Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

solusibijakAvatar border
TS
solusibijak
Kepemimpinan Blak-Blakan ala Ahok

(Pic Courtesy by Ahok.Org)

Kalau boleh dibilang dengan jujur, nama Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok dapat dikatakan belum menggema secara nasional sebelum cerita pencalonan BaCaGub (Bakal Calon Gubernur) dan BaCaWaGub (Bakal Calon Wakil Gubernur) DKI Jakarta pada 2012 yang lalu. Nama Basuki / Ahok mungkin dalam benak beberapa rekan sekalian ketika muncul untuk disandingkan dengan Joko Widodo / Jokowi justru akan menimbulkan pertanyaan, siapa dia? Apa kehebatannya? Kemampuan apa yang dimilikinya? Mari kita mengulas bersama tentang Ahok dan gaya kepemimpinan Blak-Blakan ala beliau yang kini sudah melegenda di YouTube.

Motto yang disampaikan secara pribadi oleh Bapak Wagub Basuki sudah sangat jelas dalam website pribadinya (http://ahok.org) yaitu “Bersih, Transparan dan Professional” (BTP) yang bila kita perhatikan dengan seksama juga merupakan singkatan nama dari Basuki Tjahaya Purnama, nama Indonesia dari beliau yang merupakan WNI keturunan Cina yang dilahirkan di Belitung Timur, 29 Juni 1966 silam. Sebagai seorang pemimpin muda, bersama dengan Bapak Gubernur DKI Jakarta sekarang, Bapak Joko Widodo, mereka telah membuat trend baru kepemimpinan alternatif yang jauh dari politik KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) setelah mereka dilantik per 15 Oktober 2012 lalu. Apa yang dapat kita ulas dari Kepemimpinan Bapak BTP (Basuki Tjahaya Purnama) ini?

Kepemimpinan blak-blakan ala Ahok terbentuk karena kesewenang-wenangan pejabat korup.
Keinginannya membentuk sebuah perusahaan yang dapat menjadi pilot project yang menyejahterakan pemegang saham, karyawan dan rakyat serta memberikan kontribusi PAD Belitung Timur dihancurkan oleh oknum pejabat korup yang menutup perusahaan beliau saat itu sehingga membentuk sebuah spirit untuk melawan kesemana-menaan oknum pejabat dan membuat beliau terjun ke politik.

Kepemimpinan blak-blakan ala Ahok didukung kemampuan berdebat yang mumpuni.
Disukai atau tidak, diakui atau tidak, stigma kesukuan dan primordialisme masih melekat dalam masyarakat RI bahkan dalam komunitas masyarakat paling majemuk seperti provinsi DKI Jakarta yang dapat dikatakan provinsi dengan komunitas paling beragam dibanding provinsi lainnya. Bapak Basuki ternyata sudah siap mental dengan hal itu dan dibuktikan dengan ketenangan & kepiawaiannya dalam berdebat dengan lawan bicaranya saat itu di Metro TV, Bapak Nachrowi Ramli (NaRa) yang merupakan BaCaWaGub dari incumbent Gubernur saat itu, Bapak Fauzi Bowo.

Kepemimpinan blak-blakan ala Ahok dinyatakan dengan informasi secara transparan.
Beberapa pejabat dari semua eselon dari legislatif, eksekutif dan yudikatif mungkin sudah membuat sebuah pelaporan dan aktifitas transparan kepada masyarakat RI yang menunjuk mereka sebagai Pejabat / Wakil Rakyat akan tetapi kedetailan dan rincian dari semua informasi pelaporan yang diberikan oleh Bapak Wagub Basuki patut menjadi contoh buat para pejabat yang lain untuk benar-benar mempertanggung jawabkan hasil kerjanya kepada masyarakat. Transparansi di YouTube merupakan salah satu loncatan besar dalam kepemimpinan beliau di bidang eksekutif dengan menunjukkan hal yang harus dibenahi dalam pemerintahan DKI Jakarta khususnya.

Kepemimpinan blak-blakan ala Ahok terjadi karena keinginan beliau dalam membentuk Pemerintahan bersih.
Concern Bapak Wagub Basuki sedari awal masuk dalam politik adalah pemanfaatan bersih APBD untuk rakyat dan mencegah rakyat untuk tertipu dengan janji kampanye yang hanya disertai oleh baju kaos, sedikit uang dan beras untuk menukar masa depan mereka dengan perampokan uang APBD yang seharusnya untuk kepentingan rakyat sendiri. Hal itu bahkan diungkapkan dalam kampanye beliau di ajang politik pertama kali tahun 2004 sebagai anggota DPRD tingkat II dan kemudian ketika menjadi Bupati daerah tingkat II di Belitung Timur.

Poin Selanjutnya...

Komentar bermutu Kaskuser :

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:


Follow Us on Twitter : @solusi_bijak
Diubah oleh solusibijak 28-05-2013 14:15
0
6.9K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan