Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

doofanAvatar border
TS
doofan
Lagi, Gempa Susulan 5,3 SR Guncang Aceh
JAKARTA - Gempa susulan kembali mengguncang di Kabupaten Bener Meriah, Aceh, pada malam ini. Gempa dengan kekuatan 5,3 Skala Richter itu semakin membuat warga ketakutan hingga tak berani kembali ke rumah.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, berdasarkan data dari BMKG terjadi dua kali gempa susulan dengan kekuatan cukup besar dan kedalaman 10 kilometer pada malam ini di Aceh.

Sebelumnya warga dikagetkan dengan gempa susulan dengan kekuatan 5,5 Skala Richter pada pukul 20.55 WIB, dengan lokasi 4.70 LU, 96.69 BT, atau berada 27 arah kilometer barat daya Kabupaten Bener Meriah. Kemudian warga kembali panik akibat gempa susulan 5,3 Skala Richter pada pukul 22.36 WIB, dengan lokasi 4.71 LU, 96.69 BT, atau 26 kilometer arah barat daya Kabupaten Bener Meriah.

“Keduanya berada di darat. Tidak menimbulkan tsunami. Mekanismenya sama dengan gempa sebelumnya yaitu sesar geser menganan. Bagian timur dari sumber gempa bergerak ke tenggara dan bagian baratnya bergerak ke barat laut. Sumber gempa berasal dari sesar aktif di daratan pada segmen Aceh dari sesar Sumatera,” kata Sutopo dalam pesan singkat kepada Okezone, Selasa (2/7/2013).

Gempa susulan tersebut dirasakan cukup kuat oleh masyarakat di Bener Meriah dan Aceh Tengah. Masyarakat takut masuk ke dalam rumah dan memilih berada di luar rumah.

“Masyarakat yang rumahnya roboh menempati beberapa titik pengungsian. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan waspada,” pungkasnya.

SUMBER
0
1.3K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan