Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Sastra GendingAvatar border
TS
Sastra Gending
[katanye ampe 50 rb per Kg] Harga Mahal, Menu Jengkol Hilang dari Warteg...
Cianjur - Harga jengkol menembus Rp 50 ribu per kilogram selama sepekan terakhir. Sejumlah warung nasi di Cianjur, Jawa Barat memilih tidak menjual menu jengkol daripada tekor.

Nenah Nurlaila, 57 tahun, salah seorang pedagang warung nasi di Jalan Kaum, Cianjur, mengatakan, harga jengkol yang tidak terjangkau saat ini membuatnya tidak bisa berjualan menu masakan yang sangat banyak peminatnya ini. "Saat ini, saya tidak menjual menu jengkol, karena harganya lebih mahal dari daging ayam," tutur Nenah di Cianjur, Selasa 4 Juni 2013.

Menurut Neneh, selain mahal, saat ini jengkol sangat sulit ditemukan di pasar. "Saya berharap harga jengkol kembali turun, sehingga saya bisa berjualan menu jengkol lagi," ujarnya.

Kelangkaan jengkol diakui para pedagang di di Pasar Induk Cianjur. Anwar Siregar, 40 tahun, salah seorang pedagang jengkol mengungkapkan bahwa saat ini jengkol sedang mengalami kenaikan harga yang sangat drastis. "Saya mencari jengkol di Bandung, tapi barangnya tidak ada," ungkapnya.

Karena kelangkaan jengkol ini, Anwar mengaku tidak menjualnya saat ini. Untuk satu kilogram jengkol saat ini dihargai Rp 48 ribu sampai Rp 50 ribu rupiah atau untuk seperempat kilogram dihargai Rp 13 ribu. "Sebenarnya ada untung ruginya juga menjual jengkol di saat sedang mahal seperti ini, ruginya karena jarang ada yang membeli, dan untungnya karena labanya tinggi," ujarnya.

Diduga kelangkaan jengkol ini disebabkan cuaca buruk, sehingga menghasilkan jengkol dengan kualitas yang tidak baik. "Mungkin karena kegagalan panen, sekarang kan cuaca sedang tidak baik. Mudah-mudahan saja dalam waktu dekat ini harga jengkol kembali stabil," ia berharap.

jengkolan....

mungkin lagi ga musim penen yg berbarengan di beberapa derah produsen, masa jengkol ampe 50 rebu, ngobrol dengan teman yg bergerak di pertanian dia bilang; jengkol juga sudah mulai improt dari thailand emoticon-Ngakak ajib jengkol impor emoticon-Hammer
Diubah oleh Sastra Gending 04-06-2013 14:17
0
2.1K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan