Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

skylizardAvatar border
TS
skylizard
Makan Upil Bikin Lebih Sehat?
Senin, 29/04/2013 09:58 WIB
[URL=http://health.detik..com/read/2013/04/29/095802/2232670/763/memakan-upil-diklaim-dapat-meningkatkan-sistem-kekebalan-tubuh]Memakan Upil Diklaim dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh[/URL]


Ilustrasi



Jakarta, Mengupil di depan umum adalah tindakan yang bisa dikatakan kurang sopan, apalagi memakannya. Tapi itulah yang diminta seorang profesor di Kanada kepada para mahasiswanya. Menurut sang profesor, memakan upil dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Profesor tersebut bernama Scott Napper yang mengajar mata kuliah Biokimia di University of Saskatchewan. Napper sebenarnya tengah merancang penelitian informal yang bertujuan mengajarkan mahasiswanya tentang proses ilmiah. Para mahasiswa dibagi menjadi dua kelompok.

Kedua kelompok dalam penelitian diminta memakan kotoran hidung alias upil. Untuk memotivasi mahasiwanya, Napper berkali-kali mendorong para mahasiswanya untuk memakan upilnya setiap kali habis mengorek hidung. Entah bagaimana tanggapan para mahasiswa dengan ide gila profesor ini.

"Alam mendorong kita untuk melakukan sesuatu yang berbeda karena ada manfaatnya melakukan perilaku tertentu, termasuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Jadi mungkin ketika Anda memiliki dorongan untuk mengorek hidung dan memakannya, Anda hanya melakukan sesuatu yang alami," ujar Napper seperti dilansir Medical Daily, Senin (29/4/2013).

Napper berhipotesis bahwa memakan upil dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena memperkenalkan benda-benda yang tidak berbahaya dan mengandung sedikit kuman dari dalam tubuh untuk kembali ke dalam tubuh.

"Tujuan saya adalah jika saya bisa mengajarkan suatu hal yang bisa Anda beritahukan kepada orang lain di luar lingkup kelas ini, maka saya sudah meminta Anda untuk sedikit berpikir mempertanyakan hal-hal ini. Dan saya pikir cara ini bisa berhasil," terang Napper.


(pah/up)

Jumat, 03/05/2013 09:41 WIB
[URL=http://health.detik..com/read/2013/05/03/093348/2237015/763/makan-upil-bikin-lebih-sehat-ini-penjelasan-dokter-tht]Makan Upil Bikin Lebih Sehat? Ini Penjelasan Dokter THT[/URL]


Jakarta, Seorang ilmuwan Kanada mengklaim bahwa mengorek upil lalu memakannya bukan kebiasaan buruk, bahkan bisa menyehatkan tubuh. Benarkah kebiasaan yang banyak dianggap jorok itu bagus untuk kesehatan? Ini penjelasan dokter spesialis THT.

"Saya belum pernah membaca literatur ilmiahnya," kata Dr Agus Subagio, SpTHT dari RS Puri Indah mengomentari pendapat tentang ngupil yang diklaim bisa menyehatkan tubuh, saat dihubungi detikHealth Jumat (3/5/2013).

Menurut Dr Agus, ngupil bukanlah perilaku yang sehat sehingga tidak perlu dijadikan kebiasaan. Selain jorok dan membuat orang di sekitar merasa tidak nyaman, ngupil juga berisiko melukai mukosa hidung dan memicu infeksi. Bahkan bisa merusak tulang rawan di hidung.

Pendapat bahwa ngupil bisa meningkatkan daya tahan tubuh dilontarkan oleh seorang ilmuwan dari University of Saskatchewan, Profesor Scott Napper. Menurut Prof Napper, mengorek upil lalu memakannya berarti memperkenalkan sistem imun dengan kuman-kuman yang ada di upil.

"Alam mendorong kita untuk melakukan sesuatu yang berbeda karena ada manfaatnya melakukan perilaku tertentu, termasuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Jadi mungkin ketika Anda memiliki dorongan untuk mengorek hidung dan memakannya, Anda hanya melakukan sesuatu yang alami," ujar Napper seperti diberitakan detikHealth sebelumnya.

Meski menjijikkan dan sulit diterima akal sehat, Prof Napper juga mengujikan teorinya tersebut ke para mahasiswanya. Sayang, tidak pernah ada kabar lebih lanjut tentang hasil eksperimen tersebut. Bahkan bagaimana reaksi para mahasiswa saat disuruh makan upil, juga tidak pernah diungkap.

"Tujuan saya adalah jika saya bisa mengajarkan suatu hal yang bisa Anda beritahukan kepada orang lain di luar lingkup kelas ini, maka saya sudah meminta Anda untuk sedikit berpikir mempertanyakan hal-hal ini. Dan saya pikir cara ini bisa berhasil," terang Napper kala itu.

(up/up)

Gan, butuh banget pendapatnya emoticon-Najis
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 13 suara
Gimana menurut juragan?
Betul gan, makan upil bikin sehat. Ane udah buktiin ane suka upil :cendols
31%
Biarpun sehat ane tetep jijik gan :najiss
23%
Gak sehat sekaligus jijay :berbusa
46%
0
2.2K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan