KazumenashiAvatar border
TS
Kazumenashi
Item Mall diGame Online?Beli ga yaaa?
Spoiler for Bikin Thread pertama kali jadi HT:

Spoiler for NO REPOST:


Jika kita perhatikan, semua judul game online yang dirilis di Indonesia (melalui server resmi tentu saja) adalah game Free to Play, alias bisa dimainkan secara gratis.
Well, Dunia Online Gaming diIndonesia dulu tidak begini. Saya masih ingat, saat tahun 2000an awal dulu seperti game Nexia,untuk bisa bermain MMO, maka saya harus merogoh kantung untuk membeli voucher game.
Yup, pada masa awal2 game online berada di Indonesia, Publisher Game Online masih menggunakan sistem Pay to play.
Namun, Dewasa ini sistem Pay to Play sudah ditinggalkan, dan sekarang semua game online di Indonesia sudah tidak lagi mengadopsi sistem yang sama,sekarang 90% mengusung sistem Free to Play
Bukan berarti sistem free to playlepas dari pandangan negatif lho.
Walaupun pemain jadi bisa memainkan game secara gratisan, namun sistem ini kerap kali mendapat kritikan. Lho? Kan gratisan? Eits, tidak selamanya free to play “gratisan”, karena tetap saja gratisan ini seperti ‘iming-iming’. Dalam MMO free to play, dikenal juga sistem cash shop/item mall. Item mall ini bisa mempermudah permainan, tapi harus dibeli dengan uang sungguhan.

Jadi kira2 begini

Pay to Play : Kalo mau main harus bayar,seperti voucher 7/14/30 hari,tapi untuk item ekslusif dan sebagainya gratis,ga ada namanya fitur Item Mall/Cash Shop

Free to Play : Main dan Downloadnya Gratis,tapi untuk item ekslusif atau tertentu yang diinginkan harus bayar,seperti Pet,Armor,Weapon yang kuat,dll

Lalu, di mana letak gratisannya jika begitu?emoticon-Bingung (S)
Well, dengan cash shop yang membuat kabur makna free, bukan berarti juga kita tidak bisa menikmati game gratisan. Dengan semakin banyaknya judul game gratisan yang beredar di Indonesia, pemain menjadi punya banyak pilihan dalam menentukan game mana yang mau mereka mainkan. Itu hak kalian sebagai gamer untuk menetapkan game mana yang cocok untuk selera kalian, atau mana yang kurang sesuai dengan diri kalian.
Nah, bagi kalian-kalian pemain game online yang mungkin sedang ‘galau’, atau tengah bimbang untuk membeli item mall atau tidak, berikut ini ada beberapa tips dan saran yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan kalian saat bertransaksi membeli item mall.
1. Cash shop? Cuma untuk hiasan kok
Coba kalian cari game online yang menggunakan cash shop untuk menjual item2 hiasan, atau item kosmetik/avatar. Item ini gunanya hanya satu: memperkeren tampilan karakter kalian,tidak kurang dan tidak lebih. Item kosmetik juga tidak memberikan tambahan buff apa-apa. Item kosmetik/avatar juga merupakan hal opsional, sehingga bukanlah masalah besar jika kalian tidak membelinya. Kecuali, jika kalian ingin membuat karakter kesayangan kalian lebih keren, misalnya mengganti kostumnya, atau merubah warna rambutnya.

2. Jangan gampang tergiur, jangan terbawa emosi sesaat
Nah ini nih yang kadang membuat gamer suka gregetan. Memang, item mall suka muncul dalam tampilan super menggiurkan. Misalnya saja memberikan boost exp yang kencang, sehingga leveling jadi lebih enak (apalagi jika exp points kalian semakin susah dicapai). Tapi well, ingat-ingat kembali. Kadang sih ya, dalam beberapa kesempatan publisher juga suka memberikan item mall secara gratis. iya, gratis. Nah, sabarlah sejenak. Siapa tahu item mall itu dibagikan gratis, atau ada item mall yang diberikan diskon besar2an.

3. Itu cuma item virtual
Yup. Mau semahal apapun, mau sekeren apapun, item dalam game semuanya tidak nyata. Jangan sampai menghabiskan tabungan kalian hanya untuk membeli satu set equipment mahal, padahal kalian punya kepentingan real life yang lebih mendesak. Cobalah jadi gamer yang lebih bijaksana dalam bersikap, pikirkan mana yang jauh menjadi prioritas
Well, tapi jika kalian memang punya uang lebih, dan ingin sedikit tampil lebih oke dalam game. Ya silahkan saja, manjakan diri kalian dengan item mall. Tapi jangan sampai membuat item mall itu menjadi obsesi hidup kalian.

4. Pilih yang paling pas
Okelah, jika kalian ingin membeli item mall (misalnya kalian memang sudah mengumpulkan uang, dan sudah berpikir masak2), maka pilihlah item mall yang memang cocok untuk kalian. Kalau bisa, sebelum bertransaksi, buat dulu daftar belanja. Isinya? Item apa saja yang ingin kalian beli. Hal ini bisa menghindari kalian dari membeli barang yang sebetulnya tidak kalian perlu, dan malah melupakan barang incaran awal kalian, atau sih lebih parahnya kalian malah berbelanja lebih banyak dari target awal. Nah, jadinya malah tambah boros kan? Belilah item mall secukupnya, dan sesuai dengan kebutuhan kalian saja.
Kalian juga bisa menghindari kemungkinan ‘penyesalan di akhir’, karena kalian membeli item mall terlalu sembrono. Well, di real life saja orang membuat daftar belanja mereka sendiri, kenapa hal tersebut tidak dicoba untuk diterapkan di dalam dunia game juga?

5. Mau lanjut terus, atau hanya sementara?
Well, maksudnya di sini adalah: apakah kalian bermain game tersebut untuk seterusnya, atau hanya bermain sementara saja? Jika jawaban kalian adalah pernyataan yang pertama, maka bukanlah masalah jika kalian ingin menghabiskan uang kalian untuk beberapa item mall. Namun, jika kalian mudah bosan dalam memainkan suatu judul game.. well, coba dipikirkan baik2 lagi.

Soalnya begini, sayang sekali kan jika kalian sudah mengeluarkan sejumlah rupiah, ternyata beberapa minggu kemudian (atau malah beberapa hari saja), kalian sudah bosan dan ‘pensi’.
Saya disini bukan bermaksud melarang kalian membeli item mall, tapi coba pikirkan deh.Sayang banged kan kalo sudah menghabiskan uang untuk sebuah barang, ehh, barangnya tiba-tiba ditinggal begitu saja.emoticon-Cape d... (S)
Well, item mall pada akhirnya bukanlah hal yang akan memberatkan pemain. Lihat saja dari sisi positifnya, dan jangan tergiur untuk membelinya cepat2, lalu menyesal kemudian.

So bagaimana menurutmu gamers? emoticon-Smilie
Tapi jujur ajah,saya sebenarnya hardcore gamer gan emoticon-Ngakak
sampai sekarang aja masih setia sama salah satu online game emoticon-Malu (S)
SUMBERNYA GAN

Spoiler for Quote 1:


Spoiler for Quote 2:


Spoiler for Quote 3:


Spoiler for Quote 4:


Spoiler for Quote 5:


Spoiler for Quote 6:


Spoiler for Quote 7:


Spoiler for Quote 8:


Spoiler for Quote 9:


Spoiler for Quote 10:
Diubah oleh Kazumenashi 25-07-2013 02:56
0
72.2K
1.4K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan