Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

manenditAvatar border
TS
manendit
Motor agan DOHC or SOHC?dsini keuntungan dan kerugian nya
DOHC vs SOHC emoticon-Matabelo

Tidak sedikit pabrikan sepeda motor yang awalnya mengenalkan produknya dengan
mesin SOHC kini juga menambahkan jenis produknya dengan mengusung mesin DOHC.
Beberapa sepeda motor di
Indonesia yang memiliki teknologi
DOHC dan banyak kita jumpai adalah Suzuki Satria FU 150 Honda CBR 250 , dan Kawasaki Ninja 250R . Mungkin Anda akan bertanya kenapa tiga kendaraan tersebut harganya lebih mahal bila dibandingkan dengan kendaraan yang punya cc dan
kelas sama namun menganut mesin SOHC. Sebenarnya apa yang membuat kedua mesin ini berbeda dan apakah perbedaan tersebut berpengaruh terhadap perfoma mesin itu sendiri.? So.., mari kita tarungkan beberapa perbedaan antara DOHC dan SOHC.Sekilas tentang teknologi DOHC dan SOHC

1. DOHC

Mesin Double Over Head Camshaft disingkat DOHC adalah Camshaft yang mempunyai Over Head double atau lebih jelas dan gampangnya ialah mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang over head. Sehingga mesin tersebut mempunyai empat klep, dimana dua klep untuk mengatur masukan bahan bakar dan dua klep untuk mengatur keluaran gas buang (menuju knalpot). Dan juga pada mesin jenis ini menggunakan dua noken as yang terletak pada
kepala silinder.


1. SOHC

Sedangkan mesin Single Over Head Camshaft disingkat SOHC hanya memiliki satu (single) pasang over head. Dengan kata lain mesin ini memiliki dua klep, satu untuk mengatur masukan bahan bakar dan satu lagi untuk mengatur keluaran gas buang. Dan hanya memiliki satu
noken as.

SOHC vs DOHC

Seperti yang dijelaskan DOHC
memiliki jumlah klep dua kali lebih
banyak sehingga hal ini menyebabkan mesin jenis ini menghasilkan tenaga yang lebih besar, mengapa demikian?? Karena dengan jumlah klep dua kali lebih banyak maka dalam pengaturan penyaluran bahan
bakar ke mesin dan penyaluran gas buang ke knalpot akan lebih akurat dibandingkan SOHC, dan menurut info yang saya dapat suara mesin DOHC juga lebih halus ketimbang mesin SOHC. Titik lemah dari DOHC, adalah harga pembuatan dan perbaikan yang lebih mahal. DOHC memiliki sparepart yang lebih banyak dari SOHC dan masalah lainnya adalah tidak semua para mekanik bengkel motor di Indonesia yang bisa dengan baik menservis (menyeting) ulang klep pada mesin DOHC, untungnya mesin jenis ini tidak perlu terlalu sering menyeting ulang klep. Kelemahan lainnya ialah mesin DOHC lebih boros bahan bakar, karena kebutuhan mesin akan bahan bakar juga lebih banyak Disamping itu bobot mesin DOHC juga lebih berat. Sampai disini sedikit penjelasan dari saya, jawaban untuk mana yang lebih baik atau lebih buruknya antara dua teknologi ini mungkin tergantung pada selera setiap individu. Apakah memilih teknologi canggih milik DOHC dengan segala kelebihan dan kekurangannya, ataukah tetap setia dengan teknologi lawas SOHC yang hingga sekarang masih merajai dan banyak tersebar di jalan raya? Untuk semua saran, kritik, pertanyaan maupun bagi yang ingin
menambahkan info tentang DOHC dan SOHC monggo langsung aja ditulis..


ada bberapa temen yg nny katanya Vixion SOHC tapi knp punya 4 klep..walaupun 4 klep tapi tetap digerakan oleh 1cam shaft..pembakaran tetap efisiensi dengan injection

berharap ada donasi cendol..emoticon-Matabelo

Tambahan dari kaskuser:

yang penting isi bensin sesuai ama tingkat kompresinya gan,,
jgn nenggak premium yg jelas2
disubsidi buat rakyat kecil,apa ga
malu motor keren tapi masih isi
premium ahh keep calm yee gan,cuma masukan aja,hehe ,
moga dimasupin pejwan gan....


emang penting liat kompresi mesin motor..jadi bisa pilih penggunaan bbm yg cocok. klo kompresi nya diatas 1 : 10.5 mah wajib pke pertamax selain supaya dapur ny bersih, tarikan nya jg oke.premium dngan nilai oktan 88 riskan meninggalkan bny tumpukan karbon di dapur pacu agan.. emoticon-Ngakak emoticon-Stick Out Tongueeace



bulukelek
#47 Kaskuser Today 1

Mantap nih buat knowledge gan..
Ane mau koreksi sedikit ya.
SOHC belum tentu hanya punya 2
klep, itu tergantung kebutuhan
mesin itu sendiri, biasanya kebijakan pabrikan untuk pembentukan karakter mesin..
Mesin SOHC dengan 4 klep per
silinder, kalo di mobil contohnya di honda grand civic, daihatsu feroza,dan kebanyakan mobil keluaran taun 90an.
Ada juga mesin 90an yg sudah
mengusung teknologi DOHC 16valve ( 4 klep per silinder ) kebanyakan mereka berasal dari produsen eropa, seperti mercedes benz dan
bmw.Karakter mesin SOHC dengan 4 klep per silinder lebih besar tenaga di putaran bawah hingga menengah,
atau torsi lebih besar. Makanya
mesin ini cenderung hemat bbm
karena powerband lebih ngisi di
rpm bawah dan tingkat gesek yang
lebih kecil dar DOHC.
Sedangkan DOHC karakternya lebih
bertenaga di rpm atas, dan bahan
bakar sedikit lebih boros karena
gesekan yang lebih dibanding mesin
SOHC.
Untuk di indonesia sendiri, mesin
DOHC murni hanya sedikit..
Kebanyakan DOHC di indonesia bisa
disebut DOHC banci yang biasanya
jarak antar cam yang sempit dan
beberapa hanya memiliki 1 cam
gear.
Di Indonesia, mobil yg memiliki
mesin DOHC murni untuk
performance diantaranya mitsubishi
eterna gti, mitsubishi lancer gti
1800cc, toyota corolla twincam gt.
Page one kalo berkenan gan.


excellent gan emoticon-Matabelo yup untuk DOhC di indonesia masih blum optimal. sedangkan motor belakangan ini sudah mulai adaptasi menggunakan 4 klep untuk SOhC mis nya piksen gan..nice gan..thanks
Diubah oleh manendit 24-07-2013 03:38
0
18.4K
247
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan