Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ikacahya1988Avatar border
TS
ikacahya1988
Harusnya Tenggelam atau Terapung ?
Pernah gag agan iseng waktu "menabung" di toilet, agan perhatikan penampakan tinja agan ? atau agan malah tidur pas lagi "menabung" emoticon-Ngakak ??

sudah bukan rahasia umum lagi sih kalo kualitas tinja kita menggambarkan kualitas fungsi organ pencernaan dan makanan kita. Gimana sih mengukur kualitas tinja yg baik peserta penampakannya ?

1. Suaranya ketika jatuh.

Kesan pertama dari kotoran bisa diketahui dari suaranya ketika nyemplung ke dalam air. "Jika suaranya seperti bom, 'plop, plop, plop', hal itu kurang baik karena artinya Anda mengalami sembelit. Artinya (sisa) makanan terlalu keras ketika tiba waktunya dikeluarkan. Seharusnya tinja masuk ke air seperti ketika seorang penyelam terjun ke air, swoosh... begitu," kata Dr Mehmet Oz, ahli bedah kardiotoraks dari Columbia University.

kalo ane bunyinya kadang plung-plung gitu emoticon-Ngakak biasanya BAB ane gag tiap hari kalo kayak gitu.

2. Warnanya.

Tinja biasanya berwarna coklat, diakibatkan oleh air empedu yang diproduksi di liver. Makanan yang kita makan umumnya membutuhkan waktu tiga hari, sejak dikonsumsi, hingga berakhir di toilet. Jika proses pembuangan itu berlangsung lebih cepat, tinja biasanya akan berwarna kehijauan, karena hijau adalah satu dari warna-warna pertama dalam proses pencernaan.

Warna tersebut juga harus diwaspadai jika perubahannya terjadi secara drastis. Jika warnanya hitam, itu bisa berarti Anda mengalami pendarahan di dalam, kemungkinan akibat luka atau kanker.

Ane pernah tuh pas lagi sakit tipes, ane makan brownies Ama*da malam2. Pas pagi harinya, perut ane mules banget. Eh ane kaget tinja ane jadi coklat kehitaman. Ane panik dan ke dokter lagi, dokter ane juga ikutan panik. Dokternya sampe ukur tekanan darah ane, perut ane ditekan-tekan, bikin pengantar opname sama cek lab. trus tuh dokter nanyain ke ane semalam makan apa. dengan lugu ane jawab makan brownies. mendadak suasana hening dan tuh dokter bilang "adek gag perlu opname yah, browniesnya disimpan dulu sampe sembuh biar tinjanya gag hitem" emoticon-Ngakak

3. Ukuran dan bentuknya.



kalo bentuknya kayak eek kambing, artinya tinja agan terlalu keras, bisa jadi juga tanda sembelit (type 1)
Nah yg bagus itu tinja yg bentuknya kayak sosis, panjang, gag keras gag juga encer (type 4)

4.Bau.

Wajarlah bila tinja berbau tak sedap. Jika Anda meninggalkan toilet setelah BAB dan baunya masih tertinggal hingga 1 atau 2 jam sesudahnya, hal ini juga normal. Bahkan, bisa jadi merupakan pertanda baik karena isi perut Anda dipenuhi dengan bakteri yang bekerja keras untuk menjaga Anda tetap sehat. Isi perut Anda diserbu oleh milyaran bakteri yang meningkatkan sistem pencernaan dan proses metabolisme. Bakteri inilah yang menjadi penyebab mengapa kotoran berbau, yaitu akibat aktivitas bakteri di dalam perut Anda.

makanya gan minum yoghurt sangat dianjurkan soalnya bisa bikin fungsi perut kita membaik emoticon-Ngakak tapi yoghurt ada yg namanya prebiotik, probiotik, dan gabungan keduanya. kalo saran ane sih minum yg mana aja baik asal bukan yg rusak atau kadaluarsa hehehe emoticon-Ngakak

5. Mengapung atau tenggelam?

Apakah mengambang atau tenggelam, tergantung dari apa yang Anda makan. Pola makan yang baik menyebabkan tinja tenggelam di dasar kloset. Artinya, Anda mengonsumsi cukup banyak serat dan nutrisi lainnya. Sedangkan kotoran akan mengapung bila Anda mengonsumsi terlalu banyak lemak. Peningkatan kadar nutrisi dalam tinja yang disediakan untuk bakteri normal yang hidup di saluran pencernaan, akan menghasilkan lebih banyak gas. Bila gas itu tak punya kesempatan untuk keluar (sebagai kentut), akibatnya tinja yang mengandung gas itu mengapung.

Oleh karena itu, jangan pernah menahan kentut. Menurut Dr Oz, rata-rata orang akan kentut 14 kali dalam sehari. Dan, kurang dari satu persennya biasanya berbau.

Test Kualitas Tinja Agan



kalo poin agan 7-9 artinya Selamat !! emoticon-Selamat kualitas perut agan sehat sekali
kalo poin agan 10-12 agan mesti WASPADA !! emoticon-Mewek agan kekurangan serat
kalo poin agan 13-14 berarti GAWAT !! emoticon-Takut..agan mesti konsultasi ke dokter

maaf yah gan ane ga tau thread ane ini emoticon-Blue Repost apa bukan. ane cuma peduli dengan kesehatan agan2 semua.

kalo bermanfaat boleh dong minta komennya, emoticon-Blue Guy Cendol (L) atau emoticon-Rate 5 Star hehe..makasii
0
15.1K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan