bambamzglory7Avatar border
TS
bambamzglory7
Sholat Agan Tidak Khusuk ? Mungkin Ini Penyebabnya !


emoticon-BedugAssalamualaikum Wr. Wb emoticon-Bedug


Spoiler for No Repost !!:


Spoiler for Rules:




apakah agan dan sista merasakan Sholat nya tidak khusuk ? Memang sulit untuk benar-benar fokus dalam sholat karena masih memikirkan hal-hal lain dan ingin cepat merngakhiri sholat. Padahal sholat adalah media berkomunikasi antara Allah SWT dengan kita sebagai umatnya. ada beberapa penyebab yag membuat orag tidak bisa khusuk dalam sholat dan salah satunya adalah tidak sempurnanya wudhu kita.Nah ane sekarang mau membahas bagaimana tata cara wudhu yang benar menurut syari'at Islam.

buat agan dan sista yang beragama Islam pasti tahu dengan yang namanya wudhu' (kalau yang ga tau Islam nya patut dipertanyakan emoticon-Ngakak). Wudhu adalah mensucikan diri dari segala hadast kecil sesuai dengan aturan syariat islam. Nah wudhu ini dilakukan pada saat hendak mengerjakan sholat (saat hendak berpergian dan keluar rumah pun disarankan berwudhu terlebih dahulu).

Keutamaan Wudhu

nah tahu kah agan san sista bahwa wudhu itu memiliki banyak keutamaan diantaranya

1. Disukai oleh Allah SWT karena sesungguhnya Allah SWT mencintai orang-orang yang bersih, sebagaimana firman Allah :

إِن اللهَ يُحِب التوابِيْنَ وَ يُحِب الْمُتَطَهرِيْنَ

Seungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang bersih (Q.S Al-Baqarah : 222)

“Sesungguhnya umatku dipanggil pada hari kiamat dalam keadaan bercahaya wajah-wajah, tangan-tangan dan kaki- kaki mereka karena bekas wudlu” (Riwayat Bukhori dan Muslim)

2. Wudlu dapat menghapuskan dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan, sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam :

مَنْ تَوَضأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوْءَ, خَرَجَتْ خَطَايَاهُ مِنْ جَسَدِهِ, حَتى تَخْرُجَ مِنْ تَحْتَ أَظْفَارِهِ

"Barang siapa yang berwudlu lalu membaguskannya, maka akan keluar kesalahan-kesalahannya dari badannya bahkan sampai keluar dari bawah kuku-kukunya". (Hadits riwayat Muslim no 245)

3. wudhu bisa mengangkat derajat, sebagaimana sabda Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

أَلآ أَدُلكُمْ عَلَى مَا يَمْحُوْ اللهُ بِهِ الْخَطَايَا, وَيَرْفَغُ بِهِ الدرَجَاتِ؟ قَالُوْا : بَلَى يَا رَسُوْلَ اللهِ. قَالَ : إِسْبَاغُ الْوُضُوْءَ عَلَى الْمَكَارِهِ وَكَثْرَةُ الْخُطَا إِلَى الْمَسَاجِدِ وَانْتِظَارُ الصلاَةَ بَعْدَ الصلاَةِ...

“Maukah aku tunjukan kepada kalian sesuatu yang dengannya Allah menghapuskan kesalahan-kesalahan dan mengangkat derajat-derajat?” Para sahabat menjawab : “Tentu, Ya Rosulullah”, Beliau berkata : “Sempurnakanlah wudhu pada saat keadaan-keadaan yang dibenci (misalnya pada waktu musim dingin-pent) dan perbanyaklah langkah menuju masjid-masjid dan setelah sholat tunggulah sholat berikutnya …”.(Hadits riwayat Muslim no 251)

4. Dengan wudhu seseorang bisa masuk surga dari pintu-pintu surga yang dia sukai, sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضأُ فَيُسْبِغُ الْوُضُوْءَ ثُم يَقُوْلُ : أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَ أَشْهَدُ أَن مُحَمدًا عَبْدُهُ وَرَسوْلُهُ, إِلا فُتِحَتْ لَهُ أبْوأبُ الْجَنةِ الثمَانِيَةُ يَدْخُلُ مِنْ أَيهَا شَاءَ

"Tidak ada seorang pun dari kalian yang berwudhu lalu menyempurnakan wudlunya kemudian berkata : أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَ أَشْهَدُ أَن مُحَمدًا عَبْدُهُ وَرَسوْلُهُ kecuali akan dibukakan baginya pintu-pintu surga yang delapan dan dia masuk dari pintu mana saja yang dia sukai". (Hadits riwayat Muslim)


HR Bukhari:6440-Muslim No.440. Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassallam bersabda: “Allah tidak akan menerima shalat seseorang diantara kalian bila berhadats sampai dia ber-Wudhu’.”


apakah agan perhatikan bahwa saat ini banyak umat muslim yang melakukan wudhu dengan cara yang tidak benar, padahal sempuna atau tidaknya wudhu’ seseorang akan mempengaruhi sah atau tidaknya sholat yang akan ditegakkannya karena wudhu merupakan syarat sahnya sholat seseorang. Ibadah sholat tidak akan sah dan tidak diterima di sisi Allah tanpa berwudhu’ sebelumnya, bagi seorang yang berhadats.

Sepereti Firman Allah SWT. :

يــأيهاالذين ءامنوا إذا قمتم إلى الصلوة فاغسلوا وجوهكم وأيديكم إلى المرافق وامسحوا برءوسكم وأرجلكم إلى الكعبين
المائدة: 6
Artinya:
"Hai orang-orang yang beriman, Apabila mengerjakan sholat, maka basuhlah wajahmu, tanganmu sampai dengan siku,dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu, sampai dengan kedua mata kaki" { Q.S.Al-Maidah 5;6}

nah berikut tata cara berwudhu yang baik dan benar menurut syari'at Islam

Spoiler for :


nah itu tata cara berwudhu yang benar menurut syari'at Islam gan. tapi ane belum selesai, ada yang hendak ane infokan lagi mengenai tata cara wudhu kaum hawa emoticon-Angel

Spoiler for Berwudhu pada wanita:


nah sudah jelas kan bagaimana tata cara berwudhu yang baik dan benar emoticon-2 Jempol

ane mau tambahin ada hal yang disunnahkan dalam berwudhu yaitu

Spoiler for Sunnah Sunnah dalam Berwudhu:



nah sekian Thread ane tentang bagaimana tata cara berwudhu yang benar menurut syari'at Islam, semoga bermanfaat bagi kaskuser semuanya ;2thumbup

boleh dong emoticon-Blue Guy Cendol (L)atau setidaknya di emoticon-Rate 5 Star dan meninggalkan jejak nya emoticon-Malu

Buat agan dan sista (khususnya muslim) yang peduli dengan agama nya dan saudara semuslimnya mohon setelah melihat thread ini di komen supaya thread ini nggak tenggelam karena berisi informasi yang bagus dan penting emoticon-2 Jempol

Quote:




Spoiler for THREAD berkualitas lainnya !:


SUMBER

SUMBER
Diubah oleh bambamzglory7 03-09-2013 12:40
0
19.7K
267
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan