Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yondaime81Avatar border
TS
yondaime81
Uji Terowongan Angin pada Mobil

thread ane kali ini akan membahas mengenai wind tunnel ( terowongan angin )
silahkan ditambahkan atau dikoresi bila ada yang kurang atau salahemoticon-I Love Kaskus (S)
langsung aja ya gan/sist

Sebuah Wind Tunnel ( terowongan angin ) adalah alat yang digunakan dalam penelitian aerodinamis untuk mempelajari efek dari udara bergerak melewati benda padat. Sebuah terowongan angin terdiri dari bagian tubular tertutup dengan objek yang sedang diuji dipasang di tengah. Sebuah kipas dipasang dengan hembusan angin yang kuat, agar angin dapat melewati objek dengan sempurna,. Benda uji diinstrumentasi dengan keseimbangan sensitif untuk mengukur kekuatan yang dihasilkan oleh aliran udara, dan aliran udara tersebut disertakan asap tipis untuk menghasilkan garis aliran di sekitar objek objeknya bisa bermacam2, objek yang diuji di terowogan angin mulai dari pesawat, mobil dan motor roda dua, Selain objek tersebut diatas, terowongan angin juga digunakan untuk mempelajari aliran udara disekitar bangunan besar seperti jembatan atau gedung perkantoran. Terowongan angin tertutup dirancang dan dioperasikan pada tahun 1871 oleh Francis Herbert Wenham dari Aeronautical Society of Great Britain,, terowongan angin yang besar dibangun selama Perang Dunia Kedua.

wind tunnel
Spoiler for :


Terowongan angin pertama kali diusulkan sebagai sarana aerodinamis test pada pesawat udara. Terowongan angin dibayangkan sebagai sarana membalikkan paradigma, efek yang sama akan diperoleh jika objek diam dan udara bergerak dengan kecepatan melewatinya. Dengan cara itu seorang pengamat stasioner bisa mempelajari objek, dan bisa mengukur gaya aerodinamika yang dikenakan pada objek tersebut

Kecepatan udara dan tekanan diukur dalam beberapa cara dalam terowongan angin.
Kecepatan udara melalui bagian tes ditentukan oleh prinsip Bernoulli. Pengukuran tekanan dinamis, tekanan statis, dan (untuk aliran kompresibel saja)

wind tunnel
Spoiler for :


Namun, pengujian terowongan angin yang diterapkan pada mobil hampir satu abad kemudian, setelah bertahun-tahun menggunakan simulasi komputer, bukan prosedur kehidupan nyata.

Keterlambatan ini juga disebabkan oleh fakta bahwa aerodinamis otomotif berbeda dari aerodinamika pesawat dalam banyak cara. Misalnya, bentuk kendaraan jalan jauh lebih efisien dibandingkan dengan pesawat terbang. Kemudian, kendaraan tidak berjalan di udara bebas dan gerak kurang dipengaruhi oleh gaya aerodinamika, sementara kecepatan operasi jauh lebih rendah.

mobil1
Spoiler for :


pengujian terowongan angin diaplikasikan untuk mobil adalah untuk menentukan dan mengurangi daya yang diperlukan untuk pergerakan kendaraan di jalan raya dengan kecepatan tertentu. Dalam studi ini, interaksi antara jalan dan kendaraan memainkan peran penting, dan interaksi ini harus dipertimbangkan ketika menginterpretasikan hasil tes

Spoiler for :


Pada tahun 1950, Jerman dan insinyur otomotif Inggris secara sistematis menganalisis efek tarik otomotif untuk kendaraan dengan kecepatan tinggi. Pada akhir 1960-an, ilmuwan juga menyadari peningkatan yang signifikan pada tingkat suara yang dipancarkan oleh mobil dengan kecepatan tinggi. Efek ini dipahami untuk meningkatkan intensitas level suara untuk guna lahan di sekitarnya pada tingkat non-linear.

Spoiler for :


Segera insinyur jalan raya mulai merancang jalan raya untuk mempertimbangkan efek kecepatan drag aerodinamis yang menghasilkan tingkat suara, dan produsen mobil mempertimbangkan faktor-faktor yang sama dalam desain kendaraan. Hari ini, sebagian besar mobil memiliki fasilitas sendiri dalam pengujian terowongan angin, menggunakannya dalam mempelajari dan mengembangkan fitur aerodinamis dari setiap kendaraan baru. Perhatian utama otomotif aerodinamis yang mengurangi drag, mengurangi kebisingan angin, meminimalkan emisi kebisingan dan menghilangkan sebanyak mungkin ketidakstabilan yang terjadi pada kecepatan tinggi.

kalo yang ini pengujian pada objek yang lain, cek aja gan/sist
Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :


ini video pas lagi test kelayakan :





sekian dari ane gan/sist
semoga bermanfaat
boleh mintaemoticon-Rate 5 Starnya gan/sist
kalo ada yang mau kasihemoticon-Blue Guy Cendol (L)ane juga mau bangetemoticon-Malu (S)

sumber : google, youtube, www.autoevolution.com
Diubah oleh yondaime81 14-05-2013 03:03
0
5.7K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan