Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

muldadiAvatar border
TS
muldadi
Mengembalikan File (Data) Yang Hilang Terhapus Atau Terformat Di Komputer
Met Siang…
Sebelumnya ane mohon maaf kalo salah kamar tapi semoga saja tidak, ane mau sedikit berbagi pengalaman atas hilangnya data-data penting ane dari harddisk, tapi untung semua data yang hilang itu bisa balik lagi padahal harddisk sudah delete partisi dan sudah diformat, semua bisa kembali berkat software yg ane temukan lewat google. Mudah-mudahan pengalaman ane jadi bahan pembelajaran dan bermanfaat bagi kita semua.

Suatu hari ane baca artikel tentang cara install windows via usb flashdisk ane tertarik untuk mencobanya, ane ikutin langkah-langkahnya ane clokin flashdisknya ke komputer hingga masuk ke tahapan dimana ane harus memformat flashdisknya ane nurut aja karena tinggal klik “ok”. Proses format pun berjalan, ane tungguin…. tapi setelah ane tunggu lumayan lama, proses format ga beres-beres hingga ane sadar kalo yang ane format itu bukan flashdisk 4GB ane, tapi harddisk external ane yang diformat karena harddisk external ane juga nancep di komputer dan waktu sebelumnya ada perintah untuk format ane ga pilih-pilih lagi drive-nya tapi langsung hajar klik “ok”.

Akhirnya ane klik cancel untuk membatalkan proses format tapi proses ga mau berhenti dan terus berjalan, karena ane panik jadi ane langsung cabut aja kabel usb harddisk externalnya, lalu ane diam sebentar sambil ngerasain badan ane yang lemes ngebayangin semua data yang ada didalamnya pasti sudah lenyap akibat kejadian itu. Dan ketika ane colokin lagi harddisk externalnya terus dilihat di monitor, benar saja bukan hanya data-data yang hilang tapi harddisk-nya pun tidak terbaca malah minta diformat, lalu ane lihat properties dari harddisk itu kepanikan ane bertambah karena melihat size yang ada di harddisk ga nunjukin kalo harddisk itu berkapasitas 250 GB, padahal jelas kapasitas harddisk external ane sekitar 250 GB, ane bingung harus ngapain jangankan ngebalikin data yang hilang harddisknya juga rusak.

Ane coba perbaiki harddisk external itu dengan harapan bisa kembali normal, setidaknya harddisk yang selamat karena untuk selamatkan data ane masih belum kepikiran karena untuk sekarang ane masih fokus untuk memperbaiki harddisk. Ane gunakan Minitool Partition untuk perbaiki harddisk dan perasaan ane rada sedikit lega karena di Minitool terlihat kapasitas harddisk ane 250 GB hanya saja keterangannya Unallocated apa unpartitioning ane lupa lagi, akhirnya berkat bantuan om google ane bisa beresin kasus seperti itu dengan cara delete partisi harddisk terus create partisi lagi dan terakhir diformat. Ane lumayan seneng harddisk ane kembali normat (walaupun semua data-data lenyap).

Terus ane berfikir gimana caranya mengembalikan data yang hilang, seperti biasa ane tanya-tanya om google hingga ane menu aplikasi yang bernama Easeus Data Recovery padahal ukuran filenya kecil hanya sekitar 4.2 MB tapi benar-banar mujarab untuk balikin data-data (files) ane yang hilang.

Buat agan yang mungkin punya pengalaman yang sama dan ingin mengembalikan files atau data-datanya yang hilang karena terhapus atau bahkan terformat agan boleh coba aplikasi ini. Kalau mau coba silahkan agan cari aja di google karena ane udah lupa link download-nya. Atau kalau masih ga nemu ane siap upload buat agan.

Semoga bermanfaat.
Diubah oleh muldadi 16-03-2013 06:32
0
25.9K
31
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan