rcmaniaaAvatar border
TS
rcmaniaa
AWAS utk para SELLER, PENIPU menyamar menjadi "BUYER"
Dear Para kaskuser,

Saya cuman mau share info saja, supaya para seller berhati2 dalam transaksi. Khususnya transaksi transfer menggunakan transfer.

INGAT SELALU, JANGAN MALAS CHECK TRANSAKSI REKENING ANDA,
Gunakan Internet Banking supaya mudah mengechek nya.


Salah satu contoh barusan:

2 hari lalu saya di add oleh seorang pemuda bernama Shandy

ini pin bb nya:



Dia mengatakan bahwa dia maniak RC dan sedang sangat Gila RC, jadi yg mau di beli banyak.
Cerita demi cerita, orang ini bicaranya sangat santai dan tidak ada kecurigaan sama sekali dari kami.

Kami punya jualan RC online di [url=http://www.rcmania-hobby.com,]www.rcmania-hobby.com,[/url] dan dia kelihatannya sangat senang karena banyak pilihan RC di web tersebut, lalu dia membuat account utk pemesanan berbagai RC dengan cart system.
Dan kami banyak membahas tentang cara pembelian, yang telah di add sampai 100kg lebih dan senilai hampir 30 juta.

Disini saya sedikit aneh, kok ini orang belanja tanpa bertanya produk sama sekali, dan barang yg dia beli juga tidak lengkap, misalnya RC Car yang tanpa batre, tapi dia tidak memesan batre nya juga.

Tapi saya tetap posifit fhinking, saya anggap aja dia sudah senior dan sudah tau apa yang dia beli.

Singkat kata dalam 2hari terjadi deal senilai Rp.27.565.000,- dan terus terang ini adalah transaksi terbesar ketiga yang pernah dilakukan (kalo beneran) selama saya jual RC.

Sebelum transfer, dia mengatakan akan transfer besok (yaitu hari ini, lalu tadi pagi saya tanya lagi, dia mengatakan sore ini, tetapi jam 10malam tadi masi blm ada kabar, saya menanyakan sekali lagi, dan dia minta nomer rekening lagi dan total



Lalu dia mengirimkan bukti transfer mBanking ke saya:


Kemudian saya chek rekening saya, blm ada masuk.
BCA end of day transaction proses adalah jam 22-23, jadi kalo ada transfer pada jam tsb, maka akan mucul pada setelah jam 23:00

saya berulang kali check transaksi BCA saya, ternyata masih tidak ada



Nb: Transaksi yang saya lingkari dalam gambar, bahkan dilakukan setelah dia "transfer".

Saya mulai curiga, tapi saya masih tetap positif, maka saya tanyakan apakah saldonya kembali dan apakah ada reversal transaksi, dia menjawab



Saya sudah makin curiga, saya punya pengalaman sebagai BM di bank selama 7tahun, dan saya melakukan transaksi puluhan perhari via transfer sesama BCA dan bank lain. Jadi hal ini bukan barang baru utk saya. Lalu saya tanyakan:



Kemudian saya penasaran, saya coba nomer rekening pengirimnya apakah benar rekening BCA atau bukan, saya coba seolah2 mau transfer ke rek tsb, hasilnya adalah:




Emosi pun terjadi emoticon-Mad (S) , saya bilang kok no rek bca anda tidak terdaftar ya, dia bilang mgkn BCA lagi error bla bla bla.

Saya emosi dong, saya tanya "anda mau coba menipu saya ya"

Dia bilang, maaf mas, lagian mas juga belum kirim barangnya.

Lho lho... kesepakatannya kan ente duluan transfer maka saya akan mengirim barang, saya tidak menjanjikan akan kirim barang duluan dan saya tidak mengirimkan bukti resi palsu pada anda. Tapi anda mengirimkan bukti transaksi palsu pada saya, ini adalah percobaan penipuan, lalu saya ancam akan melaporkan kasus ini ke jalur hukum dengan 2 pasal yaitu pasal pemalsuan dan pasal UU ITE, doi buru2 delete contact.


Kejadian ini bukan pertama sekali yang dicoba dilakukan pada kami, mungkin kalo dihitung sudah belasan kali dengan pelaku yang berbeda dan dengan motif yang hampir sama yaitu memalsukan bukti transaksi transfer bank. Dan ada juga yang beberapa melakukan money laundry transaction kepada kami.


Kesimpulan, saran pada para seller.
Jangan buru2 percaya pada orang yg baru pertama kali belanja dan belanja banyak, tetapi tidak bertanya produk sama sekali.
Dan ingat selalu cari aman, pastikan uang sudah masuk ke rekening anda, barulah mengirim barang tsb.

Saran pada para buyer:
Ingat selalu pastikan anda komunikasi dengan no hp/pin bb sesuai iklan seller, karena banyak pihak yang mengatasnamakan seller, dan usahakan minta nomer rekening atas nama seller juga, jangan rekening istri atau saudaranya.
0
11.6K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan