adalah tidur di waktu dhuha.

3. Humuq (kebodohan) adalah tidur di waktu ashar.

Pepatah arab mengatakan, “sesungguhnya tidur di waktu dhuha adalah dapat menyebabkan kemalasan bagi para pemuda, tidur ashar dapat menimbulkan gila”.

B. MENURUT ILMU PSIKOLOGIS

Tidur sore dapat mengganggu bioritme manusia normal, yang memicu perubahan negatif dalam hormon. Karena proses bangun setelah tidur sore sendiri membebankan stres tertentu pada tubuh, ini kemudian dapat mempengaruhi kadar gula darah, dan mungkin memprovokasi diabetes.

Dan juga sinar ultraviolet saat matahari mengarah tenggelam tidak baik untuk syaraf diam.

Nah, sekarang kita tahu kan. Mengapa orang tua kita jaman dulu melarang kita tidur sore. Meskipun tidak ada hadits shohih tentang larangannya, namun tetap saja perlu kita hindari berdasarkan hadits dho'if diatas yang mana sebagian ulama telah memakruhkannya.
Ini bukan hanya mitos karena percaya atau tidak, semua orang yang tidur sore pasti pernah mengalami hal konyol ketika bangun.

Semoga info dari ane bisa menambah wawasan agan-agan dan aganwati

minta emoticon-Blue Guy Cendol (L) ya gan jangan di timpuk emoticon-Blue Guy Bata (L)
0
5.6K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan