Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

refauzanAvatar border
TS
refauzan
Sejarah Stadion Sepakbola Megah di Eropa
Welcome to my Thread
[/QUOTE]

Quote:


Quote:


Quote:


Spoiler for Baik:

Spoiler for Boleh kalo di:


[spoiler=komeng agan-agan]
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


[QUOTE=alahay;748599785]stadion yang diriau gimana sejarahnya gan..... apa dana rakyat yang dipake untuk stadion ada yang


Kita telah memiliki pancasila, apakah masih diperlukan penggunaan wawasan nusantara ?

Pancasila merupakan ideologi bangsa negara indonesia, dalam penjelasannya Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Lalu penjelasan wawasan nusantara merupakan cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam pelaksanannya, wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional.
Maka dari itu, penggunaan wawasan nusantara tentu saja diperlukan karena merupakan salah satu dari penjabaran pancasila itu sendiri dan dalam pengetahuan wawasan nusantara yang didapatkan rakyat indonesia, akan membuat kita lebih memiliki rasa nasionalisme dan cinta tanah air karena mengetahui jati diri bangsa yang di dapat dari wawasan nusantara. Lalu, hal lainnya yang kita dapatkan dari wawasan nusantara yaitu kita lebih mengetahui budaya, adat, dan keberagaman yang ada di Indoensia.
Dengan semakin kuat dan pahamnya kita akan jati diri bangsa yang didapat dari wawasan nusantara, maka kita bisa menjadi bangsa yang lebih kuat dan memiliki rasa nasionalis tinggi.


Wawancara dengan anak putus sekolah

Pada tanggal 17 november hari Jumat setelah menunaikan ibadah sholat jumat di dekat rumah saya di daerah kopo, saya bertemu dengan seorang anak yang telah putus sekolah sejak tahun 2013, kini ia sudah berumur 17 tahun. Anak ini bernama ridzki yudhistira, namun biasa dipanggil Ujang oleh teman-temannya maupun di lingkungan rumah saya. Saya mengenal baik Ujang karena selain dulu sering bermaim sepakbola bersama kini ia pun turut aktif dalam karang taruna walaupun tidak termasuk ke susunan kepanitiaan.

Saat di wawancara secara tidak langsung, Ujang bercerita bahwa ia putus atau keluar dari sekolah saat di bangku SMP, ia bersekolah di SMP 3 Margahayu dan sebelumnya menamatkan Sekolah Dasar atau SD di SD 1 Sukamenak . Saat masuk SMP ia bercerita bahwa pergaulan lah yang menyebabkan ia putus sekolah, selain sering tidak masuk sekolah karena lebih mementingkan untuk pergi ke warmet, ia pun sering kali mencoba dan mengkonsumsi minuman keras dan obat-obatan. Maka dari itu, di kelas 2 smp setelah berkali-kali mendapatkan surat peringatan dan surat panggilan, akhirnya ia di keluarkan dari sekolah dan memutuskan untuk tidak lanjut sekolah dan memilih untuk bekerja, selain karena ia hanya tinggal bersama neneknya yang kemampun ekonominya tidak begitu baik, ia pun berpikir saat itu tidak membutuhkan lagi ilmu dari sekolah. Kini ia bekerja sebagai penjual teh poci dan terkadang bekerja serabutan menjadi tukang bangunan.

Kini ia menyesal saat itu putus sekolah dan memutuskan tidak melanjutkannya karena lebih dirusak oleh pergaulan dan tidak bisa mengkontrol diri. Ia kini ingin menuntaskan pendidikannya dengan mengambil ujian paket agar setara dengan lulusan SMA karena ia ingin membantu perekonomian keluarganya dan menggapai cita-citanya menjadi seorang pengusaha dan pergi haji bersama neneknya yang sejak kecil sudah merawatnya.
Diubah oleh refauzan 22-11-2017 02:20
0
8.3K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan