Sebelumnya, ini adalah alasan mengapa saya membuat thread ini :
Spoiler for History:
Saya adalah kaskuser yang sudah lama takut sekali dengan yang dinamakan terbang hal tersebut dikarenakan, pada saat saya masih kecil, saya membaca berita suatu kecelakaan pesawat terbang, yang membuat saya trauma., namun, dikarenakan tuntutan kehidupan, saya harus sering melakukan penerbangan, lalu saya berusaha untuk 'menyembuhkan' penyakit aviophobia saya ini, termasuk dengan cara memahami bagaimana cara pesawat itu terbang, dengan flight simulator
Akhirnya, saya menemukan sebuah situs, situs tersebut lumayan membantu, di sini, saya rangkum sebagian situs tersebut, serta tambahan-tambahan tips2 lain
situs referensi:
Spoiler for ref:
http://www.flyingwithoutfea#2#2r.com/
Untuk lebih memudahkan berikut akan saya bagi thread ini dalam beberapa bagian:
1. Saat Boarding, Menunggu Pesawat datang
Spoiler for Boarding:
Pada saat ini, yang sering agan khawatirkan adalah pesawat yang terlambat, biasanyha dari pihak airport maupun bandara, hanya mengutarakan karena masalah teknis ataupun masalah cuaca.
begini penjelasannya:
1. Masalah Teknis, pada saat pihak bandara mengumumkan keterlambatan dikarenakan masalah teknis, agan jangan langsung mengkhawatirkan; bahwa telah terjadi sesuatu pada pesawat yang akan dinaiki agan, karena pada kenyataannya adalah;
pesawat PASTI mempunyai cek list yang pasti harus dilakukan sebelum dinyatakan layak terbang, jika memang ada kendala teknis, hal ini akan langsung ditanggapi dengan servis.
Selain hal tersebut, masalah teknis juga bisa berupa kepadatan traffik di udara. Memang, langit kan luas, kenapa di langit bisa macet??, jawabnya simpel, karena pesawat perlu antri saat akan take off maupun landing. biasanya hal tersebut yang paling sering mengakibatkan keterlambatan flight agan.
2. Masalah Cuaca. Agan pasti sering kan, mendengar suatu pesawat delay, atau bahkan tidak dapat terbang karena masalah cuaca?
Perlu agan ketahui, bahwa menjadi hal yang mudah untuk pesawat landing maupun take off dalam kondisi cuaca terburuk sekalipun, namun, mengapa dapat menjadi delay? yang menjadi kendala ternyata adalah saat proses menaikkan, menurunkan, barang maupun penumpang, isi bahan bakar, dan proses2 lain di darat, yang akan sulit dilakukan bila dalam cuaca buruk
2. Saat masuk ke kabin, dan saat pesawat Taxi (ngantri)
Spoiler for cabin & taxy:
1. Masalah suara:
Suara akan menjadi hal yang agan takutkan bila agan tidak mengerti asal suara tersebut, saat taxi agan akan mendengarkan suara 'humm humm humm', suara tersebut berasal dari AC, yg dinyalakan oleh mesin di Auxillary Power Unit pesawat, saat pilot siap untuk menyalakan mesin, agan akan mendengarkan suara tambahan, juga kondisi listrik pesawat yang tampak hidup mati hidup mati, semua hal tersebut normal, hal tersebut dikarenakan, untuk menyalakan satu mesin jet, memerlukan waktu.
anda juga akan mendengarkan suara seperi 'ngeeeeeng, itu merupakan tanda bahwa flaps di setting, dan itu normal.
2. Masalah goyangan
Anda akan merasakan goyangan saat pesawat mulai didorong mundur, maupun saat mulai taxi, hal tersebut normal,
3. Saat Take Off
Spoiler for Take off:
di sini, agan mungkin akan mengkhawatirkan suara yang berlebih pada mesin jet, mungkin agan memikirkan bahwa suara tersebut terlalu keras, seakan2 mesin jet mengeluarkan seluruh kemampuannya dan akan berhenti seketika karena tak mampu lagi. Hal ini ada benarnya, benar bahwa saat itu mesin jet mengeluarkan kemampuan yang besar, namun meskipun terdapat suara yang sangat kencang seperti itu, mesin jet tetap berfungsi secara normal.
Anda juga akan sering merasakan, saat takeoff, akan ada goyangan2 yang keras, hal ini dikarenakan suspensi pesawat keras, dimana dibutuhkan untuk mendarat. dan hal itu normal.
4. Airborne
Spoiler for Fly:
1. Saat di udara, agan mungkin merasakan, bahwa pesawat seakan2 bergerak liar, tidak sesuai dengan yang agan rasakan, atau agan merasakan sesuatu yang tidak pas dengan pergerakan pesawat.
berikut adalah beberapa fakta tentang pergerakan di pesawat:
Para pilot telah dilatih untuk mengabaikan perasaan tubuhnya terhadap gerakan pesawat, hal ini karena tubuh kita tidak dirancang untuk merasakan gerakan pesawat, jadi kita sangat mungkin tertipu oleh apa yang qt rasakan saat terbang. Kadang kita merasakan bahwa kita kehilangan ketinggian (faktanya, pak pilot hanya sedang merubah setting kecepatan pesawat) pun kadang kita merasakan adanya penanjakan yang terlalu tinggi, maupun terlalu turun, hal ini karena kita di'tipu' oleh pesawat. dan hal2 tersebut adalah normal
Lalu, bagaimana dengan turbulensi? gerakan tidak teratur yang bahkan penulis pernah sampai merasakan bagasi di atas berjatuhan? berikut adalah fakta tentang turbulensi:
1. Turbulensi mungkin tidak menyenangkan, membuat tidak nyaman, namun turbulensi juga TIDAK menandakan suatu BAHAYA.
2.Tidak lah lebih sulit untuk menerbangkan pesawat dalam kondisi turbulensi, maupun tidak.
3. Pesawat tidak jatuh beberapa ribu kaki selama turbulensi
4. Pesawat cukup kuat untuk menahan gaya yang ada saat turbulensi
5. Turbulensi tidak mempengaruhi performansi pesawat
6. Turbulensi adalah merupakan suatu pengalaman NORMAL
7. Yang bahaya dari turbulensi adalah, jika kita tidak menggunakan sabuk pengaman, kita dapat terjatuh dari tempat duduk kita, dikarenakan gerakan yang tidak mengenakkan itu.
Cuaca buruk, dan Terbang di malam hari
sering kita takutkan, bahwa cuaca yang buruk dapat membahayakan pesawat, hal ini ada benarnya, oleh karena itu, terdapat peraturan yang jelas mengenai batas kecepatan angin dan lain2, dimana pesawat harus tidak boleh diterbangkan, namun enjoy saja, karena pilot pun tak berani mengambil resiko yang tinggi hanya karena ia ingin menerbangkan suatu pesawat, semua telah dipertimbangkan dengan matang.
Terbang di malam hari, banyak yang berpikir bahwa untuk menerbangkan pesawat, kita perlu melihat dari jendela, dan mencari, di mana landasan, di mana laut, di mana gunung. Padahal, hal tersebut tidak diperlukan di jaman sekarang mengingat sistem instrument pesawat yang sudah sangat canggih. Sehingga, terbang di malam hari dan siang hari tidak ada bedanya, pun dengan terbang di dalam kabut yang pekat, karena beberapa pesawat pun telah memiliki sistem auto landing.
5. Descending, Aproach, dan landing
Spoiler for mendarat.. yipeee:
Saat akan mendarat, agan mungkin akan merasakan pesawat bergerak ke kiri kanan, hal tersebut normal, karena pilot akan meluruskan pesawat dengan landasan, jadi g usa khawatir, pun dengan suara2 yang ada, agan akan mendengarkan lagi suara flaps, serta agan akan merasakan seperti kehilangan ketinggian (ingat, perasaan kita ditipu oleh pesawat, jadi nyantai saja..)
Rangkuman tips2:
1. Yakinlah, meskipun feeling anda berkata lain, Terbang tetaplah suatu kondisi normal.
2. Meski agan tidak percaya, menerbangkan pesawat bukanlah suatu kondisi yg komplicated, maupun sangat sulit, meskipun tetap membutuhkan latihan
3. Agan harus memiliki pengetahuan dan rencana untuk menghilangkan rasa takut agan
4. Terbang itu aman, karena hukum gravitasi dan fisika
5. Ingatlah, terbang jauh lebih aman dari yang anda bayangkan
6. Pikiran "jika" harus dapat anda kontrol
7. Takut akan terbang bukanlah suatu kelemahan
8. Mulailah dengan hal yang kecil
9. Pujilah kemajuan anda
10. Pesawat tidak jatuh, melainkan mengurangi ketinggian
11. pilot serta awak pesawat mengerti apa yang mereka lakukan
12. Anda tidak perlu berpegangan erat pada sandaran tangan anda
13. Pesawat memang mengeluarkan suara yang keras saat take off, dan ini normal
14.Turbulensi memang tidak nyaman, namun tidak sama dengan keadaan berbahaya
15. Beritahu Airline anda bahwa anda memiliki phobia terbang, saat anda membeli tiket, maupun saat chekin
16. Makan salad ringan dan buah-buahan yang mengandung banyak air
17. Tidur yang baik sebelum terbang
18. Kenakanlah sabuk pengaman setiap anda duduk.
19. Tidak ada hal yang dinamakan Kantung udara (Air Pockets)
20. Sebuah pesawat tidak akan jatuh, jika mesinnya berhenti
21. Pesawat dapat melayang lebih dari 120 miles, dari ketinggian perjalanan
22. Stalling tidak ada hubungannya dengan mesin
23. Tidak ada airport yg bahaya untuk mendarat, yang memudahkan ada.
24. Pesawat tidak terbang melalui badai (thunderstorms). mereka harus berada pada kejauhan 20 mile.
25. Pesawat komersial tidak berada pada ketinggian lebih rendah dari 500kaki di atas daratan.
26. Clear air turbulence tidaklah lebih buruk daripada turbulence lain.
27. dalam kenyataannya, agan bahkan memiliki kemungkinan sangat sedikit untuk bertemu turbulensi kelas berat.
28. Pesawat Tersambar petir, tidak akan melukai anda maupun merusak pesawat
29. Yang anda rasa abnormal, tidak biasa, atau tidak diharapkan adalah bagi anda, sedang bagi pilot dan kru, hal tersebut normal adanya.
30. Pesawat lebih efisien dari burung, karena burung tidak membawa penumpang.
31. Mesin pesawat tidak berusaha terlalu keras saat take off
32. Bagi pesawat, tidak masalah mau terbang di dalam light cloud, maupun dark cloud, nyante aja..