Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BankBCAAvatar border
TS
BankBCA
Serba Serbi Mudik
Mudik adalah waktu di mana seseorang atau sekeluarga pulang dari tempat tinggalnya ke kampung halamannya. Kalo di Indonesia, biasanya mudik dilakukan menjelang lebaran. Jalanan luar kota bakalan penuh dengan mobil dan kendaraan. Tiket-tiket pesawat biasanya juga sold out dua minggu sebelum lebaran. Belom lagi harga tiket kereta api pasti melonjak gila-gilaan.

Agan-Aganwati yang tinggal di Indonesia pasti familiar dengan konsep ini. Bahkan mungkin mudik sudah menjadi acara tahunan bagi Agan-Aganwati sekalian. Nah sekadar intermezzo aja nih, mungkin nggak ya tradisi mudik yang serupa terjadi juga di negara lain? Nah, berikut ini adalah beberapa tradisi di luar negeri yang juga menyebabkan aktivitas mudik. Sapa tau aja Agan sekalian belom pada tau ya ‘kan! Cekidot!

1. Jepang

http://tx.english-ch.com/teacher/roj/obon.1.jpg

Jepang ternyata juga mempunyai tradisi mudik. Tradisi mudik ini biasanya dilakukan sebelum Festival Obon. Apakah itu Festival Obon?
Festival Obon adalah festival yang dilakukan oleh orang-orang Jepang untuk menghormati arwah-arwah keluarga yang sudah meninggal. Nah, Festival Obon ini berlangsung selama tiga hari. Meskipun Festival Obon tidak masuk ke hari raya resmi, penduduk Jepang diberikan hari libur selama Festival Obon berlangsung.
Bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar, biasanya penduduk Jepang bakalan balik ke kampung halaman mereka untuk menghormati arwah leluhur mereka dengan menyalakan api kecil di sekitar rumah mereka atau menghanyutkan lampion di sungai.

2. Amerika Serikat


http://scm-l3.technorati.com/11/11/2...20111123101557

Amerika, kampungnya Paman Sam ternyata punya tradisi mudik juga Agan-Aganwati sekalian. Bedanya, mereka ngelakuinnya pas menjelang akhir tahun untuk menyambut perayaan Thanksgiving.
Apa itu Thanksgiving? Thanksgiving adalah semacam ucapan rasa syukur warga Amerika terhadap musim panen dan hal-hal baik yang terjadi selama satu tahun. Biasanya, warga-warga Amerika yang tinggal sendirian di kota-kota besar bakalan balik ke kampung halaman mereka, Gan.
Ritualnya cukup menarik. Satu keluarga akan kumpul di satu meja makan (ini bisa jadi seru banget Gan kalo seisi keluarga tinggalnya beda-beda). Mereka biasanya mempunyai masakan khas buat Thanksgiving – seperti ketupat untuk lebaran di Indonesia – yaitu daging kalkun. Daging kalkun ini adalah menu utama santapan Thanksgiving dan biasanya sebelum potongan pertama, satu keluarga akan memanjatkan doa bersama.


3. China


http://alumnimaterdei.com/iptek-yang...dik-di-china-h

China adalah negara dengan jumlah penduduk paling banyak di dunia. Dan tiap kali IMLEK datang, mereka semua berbondong-bondong pergi ke kampung halaman mereka. Kebayangkan Gan, gimana ramenya jalanan, bandara, dan stasiun kereta di sana?
Perayaan IMLEK juga biasanya berlangsung selama lebih dari sehari. Hari-hari pertama biasanya dihabiskan dengan keluarga dekat dan saling ngasih angpao  Kemudian di hari-hari selanjutnya mereka merayakan dengan menyalakan kembang api atau menonton pertunjukan seperti barongsai.

4. India

http://upload.wikimedia.org/wikipedi...s_-_Diwali.jpg

Diwali – atau yang lebih dikenal dengan Festival Cahaya – adalah salah satu hari raya besar di India. Sama dengan festival-festival yang udah disebutkan di atas, berbondong-bondong warga India pergi ke kampung halamannya untuk merayakan festival paling ok di sepanjang tahun ini. Diwali biasanya jatuh di pertengahan Oktober atau November.
Seperti layaknya Lebaran, orang-orang India juga disarankan untuk menggunakan baju-baju baru Gan. Mereka juga saling berbagai makanan bersama seluruh keluarga (biasanya makanan yang manis). Asiknya lagi, selama tiga hari perayaan Diwali, mereka bakalan nyalain kembang api di mana-mana karena ternyata kembang api dipercaya bisa mengusir arwah-arwah yang jahat.


5. Pakistan


http://news.xinhuanet.com/english/ph...780674_11n.jpg

Pakistan juga sama kayak Indonesia, Gan! Mayoritas penduduk mereka juga Islam, dan merayakan lebaran dengan mudik seperti penduduk Indonesia.
Bedanya dengan negara kita, penduduk Pakistan seringnya beli baju baru sehari sebelum lebaran. Itu sebabnya, semua toko bakalan buka sedikit lebih lama pada satu hari sebelum lebaran. Sementara itu, muslimah-muslimahnya bakalan menghias tangan mereka dengan henna dan pakaian yang warnanya warna-warni.
Ternyata tradisi mudiknya sangat beragam dan gak kalah meriah sama negara kita ya? Tapi walaupun berbeda-beda, intinya sih, mudik itu tujuannya sama, yaitu sebagai ajang temu kangen keluarga. Jadi jangan lupa buat sungkeman, Gan! emoticon-Salaman
Sekian thread ini, semoga berguna ya, Gan 
0
2K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan